Siapa yang tidak mengenal Disney? Sejak berdiri 95 tahun lalu, studio film Hollywood tersebut telah menghadirkan hiburan keluarga yang terbukti konsisten dari segi kualitas. Bahkan, bisa dibilang Disney menjadi bagian besar dari masa kecil kebanyakan orang. Salah satu produksinya yang paling dikenal adalah film animasi klasik dan legendarisnya. Mau tahu apa saja yang terbaik? Simak 10 film animasi klasik dan legendaris terbaik dari Disney ini!

1. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)

film animasi klasik disney

Loading...

Diadaptasi dari kisah berbahasa Jerman karya Grimm Bersaudara, Snow White and the Seven Dwarfs merupakan film animasi panjang pertama yang pernah diproduksi Disney. Kisahnya sendiri mengikuti Putri Salju, putri kerajaan naif yang terpaksa melarikan diri setelah seorang pemburu memberitahunya bahwa sang Ratu memerintahnya untuk membunuh sang putri karena kecantikannya. Walaupun merupakan percobaan pertama Disney, film animasi musikal ini langsung disambut hangat karena animasinya yang bagus pada masanya, alur kisahnya yang menghibur dan manis serta didukung soundtrack yang luar biasa. Tak heran, film ini juga menjadi salah satu film tersukses di tahun perilisannya.

2. Pinocchio (1940)

film animasi klasik disney

Usai kesuksesan Snow White and the Seven Dwarfs, Disney kembali mengadaptasi dongeng untuk menjadi film animasi. Kali ini yang dipilih adalah kisah asal Italia karya Carlo Collodi yang berjudul The Adventures of Pinocchio yang berkisah tentang Gepetto, pria tua yang memahat boneka kayu yang dinamai Pinocchio. Suatu hari, boneka tersebut disihir menjadi hidup oleh peri biru yang juga memberitahunya bahwa ia bisa menjadi anak laki-laki manusia jika ia dapat membuktikan dirinya adalah sosok yang berani, dapat dipercaya, dan tidak egois. Lewat film ini, Disney kembali menunjukkan kehebatannya dalam teknologi animasi dengan efek animasi yang terlihat natural seperti hujan, petir, bayangan, dan air. Tak hanya itu, Pinnochio juga menjadi film animasi pertama yang memenangkan piala Oscar (Best Music, Original Score & Best Music, Original Song). Sayangnya, film ini gagal di pasaran pada masa perilisannya sebelum kemudian dirilis ulang pada 1945 dan meraih keuntungan.

3. Dumbo (1941)

film animasi klasik disney

Di tahun berikutnya, Disney kembali merilis animasi yang diadaptasi dari kisah anak-anak untuk prototipe mainan, Dumbo. Sempat akan diproduksi menjadi film pendek, Disney merasa bahwa kisah Dumbo lebih cocok dihadirkan dalam format film layar lebar. Kisahnya mengikuti seekor gajah bertelinga lebar bernama Jumbo, J.r yang diberi julukan Dumbo (diambil dari kata ‘dumb‘ – bodoh). Seperti biasa, Dumbo hadir dengan ciri khas Disney yaitu teknik animasi yang mumpuni, kisah yang hangat serta didukung lagu yang luar biasa. Terlepas dari biaya pembuatannya yang minim karena masalah keuangan di masa Perang Dunia II, Dumbo sukses dari segi box office dan menjadi keajaiban di tengah kesulitan Disney.

4. Bambi (1942)

film animasi klasik disney

Setelah kerap hadir dengan kisah fantasi yang penuh dengan momen keajaiban, Bambi menjadi film animasi pertama Disney yang tidak mengandung elemen tersebut. Bahkan, Bambi hadir dengan kisah yang lebih emosional ketika adegan paling berkesan dari sepanjang filmnya adalah ketika ibu Bambi mati ditembak oleh pemburu dan Bambi kecil mencari sang ibu di tengah salju. Terlepas dari adegan tragis tersebut, Bambi menjadi salah satu film animasi paling berpengaruh sepanjang masa berkat kisahnya yang mengena di hati mengenai tumbuh dewasa dan mulai menerima tanggung jawab.

