Kopi merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia. Bukan menjadi rahasia, banyak orang yang mengawali atau melewati harinya dengan secangkir kopi. Tidak hanya menjadi pelengkap dalam menemani keseharian, kopi pun menjadi pelengkap yang populer di sebuah film. Tak heran, adegan kopi dalam film pun seakan menjadi hal yang lazim.

Sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbaik, tentunya Indonesia tidak mau ketinggalan memasukkan kopi ke dalam film produksinya. Misalnya, Filosofi Kopi yang diadaptasi dari cerita pendek dalam novel karangan Dee Lestari. Tahun ini sekuelnya, Filosofi Kopi 2 pun hadir kembali di bioskop.

Tayang sejak 13 Juli lalu, Filosofi Kopi 2 berkisah tentang Ben dan Jody yang memutuskan kembali ke Jakarta dan merintis kembali kedai Filosofi Kopi. Kembali dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto, tentu film ini tak boleh dilewatkan terutama oleh para penggemar kopi.

Untuk menyambut perilisan Filosofi Kopi 2, kali ini MovieDen akan membagikan 10 adegan kopi dalam film paling berkesan sepanjang masa. Apa aja yah? Simak disini!

1. Breakfast at Tiffany’s (1961) – Opening Sequence

Salah satu adegan kopi paling berkesan adalah pada film Breakfast at Tiffany’s. Pada pembuka filmnya, Holly (Audrey Hepburn) memakan croissant dan minum kopi sambil melakukan window shopping di toko perhiasan. Sungguh adegan yang klasik dan tak terlupakan!

2. Goodfellas (1990) – Coffee to Go

Memasuki rumah Stacks (Samuel L. Jackson), Tommy de Vito (Joe Pesci) meminta Frankie (Frank Sivero). Stack yang santai saja tidak menyadari pistol milik Tommy di belakang kepalanya. Ia pun terbunuh. Sambil meninggalkan TKP, Tommy meminta kopi tersebut untuk dibawa saja dan memaki Frankie yang tidak memahami bahwa suruhannya hanya merupakan candaan.

3. Pulp Fiction (1994) – Gourmet Sh*t

Adegan kopi cukup banyak muncul dalam film Pulp Fiction. Salah satu adegan paling terkenal adalah ketika di akhir film, Jules (Samuel L. Jackson) dan Vincent (John Travolta) membawa mayat yang akan disingkirkan ke rumah Jimmie (Quentin Tarantino). Disajikan kopi olehnya, Jules pun memuji kopi Jimmie dengan mengatakan,“Goddamn Jimmie, this is some serious gourmet shit.”

Adegan dan kalimat ini pun menjadi salah satu hal paling legendari dari film tersebut.

4. The Usual Suspect (1995) – Ketika Agent Kujan Menyadari Semuanya

Menjelang akhir film Usual Suspect, Agent Dave Kujan (Chazz Palminteri) menjatuhkan gelas kopinya ketika ia menyadari semua teka-teki. Adegan cangkir tersebut pecah dan membuat kopi mengotori lantai bisa dibilang sebagai momen ‘aha’ terbaik dalam film.

5. Heat (1995) – Penjahat dan Polisi Minum Kopi Bersama

Mempertemukan aktor senior Al Pacino dan Robert de Niro dalam satu film, Heat (1995) membuat penjahat dan polisi pun dapat dipersatukan dalam satu meja dengan kopi. Setelah mengetahui istrinya selingkuh, Vincent Hanna (Al Pacino) mengajak Neil McCauley (Robert de Niro) untuk minum kopi bersama. Keduanya pun saling menceritakan masalah dan kehidupannya masing-masing.

6. Best In Show (2000) – Pertemuan Hamilton dan Meg

Dua insan yang dipertemukan lewat kebiasaan minum kopi. Itulah yang terjadi pada Hamilton (Michael Hitchcock) dan Meg Swan (Parker Posey) yang bertemu lewat Starbucks Habit mereka. Keduanya sering bertemu di outlet Starbucks yang berbeda-beda. Hamilton yang telah mengumpulkan seluruh keberaniannya pun menyebrangi jalan dari satu Starbucks ke yang lainnya dan mengajak Meg berbicara.

7. Zoolander (2001) – Foamy Latte

Mugatu (Will Ferrell) menyemprotkan kopi yang ia minum ke asistennya sambil berkata, “Todd, apakah kamu tidak menyadari bahwa saya menjadi gemuk dan kembung dengan foamy latte ini!” (Todd! Are you not aware that I get farty and bloated with a foamy latte). Adegan kopi dalam film yang dibintangi oleh Ben Stiller ini tentunya tak boleh ketinggalan. Saking populernya, kata-kata yang diucapkan Mugatu, menjadi quote terkenal dari filmnya.

8. Coffee and Cigarettes (2003) – Strange to Meet You

Dari judulnya saja, dapat dibayangkan bahwa adegan kopi pasti banyak muncul di film ini. Dan tentunya, daftar adegan kopi paling berkesan tak akan lengkap tanpa film ini. Adegan di atas berkesan karena merupakan salah satu adegan dalam sejarah film dimana penonton tidak merasa ingin memukul Robert Benigni.

9. Role Models (2008) – Venti Coffee di Starbucks

Ketika memesan kopi di Starbucks, ada beberapa ukuran yang bisa dipilih seperti tall (12 oz), grande (160z) dan venti (20oz). Tidak terlalu paham dengan konsep tersebut, Danny (Paul Rudd) pun memesan Starbucks ukuran large. Karyawati Starbucks membetulkannya dan mengatakan bahwa itu adalah ukuran venti. Tak terima, Danny pun mengatakan large adalah large, sedangkan venti adalah dua puluh.

10. The Green Hornet (2011) – Mesin Kopi Kato

Selain memberikan banyak pelajaran berharga untuk Britt Reid (Seth Rogen), Kato (Jay Chou) juga bisa menggunakan mesin espresso dengan handal. Yang lebih hebatnya, ia juga bisa membuat Latte Art sempurna untuknya. Ya, dimana lagi bisa mendapatkan sidekick yang bisa merangkap sebagai Barista macam Kato?