Setiap tahun terdapat lebih dari 100 film Indonesia yang tayang di bioskop. Dan beberapa tahun belakangan, perfilman Indonesia bisa dibilang semakin meningkat dari segi kualitasnya. Tak heran, hal tersebut juga berpengaruh pada antusiasme masyarakat untuk menonton film Indonesia di bioskop. Meningkat dari tahun sebelumnya, di 2017 ini tercatat film Indonesia sudah disaksikan oleh sekitar 40 juta penonton!

Lalu apa saja nih film Indonesia dengan penonton terbanyak tahun ini? Berikut 10 film Indonesia terlaris 2017, berdasarkan data dari Film Indonesia:

10. Sweet 20

Sweet 20- film keluarga terbaik Sweet 20- film indonesia terlaris 2017

Merupakan remake dari film Korea berjudul Miss Granny, Sweet 20 menduduki peringkat ke-10 10 film Indonesia terlaris 2017 dengan 1.044.045 penonton. Tayang pada libur lebaran, film yang disutradarai oleh Ody C. Harahap ini berkisah tentang seorang nenek bernama Fatmawati (Niniek L. Karim) yang tiba-tiba mendapati tubuhnya kembali ke usia 20 tahun.

9. The Doll 2

The doll 2 - film indonesia terlaris 2017 The doll 2 - film indonesia terlaris 2017

Selanjutnya, menempati posisi ke-9 ada film produksi dari Hitmaker Studios, The Doll 2. Meraih total 1.226.864 penonton selama penayangannya, film yang disutradarai oleh Rocky Soraya tersebut mengikuti kisah sepasang suami istri, Aldo (Herjunot Ali) dan Maira (Luna Maya) yang diteror oleh boneka Sabrina milik mendiang anak mereka, Kayla yang tewas dalam kecelakaan 6 bulan lalu.

8. Mata Batin

Film Mata Batin 2017 Mata Batin - film indonesia terlaris 2017

Posisi selanjutnya kembali diduduki oleh film horor produksi Hitmaker Studios lainnya yaitu Mata Batin. Berkisah tentang Alia (Jessica Mila) dan Abel (Bianca Hello) yang mengalami kejadian tak biasa hingga negatif setelah mata batin keduanya terbuka, Mata Batin sukses mengumpulkan 1.280.463 penonton.

7. Susah Sinyal

Susah Sinyal - Film Indonesia Terlaris 2017 Susah Sinyal - Film Indonesia Terlaris 2017

Menduduki posisi ketujuh, ada film ketiga yang disutradarai oleh Ernest Prakasa yaitu Susah Sinyal. Dibintangi Adinia Wirasti dan Aurora Ribero, Susah Sinyal bercerita tentang hubungan ibu dan anak. Hingga 16 hari penayangannya (6/1), Susah Sinyal telah mengumpulkan 1.700.135 penonton.

6. Surga yang Tak Dirindukan 2

surga yang tak dirindukan 2 - film indonesia terlaris 2017 Surga-Yang-Tak-Dirindukan-2

Posisi ke-6 ditempati oleh Surga yang Tak Dirindukan 2 dengan raihan 1.637.472 penonton. Dirilis pada Februari lalu, kisah Arini (Laudya C. Bella), Pras (Fedi Nuril) dan Meirose (Raline Shah) kembali berlanjut di Surga yang Tak Dirindukan 2. Kali ini, dalam film yang diadaptasi dari novel Asma Nadia tersebut Meirose yang kembali untuk mengambil anaknya, Akbar diminta Arini untuk kembali pada Pras dan hal tersebut membuatnya bingung karena ia tak ingin menyakiti Arini lagi.

