Setiap perilisan Mission Impossible, satu hal yang selalu dinanti oleh penggemarnya adalah aksi spektakuler apa yang akan dilakukan oleh sang bintang Tom Cruise. Adapun, adegan-adegan tersebut tidak hanya spektakuler, namun kerap kali membahayakan jiwa. Tentu, bukan menjadi rahasia bahwa semua adegan tersebut dilakukannya sendiri tanpa stuntman. Semua itu pun ia lakukan demi memberikan pengalaman otentik kepada penontonnya. Terlebih mengingat, saat ini kebanyakan adegan aksi dibuat dengan bantuan CGI.

Mulai dari turun dari langit-langit hingga yang terbaru dalam Mission Impossible: Fallout, menggantung di helikopter, ini 10 aksi spektakuler Tom Cruise dalam seri Mission Impossible!

1. Ledakan Akuarium di Praha – Mission Impossible

Usai timnya tewas, Ethan Hunt pun bertemu dengan pemimpin IMF, Eugene Kittridge (Henry Czerny) di restoran berdinding kaca. Sayangnya, dalam pertemuan tersebut ia dituduh sebagai pengkhianat. Ia pun berhasil lari dengan meledakkan akuarium lobster dengan permen karet peledak.

Untuk pengambilan adegan ini, Brian De Palma bersikukuh bahwa adegan ini tidak akan berhasil dengan menggunakan stuntman. Mulai dari sinilah, Tom Cruise mengawali aksinya di dalam film tanpa stuntman.

2. Turun dari langit-langit – Mission Impossible

Adegan Ethan Hunt menyusup ke kantor CIA untuk mencuri data bisa disebut sebagai yang paling ikonik dari Mission Impossible hingga saat ini. Terlebih, ruangan tempat penyimpanan tersebut sangat sensitif pada temperatur dan gerakan. Walaupun bukan yang tersulit, namun keputusan untuk membuat adegan ini hening menjadikannya sangat mendebarkan.

Untuk adegan ini, Tom Cruise benar-benar berhasil menyeimbangkan tubuhnya untuk tergantung seperti itu. Dalam prosesnya, kepalanya sempat menghantam lantai beberapa kali sebelum pada akhirnya ia memasukkan koin ke dalam sepatunya.

3. Panjang Tebing – Mission Impossible II

Pada adegan pembuka Mission Impossible 2, terdapat adegan di mana Ethan Hunt yang sedang berlibur melakukan kegiatan panjat tebing.

Hanya menggunakan kabel pengaman tipis, untuk adegan ini Tom Cruise menolak melakukan adegan ini di tebing kecil atau menggunakan jaring pengaman. Dilansir dari EW, sutradara MI 2, John Woo bahkan benar-benar marah atas keputusan Tom.

“Saya benar-benar marah bahwa dia mau melakukannya sendiri, saya coba menghentikannya dan saya tidak bisa,” ucapnya. “Saya benar-benar ketakutan hingga berkeringat. Bahkan, saya tak mampu menatap monitor saat pengambilan gambar.”

4. Melompati gedung pencakar langit – Mission Impossible III

Dalam Mission Impossible III, Ethan Hunt dan timnya mendapati Rabbit Foot berada di Shanghai. Untuk memperolehnya, Hunt pun melompat dari gedung pencakar langit satu ke yang lainnya. Untuk adegan ini, sutradara J.J Abrams tidak akan membiarkan Tom Cruise melompat dari gedung pencakar langit sungguhan di Shanghai, sehingga mereka pun membuatnya kembali di studio untuk menimalisir kemungkinan buruk yang terjadi. Walaupun demikian, Cruise melakukan adegan tersebut dengan sepenuh hati dan hanya mengenakan pengaman seadanya yang membuat adegan tersebut terlihat nyata dan luar biasa.

5.  Penyergapan di Jembatan – Mission Impossible III

Ethan dan timnya yang telah sukses menculik Owen Davian (Phillip Seymour Hoffman) harus menghadapi serangan dari anak buah Davian.

Walaupun misil yang ditembakkan dalam film merupakan CGI, namun Cruise benar-benar berlari dalam kecepatan penuh dan terhantam mobil. Dan agar hasilnya sempurna, ia melakukannya berkali-kali.

6. Memanjat gedung tertinggi dunia, Burj Khalifa – Mission Impossible: Ghost Protocol

Dalam film keempat, Ethan Hunt harus memanjat Burj Khalifa (2,722 kaki), gedung tertinggi di dunia untuk mengakses server bangunan tersebut. Mengingat ini merupakan film Mission Impossible, tentunya tidak mengagetkan bahwa Cruise benar-benar menggantung setinggi 1,700 kaki dari tanah untuk adegan tersebut.

Memanfaatkan format IMAX, Brad Bird sukses mendesain adegan sedemikian rupa sehingga adegan tersebut terlihat semakin nyata. Tentu, adegan tersebut tidak hanya berhenti sampai memanjat saja namun dilanjutkan dengan usaha Hunt melompat masuk ke dalam gedung dengan memecahkan jendela yang semakin menambah tensi ketegangan pada film.

7. Bergantung di pesawat – Mission Impossible: Rogue Nation

Aksi stunt menegangkan Ethan Hunt berlanjut ke level yang semakin tidak masuk akal dengan menggantung di pesawat pada adegan pembuka Mission Impossible: Rogue One. Pada sekuen ini, Cruise berpengangan erat di samping pesawat Airbus A400M ketika lepas landas. Supaya adegannya semakin terlihat otentik di layar, Tom Cruise melakukan adegan ini sebanyak delapan kali.

8. Adegan bawah air – Mission Impossible: Rogue Nation 

Dalam Rogue Nation, Benji (Simon Pegg) berusaha membajak keamanan dari komputer laboratorium ketika Ilsa (Rebecca Ferguson) dan Ethan melaksanakan manuver yang rumit di fasilitas keamanan komputer yang berada di bawah airagra Benji dapat masuk ke dalam sistem.

Untuk pengambilan gambar ini, Tom Cruise dilaporkan berhasil menahan nafasnya selama 6 menit di bawah air.

9. HALO Jump – Mission Impossible: Fallout

Untuk film keenam, Tom Cruise menjadi satu-satunya aktor yang pernah melakukan HALO (high altitude-low opening) Jump, lompatan yang sering dilakukan militer untuk menyusup ke daerah lawan. Lompatan ini dilakukan pada ketinggian 25.000 kaki dan membuka parasutnya ketika ia sudah berada di ketinggian 2000 kaki.

Lompatan ini mengharuskan Cruise mengenakan masker oksigen untuk menjaga keamanannya. Namun, karena tidak ingin menutup mukanya ketika pengambilan gambar, para kru menciptakan properti pribadi yang tidak hanya menjaga Tom tetap hidup namun juga memperlihatkan wajahnya ke kamera.

10. Adegan Helikopter – Mission Impossible: Fallout

Menjelang adegan klimaks dari Mission Impossible: Fallout, Ethan Hunt mengejar August Walker (Henry Cavill) dengan bergelantungan di helikopter yang ia lanjutkan dengan membajaknya. Untuk adegan ini, Tom Cruise menghabiskan 2.000 jam pelatihan dan hasilnya ia sukses menghadirkan sekuen yang luar biasa dengan mengendalikan helikopter tersebut seorang diri termasuk adegan manuver melewati gunung dari segala sisi.

Itu dia 10 aksi spektakuler Mission Impossible, yang mana favoritmu?