5. Cinderella (1950)

Disney kembali hadir dengan dongeng putrinya lewat Cinderella yang diadaptasi dari kisah Cendrillon karya Charles Perrault. Tentunya, kisah gadis yang meninggalkan sepatu kaca di pesta istana ini begitu ikonik hingga saat ini berkat animasi Disney ini. Disney yang berada dalam kesulitan karena hutang besarnya, dapat kembali bangkit berkat kesuksesan Cinderella saat perilisannya. Lewat film ini pula, Disney semakin membuktikan kepiawaiannya dalam menghadirkan film animasi fantasi yang lengkap dengan karakter yang mudah disukai serta lagu-lagu yang enak didengar.

6. Lady and the Tramp (1955)

Diadaptasi dari cerita pendek berjudul Happy Dan, The Cynical Dog karya Ward Greene, Lady and the Tramp mengikuti kisah seekor anjing American Cocker Spaniel bernama Lady dan anjing jalanan bernama Tramp. Ketika bertemu, keduanya pun mengalami petualangan romantis yang membuat keduanya jatuh cinta. Hadir dengan karakter yang lucu dan menghibur, adegan makan pasta kedua insan yang sedang jatuh cinta tersebut menjadi adegna ikonik yang diingat hingga saat ini.

7. The Jungle Book (1967)

film animasi klasik disney

Merupakan film terakhir Disney yang dikerjakan Walt Disney, The Jungle Book terinspirasi dari buku Rudyard Kipling berjudul sama yang mengikuti kisah Mowgli, anak laki-laki berusia 10 tahun yang dibesarkan oleh serigala di hutan India. Di hutan tersebut, ia berteman dengan macan kumbang bernama Bagheera dan seekor beruang bernama Baloo. Hadir dengan kisah yang ceria, The Jungle Book menjadi film Disney yang paling menghibur dan lucu.

8. Beauty and the Beast (1991)

Beauty and the Beast menandai kali pertama kisah dongeng Disney mengambil pendekatan berbeda di mana  karakter perempuan yang ditampikan begitu independen dan cerdas. Diadaptasi dari kisah Prancis berjudul sama karya Jeanne-Marie Leprince de Beaumount, film ini mengikuti kisah hubungan seorang gadis bernama Belle dengan Beast Рpangeran yang dikutuk menjadi buruk rupa karena keangkuhannya. Hadir sebagai film animasi yang luar biasa baik dari segi kisah, karakter, hingga lagu-lagu ikoniknya, Beauty and the Beast menjadi film animasi pertama yang dinominasikan untuk kategori Best Picture pada ajang Academy Awards.

9. Aladdin (1992)

film animasi klasik disney

Salah satu kisah 1001 malam hadir dalam format animasi lewat Aladdin. Kisahnya sendiri fokus pada pencuri jalanan bernama Aladdin menemukan lampu ajaib yang mengabulkan tiga permintaannya. Jatuh cinta dengan Putri Jasmine, ia pun meminta Genie menjadikannya pangeran. Hadir dengan soundtrack yang begitu catchy serta didukung penampilan ikonik Robin Williams sebagai Genie, Aladdin menjadi film tersukses di tahun 1992 melampaui film pahlawan super seperti Batman Returns.

10. The Lion King (1994)

film animasi klasik disney

Setelah kerap mengadaptasi kisah dari berbagai sumber, Disney akhirnya memproduksi animasi dengan cerita orisinal lewat The Lion King. Kisah perjalanan Simba menuju kedewasaan dan merebut kembali takhtanya kembali sebagai Raja Hutan ini menjadi salah satu film Disney yang paling dicintai hingga saat ini. The Lion King hadir dengan karakter-karakter yang berkesan dan soundtrack keren yang menjadikannya sebagai film animasi tradisional tersukses sepanjang masa hingga saat ini.

Loading...