5. Ayat Ayat Cinta 2

ayat ayat cinta 2 - film indonesia terlaris 2017 ayat ayat cinta 2 - film indonesia terlaris 2017

Selain Surga yang tak Dirindukan 2, MD Pictures juga memproduksi sekuel lain yang sukses menjadi salah satu film terlaris 2017 yaitu Ayat Ayat Cinta 2. Film yang diadaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy ini mengikuti kisah Fahri (Fedi Nuril)yang kini hidup di Edinburgh sebagai asisten dosen. Sayangnya, istrinya Aisyah (Dewi Sandra) telah menghilang beberapa tahun dan ia pun dibingungkan dengan kehadiran Hulya (Tatjana Saphira) sepupu Aisyah yang menaruh hati padanya. Walaupun Ayat Ayat Cinta 2 memperoleh kritik yang cukup pedas, namun hingga saat ini film tersebut telah mengumpulkan 2.387.048 penonton.

4. Jailangkung

Jailangkung - film indonesia terlaris 2017 Jailangkung - film indonesia terlaris 2017

Posisi ke 4 film terlaris kali ini kembali dipegang oleh film horor yaitu Jailangkung. Diarahkan kembali oleh Jose Purnomo dan Rizal Mantovani, yang juga menjadi sutradara Jelangkung (2001), film ini sukses meraih 2.550.271 penonton dan menjadi film lebaran terlaris. Dibintangi Jefri Nichol dan Amanda Rawles, film ini mengikuti kisah 3 saudari perempuan pergi mencari tahu penyebab ayahnya koma dan terjebak dalam rahasia gelap yang membahayakan mereka.

3. Danur: I Can See Ghosts

Danur - film indonesia terlaris 2017 Danur - film indonesia terlaris 2017

Selanjutnya, posisi ke 3 ditempati oleh film yang disutradarai oleh Awi Suryadi, Danur: I Can See Ghosts. Kisah pengalaman Risa Saraswati berteman dengan 5 hantu Belanda yang menghantui rumahnya ini berhasil mengumpulkan 2.736.157 penonton hingga akhir penayangannya. Menyusul kesuksesannya, sekuel film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina ini akan tayang pada 29 Maret mendatang dengan judul Danur 2: Maddah.

2. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

Warkop DKI Reborn Pt 2 - film indonesia terlaris 2017 Warkop DKI Reborn Pt 2 - film indonesia terlaris 2017

Posisi runner-up film Indonesia terlaris 2017 ditempati oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2. Tak mampu menyamai kesuksesan bagian pertamanya, film yang disutradarai oleh Anggy Umbara ini hanya mampu mengumpulkan 4.083.190 penonton. Walaupun demikian, film ini memecahkan rekor sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak di hari pertama penayangannya dengan meraih 300.000 penonton!

1. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan - Film indonesia terlaris 2017 Pengabdi Setan - Film indonesia terlaris 2017

Juara untuk film Indonesia terlaris 2017 dipegang oleh Pengabdi Setan. Selama hampir dua bulan penayangannya, film yang disutradarai oleh Joko Anwar tersebut telah mengumpulkan 4.206.103 penonton. Selain tayang di negeri sendiri, Pengabdi Setan juga telah melebarkan sayapnya ke negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Selain kedua negara tersebut, film dengan judul internasional Satan’s Slave ini juga tayang di Polandia, Inggris, Swiss, Austria, Jerman, Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, dan sejumlah Amerika Latin.

Catatan Penulis:
Tahun 2017 merupakan tahun yang cukup menggembirakan untuk perfilman Indonesia khususnya untuk genre horor. Hal ini terlihat dari bagaimana 5 dari 10 film terlaris Indonesia hingga yang menduduki puncak adalah film horor. Tentunya, ini menunjukkan bahwa penonton telah kembali percaya pada genre horor produksi Indonesia, setelah sebelumnya sempat turun karena adanya tren horor esek-esek.

Selain itu, untuk Ayat-Ayat Cinta 2 dan Susah Sinyal, jumlah penonton keduanya masih bisa berubah mengingat keduanya masih tayang di bioskop dengan layar yang cukup banyak. Selain itu, posisi ke 10 Sweet 20 bisa saja tergeser oleh Surat Cinta untuk Starla yang pada 1 minggu penayangannya telah mengumpulkan 854.136 penonton.