Pekan ini, film keluarga yang diadaptasi dari novel R.J PalacioWonder’ akan tayang. Disutradarai oleh Stephen Chbosky, Wonder mengikuti kisah August Pullman (Jacob Tremblay), anak laki-laki dengan kelainan pada wajahnya memasuki sekolah normal untuk pertama kalinya.

Untuk menyambut perilisannya, berikut 10 film keluarga terbaik yang bisa kamu saksikan saat kegiatan family time-mu!

1. E.T the Extra Terrestrial (1982)

ET- Film Keluarga Terbaik ET- Film Keluarga Terbaik

Elliot (Henry Thomas) merupakan anak laki-laki yang kesepian hingga suatu hari ia berteman dengan mahluk luar angkasa atau E.T (Extra Terrestrial) yang tanpa sengaja terdampar di bumi. Bersama dengan adik-adiknya, ia pun membantu E.T untuk dapat kembali ke tempat asalnya.

Disutradarai oleh Steven Spielberg, E.T terinspirasi dari teman bayangan yang ia buat ketika kedua orang tuanya bercerai. Berbeda dengan film kebanyakan, pengambilan gambar untuk film ini dilakukan secara kronologis demi meningkatkan penampilan emosional dari para aktor anak-anak.

Tak heran dengan kisah persahabatan yang menyentuh dan tak lekang oleh zaman ini, E.T sukses baik secara kritik maupun komersil. Bahkan, film ini sempat memegang rekor sebagai film terlaris sepanjang masa selama 11 tahun sebelum pada akhirnya dikalahkan film Spielberg lainnya, Jurassic Park.

2. The Lion King (1994)

The Lion King- Film Keluarga Terbaik The Lion King- Film Keluarga Terbaik

Menonton film keluarga tidak akan lengkap tanpa menyaksikan film yang diproduksi oleh Disney. Merupakan film animasi musikal, The Lion King bercerita tentang kisah Simba (Matthew Broderick) singa muda yang akan meneruskan tahta ayahnya, Mufasa (James Earl Jones) sebagai raja.

Namun, setelah ayahnya dibunuh oleh adiknya yang cemburu ‘Scar’ (Jeremy Irons), Simba yang dimanipulasi bahwa ia bertanggung jawab atas kematian ayahnya pun pergi untuk mengasingkan diri. Ia pun kembali untuk merebut tahtanya dari Scar setelah mendapat dukungan dari Nala (Moira Kelly) dan Rafiki (Robert Guillame).

Selain kisahnya yang emosional dan hangat, The Lion King juga didukung deretan lagu-lagu menawan seperti Hakuna Matata, Circle of Life, dan Can You Feel the Love Tonight. Tentunya, tak heran film ini sukses dan akan dibuatkan dalam versi live action oleh Jon Favreau dan direncanakan rilis pada 19 Juli 2019.

3. Frozen (2013)

Frozen- Film Keluarga Terbaik Frozen- Film Keluarga Terbaik

Satu lagi animasi produksi Disney yang tidak boleh kamu lewatkan, nih! Diadaptasi dari dongeng The Snow Queen dari Hans Christian Andersen, mengikuti perjalanan Putri Anna (Kristen Bell), bersama boneka salju Olaf (Josh Gad), Kristoff (Jonathan Groff) dan rusanya Sven untuk mencari Elsa (Idina Menzel), kakak perempuannya dengan kekuatan es yang mengasingkan diri di luar sana.

Didukung deretan lagu-lagu catchy seperti Let It Go dan Do You Want to Build a Snowman, Frozen sukses mencuri hati para penonton dan kritikus. Bahkan, film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa ini disebut-sebut sebagai karya terbaik Disney setelah era renaissance dari studio tersebut.

4. The Muppets (2011)

The Muppets- Film Keluarga Terbaik The Muppets- Film Keluarga Terbaik

Masih ingat dengan karakter The Muppets seperti Kermit the Frog dan Miss Piggy? Aksi lucu mereka dapat disaksikan dalam The Muppets yang dibintangi oleh Jason Segel dan Amy Adams. Disutradarai James Bobin, film yang dirilis pada 2011 ini mengikuti kisah Walter, Gary dan kekasihnya yang membantu The Muppets untuk mengumpulkan $ 10 juta untuk menyelamatkan Teater Muppet yang akan dihancurkan menjadi kilang minyak oleh Tex Richman (Chris Cooper).

Dipuji berkat jalan ceritanya yang cerdas dan menawan, The Muppets juga dianggap sukses menjadi ajang nostalgia dari penggemar karakter tersebut. Tak hanya itu, film ini juga dirilis untuk memperkenalkan karakter-karakter tersebut terhadap generasi baru yang belum mengenalnya.

