Jingle bells. jingle bells.. jingle all the way! Natal telah tiba!

Menjadi salah satu liburan akhir tahun yang ditunggu-tunggu, tak heran setiap tahunnya selalu ada film bertema Natal yang dirilis di bioskop. Walaupun tidak sebesar penghasilan film-film blockbuster, namun film-film Natal selalu mempunyai tempat di hati para penonton.

Untuk menyambut perayaan Natal hari ini, berikut 10 film Natal tersukses sepanjang masa yang dilansir dari data Box Office Mojo!

10. The Santa Clause 2 (2002) – $172.8 juta

Dirilis 8 tahun dari film pertamanya, The Santa Clause 2 mengikuti kisah Sinterklas (Tim Allen) yang dipakasa untuk menikah sebelum Natal tiba atau liburan akan berakhir. Tidak sesukses film pertamanya baik dari respon maupun komersil, film yang disutradarai oleh Michael Lembeck ini masih mengumpulkan pundi-pundi yang cukup besar sehingga sukses menempati posisi 10 film Natal tersukses sepanjang masa.

9. Daddy’s Home 2 (2017) – $180.6 juta

Setelah sukses dengan film pertamanya, Daddy’s Home 2 mengambil Natal sebagai temanya. Setelah Brad (Will Ferrell) dan Dusty (Mark Wahlberg) memutuskan untuk berteman, dalam sekuelnya ini suasana Natal mereka menjadi meriah dengan kedatangan dari ayah mereka masing-masing. Terlepas dari kritik negatif yang diterimanya, Daddy’s Home 2 sukses meraih $180 juta dari biaya pembuatan yang hanya $70 juta.

8. The Santa Clause (1994) – $189.8 juta

Ho..ho..ho.. Menempati posisi ke-8, terdapat film yang mengangkat figur kesukaan ketika Natal yaitu Sinterklas. Film yang disutradarai oleh John Pasquin ini berkisah tentang Scott Calvin (Tim Allen), pria biasa yang tanpa senagja membuat Sinterklas jatuh sehari sebelum Natal. Ia pun diminta untuk memakai baju merah Santa yang perlahan seiring berjalan waktu mengubahnya menjadi sosok Natal tersebut. Sejak perilisannya, film ini sukses meraih respon positif dan menjadi klasik Natal hingga saat ini.

7. Elf (2003) – $220.4 juta

Jauh sebelum Daddy’s Home 2, Will Ferrell juga pernah membintangi film Natal lewat Elf. Adapun, dalam film yang disutradarai oleh Jon Favreau ini ia berperan sebagai Buddy, seorang manusia yang dibesarkan di Kutub Utara oleh Santa. Bersama dengan para peri lain, ia pergi ke New York untuk bertemu dengan ayah kandungnya. Kepribadian Buddy yang begitu polos sukses mencuri hati para penonton sehingga menjadikan Elf salah satu film klasik Natal yang sayang jika dilewatkan.

6. The Polar Express (2004) – $310.6 juta

Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Chris Van Allsburg, The Polar Express bercerita tentang sekumpulan anak-anak yang menaiki kereta ajaib ke Kutub Utara pada malam Natal. Dalam film yang menggunakan teknik motion capture untuk animasinya, Tom Hanks memerankan beberapa karakter termasuk konduktor kereta dan Sinterklas.

5. A Christmas Carol (2009) – $325.2 juta

Lima tahun setelah The Polar Express, Robert Zemeckis kembali mengarahkan film Natal lain yang diadaptasi dari buku Charles Dickens yaitu A Christmas Carol. Usaha ketiga Disney menceritakan kembali kisahnya, A Christmas Carol mengikuti Ebenezer Scrooge, yang sebelum Natal didatangi oleh 3 hantu dari masa lalu, masa kini, dan masa depan. Menggunakan teknik yang sama, Jim Carrey dan Gary Oldman juga memerankan beberapa karakter seperti Tom Hanks di The Polar Express.

4. How the Grinch Stole Christmas (2000) – $345.1 juta

Posisi keempat ditempati film Natal lain yang dibintangi Jim Carrey yaitu How the Grinch Stole Christmas. Diadaptasi dari buku Dr. Seuss, film ini mengikuti kisah mahluk hijau sinis bernama Grinch (Carrey) yang sangat membenci Natal dan berusaha mencuri segala hal berhubungan dengan Natal untuk membatalkan perayaan tersebut. Selain sukses dari segi box office, film yang disutradarai Ron Howard ini juga memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Makeup!

3. Home Alone 2: Lost in New York (1992) – $358.9 juta

Tidak sebaik film pertamanya, kisah Kevin McCallister (Macaulay Culkin) dalam Home Alone 2: Lost in New York berhasil menempati posisi ketiga film Natal tersukses sepanjang masa. Kali ini, dalam sekuelnya Kevin kembali terpisah dari keluarganya setelah tanpa sengaja salah naik pesawat ke New York City, di mana ia dikejar oleh bandit Harry (Joe Pesci) dan Marv (Daniel Stern).

2. The Grinch (2018) – $422.8 juta

Tidak hanya versi Jim Carrey, kisah adaptasi terbaru dari buku Dr.Seuss, The Grinch Benedict Cumberbatch juga berhasil masuk daftar 10 film Natal tersukses sepanjang masa. Tak hanya itu, di pekan pertamanya film animasi yang diproduksi oleh Illumination Entertainment ini sukses debut domestik dengan angka $67 juta dan menjadi yang terbesar untuk film Natal.

1. Home Alone (1990) – $476.6 juta

Natal dan Home Alone adalah hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Film pertama dari seri yang dibintangi Macaulay Culkin ini begitu dicintai dan menjadi salah satu film yang selalu diputar saat perayaan Natal. Kisah seorang anak 8 tahun bernama Kevin yang tanpa sengaja tertinggal dan melindungi rumahnya dari pencuri saat malam Natal ini menjadi film klasik yang tidak bosan untuk disaksikan. Walaupun dirilis hampir tiga dekade yang lalu, hingga saat ini belum ada film Natal yang mampu melewatinya dari posisi puncak film Natal tersukses sepanjang masa.