Film dengan tema misi pencurian selalu memiliki daya tarik tersendiri. Menjual taktik cerdas hingga aksi pencurian yang memacu adrenalin, tak heran film ini digemari penonton. Hari ini, Ocean’s 8 pun meramaikan bioskop tanah air dengan aksi pencuriannya. Sesuai dengan judulnya, film yang disutradarai oleh Gary Ross ini dibintangi oleh 8 aktris utama yaitu Sandra Bullock, Cate Blanchett, Anne Hathaway, Helena Bonham Carter, Rihanna, Sarah Paulson, Mindy Kaling, dan Awkwafina.

Ocean’s 8 akan berpusat pada Debbie Ocean (Sandra Bullock) yang mengumpulkan kru untuk melakukan aksi pencurian mustahil pada acara Met Gala di New York. Untuk menyambut perilisannya, berikut 10 film pencurian terbaik yang pantang kamu lewatkan!

1. Ocean’s Eleven (2001)

Membahas film pencurian terbaik tentunya tidak akan lengkap tanpa menyebut Ocean’s Eleven. Disutradarai oleh Steven Sodenberg, Ocean’s Eleven mengikuti kisah Danny Ocean (George Clooney) dan Rusty Ryan (Brad Pitt) mengumpulkan kru untuk merampok kasino terbesar di Las Vegas sekaligus merebut kembali kekasih Ocean (Julia Roberts).

Tak hanya dilengkapi dengan deretan ensemble cast, Ocean’s Eleven juga penuh taktik dan tipu daya serta twist yang menjebak. Maka, bukanlah hal yang berlebihan jika Ocean’s Eleven menjadi standar untuk film pencurian pada era abad 21.

2. Reservoir Dogs (1992)

Merupakan debut penyutradaraannya, Reservoir Dogs menjadi bukti kelihaian dari Quentin Tarantino. Dibintangi oleh Harvey Keitel, Tim Roth, Chris Penn, film ini mengikuti kisah para pencuri merampok toko berlian yang berakhir buruk. Dilengkapi dengan ciri khas Tarantino; alur non-linear, penuh dengan referensi pop culture dan sarat adegan kekerasan, Reservoir Dogs pun meraih statusnya sebagai classic cult film.

3. The Usual Suspect (1995)

Merupakan salah satu film dengan twist terbaik pada akhir filmnya, The Usual Suspects memang bisa dibilang cenderung misterius. Disutradarai oleh Bryan Singer, film ini mengikuti kisah lima kriminal yang melakukan misi pencurian bersama yang berakhir aksi tembak menembak masif. Menjadi satu-satunya yang selamat, Roger ‘Verbal’ Kint (Kevin Spacey) diinterogasi polisi, yang mana membawa film ini pada akhir yang sangat tidak terduga.

Tidak hanya kisah yang tidak dapat diprediksi, The Usual Suspect juga didukung penampilan hebat dari semua pemainnya terutama Kevin Spacey yang pada akhirnya memenangkan Best Supporting Actor pada ajang Academy Awards.

4. Heat (1995)

Mempertemukan dua aktor papan atas Al Pacino dan Robert De Niro dalam satu film, Heat tidak hanya meninggalkan kesan dengan adegan makan malam antara polisi dan penjahat dalam satu meja namun juga penuh dengan aksi pencurian yang menegangkan. Mengetahui dirinya sedang diawasi ketat oleh sersan LAPD Vincent Hanna (Al Pacino), Neil McCauley (De Niro) tetap nekat melakukan aksi pencurian terakhir untuk mengamankan kondisi keuangannya dimasa depan.

5. The Town (2010)

Diadaptasi dari novel Prince of Thieves (Chuck Hogan), The Town mengikuti kisah Doug (Ben Affleck) yang telah meninggalkan masa lalu kelamnya terpaksa harus menjalankan misi terakhir merampok Fenway Park demi menyelamatkan kekasihnya yang menjadi sandera (Rebecca Hall).  Memiliki adegan aksi yang brutal namun juga efektif dan naskah yang cerdas, The Town menjadi pembuktian bahwa Ben Affleck merupakan sutradara berbakat.

6. Inside Man (2006)

Disutradarai oleh Spike Lee, Inside Man berkisah tentang negosiasi antara detektif polisi, perampok bank, dan broker setelah aksi pencurian brilian berubah menjadi situasi penyanderaan. Dibintangi Denzel Washington, Clive Owen, dan Jodie Foster, film ini menampilkan adegan pencurian yang tidak hanya menegangkan namun juga cerdas dan tentunya twist menarik pada akhir filmnya menambah nilai tambah pada filmnya. .

7. The Italian Job (1969)

Merupakan salah satu film terbaik pada eranya, The Italian Job mengikuti kisah Charlie Croker (Michael Caine), seorang gangster yang sudah siap pergi ke Italia untuk menjalankan aksi pencurian dari ide temannya yang sudah meninggal. Disutradarai oleh Peter Collinson, film ini menawarkan aksi menegangkan dengan selipan humor disana-sini. Berakhir dengan ending yang menggantung, The Italian Job sangat populer hingga diparodikan, dibuat ulang dan menginspirasi acara amal.

8. Baby Driver (2017)

Bagaimana jadinya jika aksi pencurian dilengkapi dengan soundtrack yang keren? Itulah yang ditawarkan dalam film Baby Driver. Disutradarai oleh Edgar Wright, film ini berfokus pada kisah Baby (Ansel Elgort) yang terpaksa bekerja menjadi supir untuk aksi pencurian untuk Doc (Kevin Spacey). Tidak hanya menawarkan aksi pencurian yang menegangkan, namun Baby Driver juga dilengkapi soundtrack lagu yang diperhitungkan dengan hati-hati untuk setiap adegan.

9. Rififi (1955)

Dari jajaran film Eropa, film pencurian terbaik datang dari sutradara Jules Dassin lewat karyanya Rififi. Berkisah tentang empat pencuri yang akan melakukan aksi pencurian sempurna, namun tanpa terduga faktor manusia menjadi hambatan dalam prosesnya.

Membawa banyak penghargaan termasuk Best Director pada ajang Cannes untuk Dassin, Rififi menampilkan salah satu adegan legendaris dalam sejarah perfilman. Dalam sekuens sepanjang 28 menit, adegan pencurian mulai dari masuk hingga mengambil berlian diperlihatkan dengan tanpa dialog. Saking detail dan rapinya, beberapa negara bahkan melarang penayangan film tersebut karena takut kriminal akan menggunakan cara tersebut.

10. A Fish Called Wanda (1988)

Merupakan film terakhir yang disutradarai oleh Charles Crichton, A Fish Called Wanda mengikuti kisah sekelompok geng pencuri yang saling mengumpulkan informasi satu sama lain demi memperoleh lokasi berlian yang disimpan oleh pemimpin geng tersebut. Selain menawarkan aksi pencurian, film yang dibintangi Jamie Lee Curtis, Kevin Kline, John Cleese, dan Michael Palin ini juga didukung oleh naskah komedi yang menghibur.