5. Paddington (2015)

Paddinton - film keluarga terbaik Paddinton - film keluarga terbaik

Diadaptasi dari karya berjudul sama dari Michael Bond, Paddington merupakan film asal Inggris yang disutradarai oleh Paul King. Film ini mengikuti kisah Paddington (Ben Whishaw) beruang antromorfik yang berimigrasi dari pedalaman Peru ke London. Berusaha mencari ahli geografi Montgomery Clyde, Paddington bertemu dan diadopsi oleh keluarga Brown.

Kisah petualangan Paddington serta hubungannya dengan keluarga Brown berhasil membawa penonton dalam drama keluarga yang tidak hanya menghibur namun juga manis. Tentunya, film yang juga dibintangi oleh Hugh Bonneville, Sally Hawkins dan Nicole Kidman ini sangat cocok ditonton bersama keluarga.

6. Finding Neverland (2004)

 Finding Neverland- film keluarga terbaik Finding Neverland- film keluarga terbaik

Siapa sih yang tidak mengenal Peter Pan? Kisah mengenai bagaimana karakter anak laki-laki yang tidak pernah tumbuh besar di Neverland ini dibuat dapat disaksikan di Finding Neverland. Disutradarai oleh Marc Foster, Finding Neverland merupakan sebuah film fantasi historik yang mengangkat kisah J.M Barrie (Johnny Depp) dengan keluarga yang menginspirasinya dalam menciptakan Peter Pan.

Walaupun tidak dibuat secara akurat dengan sejarah, namun keindahan jalinan kisah serta penampilan baik dari Johnny Depp membuat film yang meraih 7 nominasi pada Academy Awards ke 77 ini sayang untuk dilewatkan.

7. Captain Fantastic (2016)

Captain Fantastic - film keluarga terbaik Captain Fantastic - film keluarga terbaik

Ben Cash (Viggo Mortensen) dan Leslie Abigail Cash (Trin Miller) adalah sepasang suami istri yang membesarkan keenam anak mereka dalam isolasi di hutan. Namun setelah kematian Leslie, keluarga Cash pun dipaksa oleh keadaan untuk kembali ke kehidupan bermasyarakat.

Bergenre drama komedi, Captain Fantastic tidak hanya menghibur namun juga mengeksplorasi lebih dalam tentang pengasuhan anak dan keluarga. Tidak hanya itu, film yang disutradarai oleh Matt Ross ini juga diperkuat oleh penampilan para pemainnya terutama Viggo Mortensen.

8. Hello Ghost (2010)

Hello Ghost - Film Keluarga Terbaik Hello Ghost - Film Keluarga Terbaik

Bosan menonton film keluarga dari Hollywood dan sekitarnya? Hello Ghost, film asal Korea Selatan ini bisa menjadi pilihan. Diarahkan oleh Kim Young Tak, film ini berkisah tentang Sang Man (Cha Tae Hyun) yang bisa melihat keluarga hantu setelah percobaan bunuh dirinya berkali-kalinya gagal. Keluarga hantu tersebut pun mengganggu Sang Man dan berjanji akan pergi jika ia mengabulkan permintaan mereka.

Sepanjang film, kita akan disuguhkan adegan-adegan lucu ketika Sang Man dirasuki dan diganggu oleh hantu-hantu tersebut. Selain menghibur, film ini juga menampilkan adegan yang mengharukan dan manis pada paru akhir filmnya.

9. Petualangan Sherina (2000)

petualangan sherina petualangan sherina-2

Kali ini, film keluarga terbaik datang dari produksi dalam negeri yaitu Petualangan Sherina. Film musikal yang digarap oleh Riri Riza ini tidak hanya mengangkat tema kekeluargaan namun juga persahabatan dan lingkungan. Selain itu, film ini juga dilengkapi dengan lagu-lagu yang masih dikenang hingga saat ini seperti Jagoan dan Andai Aku Besar Nanti.

Sherina (Sherina Munaf) harus pindah ke desa, setelah ayahnya setuju menerima pekerjaan di bidang pertanian. Di sekolah barunya, anak laki-laki bernama Sadam (Derby Romero) memusuhi dan mengganggunya. Namun ketika keduanya diculik oleh Pak Raden (Butet Kertaradjasa), permusuhan tersebut pun menjadi persahabatan.

10. Sweet 20 (2017)

Sweet 20- film keluarga terbaik Sweet 20- film keluarga terbaik

Selain Petualangan SherinaSweet 20 yang baru saja tayang lebaran kemarin juga bisa ditonton untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Merupakan remake dari film asal Korea Selatan, Miss Granny, film ini berkisah tentang Fatmawati (Niniek L.Karim) yang suatu malam kembali ke tubuhnya yang 20 tahun (Tatjana Saphira) setelah mengunjungi foto studio.

Tidak hanya berhasil membuat remake yang menyamai kualitas orisinalnya, Sweet 20 juga mampu menyelipkan nilai-nilai lokal Indonesia. Terlebih, Tatjana Saphira juga menampilkan akting terbaiknya sebagai karakter nenek 70 tahun yang terjebak di dalam tubuh gadis 20 tahun.