Anjing merupakan salah satu hewan yang tidak hanya pintar namun juga setia. Tak heran, kisah persahabatannya dengan manusia sering hadir di layar lebar. Pekan ini, kisah asal mula persahabatan manusia dan anjing dapat disaksikan dalam film Alpha. Disutradarai oleh Albert Hughes, Alpha pun mengikuti kisah Keda (Kodi Smit-McPhee) yang diserang oleh segerombolan serigala dan berhasil melukai sang Alpha (pemimpin). Namun, merasa iba, ia pun mengobati luka serigala tersebut dan terbangunlah hubungan erat antar keduanya.

Untuk menyambut perilisan Alpha pekan ini, berikut 10 film persahabatan manusia dan anjing yang harus kamu tonton!

1. Air Bud (1997)

Apa jadinya jika anjing pintar bermain basket? Itu dia yang dilakukan oleh Buddy (Air Buddy) dalam film Air Bud. Tidak hanya pandai bermain basket, dalam film Air Bud, Buddy pun membantu anak laki-laki pemalu bernama Joshua Framm (Kevin Zegers) untuk mencoba olahraga tersebut. Sukses menjadi film keluarga yang menghibur, Air Bud pun menjadi franchise dengan banyak sekuel dan spin-off yang beberapa di antaranya dibintangi oleh anak Air Buddy.

2. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

Salah satu film persahabatan manusia dan anjing terbaik yang tidak boleh terlupakan adalah Hachi: A Dog’s Tale. Mengadaptasi kisah nyata dari seekor anjing Akita bernama Hachiko, film ini mengikuti kisahnya yang setiap sore pergi ke stasiun kereta untuk menjemput tuannya. Tanpa tahu pemiliknya telah meninggal, ia tetap setia menunggu di stasiun kereta setiap sore hingga akhir hayatnya.

Selain versi Hollywood yang dibintangi oleh Richard Gere, kamu juga bisa menyaksikan versi Jepangnya yang berjudul Hachiko Monogatari (1987). Tentunya, kisah kesetiaan Hachiko kepada pemiliknya ini pada kedua film tetap menyayat hati. Untuk kamu yang ingin menyaksikannya, jangan lupa menyiapkan tisu!

3. Eight Below (2006)

Di tengah cuaca ekstrim di Antartika, tiga member dari ekspedisi ilmiah — Jerry Shepard (Paul Walker), Cooper (Jason Biggs) dan geologis Amerika terpaksa harus meninggalkan anjing kereta luncur mereka karena kecelakaan tidak terduga. Anjing yang tertinggal pun harus bertahan hidup di tengah dinginnya Antartica selama 6 bulan. Merupakan remake dari film Antartica (1983), Eight Below dibagi menjadi dua fokus yaitu sebagian pada karakter manusia dan sebagian lagi pada karakter anjing yang narasinya bertemu menjelang akhir film.

4. Marley & Me (2008)

Diadaptasi dari memoir milik John Grogan, Marley & Me merupakan salah satu film terfavorit bagi pecinta anjing. Adapun film yang disutradarai oleh David Frankel ini menceritakan kisah John (Owen Wilson) dan Jenny (Jennifer Aniston), pasangan suami istri yang mengadopsi anjing bernama Marley.

Menyorot 14 tahun hidup Marley di dalam film, dibutuhkan 22 ekor labrador untuk menggambarkan kehidupannya. Tentunya, kisah ini akan familiar bagi keluarga yang memelihara anjing sejak kecil hingga dewasa lengkap dengan masalah yang ditimbulkannya.

5. My Dog Skip (2000)

Diangkat dari buku autobiografi berjudul sama, My Dog Skip mengikuti kisah Willie Morris (Frankie Muniz) yang diusianya yang kesembilan diberikan Jack Russell Terrier untuk hadiah ulang tahunnya. Film yang disutradarai oleh Jay Russell ini tidak hanya menyorot persahabatan keduanya, namun juga bagaimana kedatangan Skip dalam mengubah beberapa aspek dalam hidup Willie.

6. Beethoven (1992)

Disutradarai oleh Brian Levant, Beethoven mengikuti kisah seekor anjing St. Bernard bernama Beethoven yang hidup bersama keluarga Newton. Suatu hari, Beethoven dibawa pergi ke dokter hewan dan dinyatakan berbahaya. Menyadari bahwa hal tersebut bohong, keluarga Newton pun berusaha menyelamatkan Beethoven dari dokter hewan palsu tersebut. Film ini tidak hanya menghibur namun cocok untuk disaksikan bersama anggota keluarga. Tak heran, film ini sukses dan menjadi sebuah franchise dengan empat sekuel dan tiga film standalone.

7. Bolt (2008) 

Dibintangi oleh John Travolta dan Miley Cyrus, Bolt mengikuti kisah seekor anjing yang menghabiskan waktu sehari-hari sebagai bintang serial TV. Karena perannya tersebut, ia pun mempercayai bahwa dirinya memiliki kekuatan super. Ketika ia mengira pemiliknya, Penny diculik, ia pun mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menyelamatkannya sebelum pada akhirnya menyadari kemampuan sebenarnya. Mendapat respon yang positif mengenai karakter dan jalinan kisahnya, Bolt memperoleh nominasi sebagai Film Animasi Terbaik pada ajang Oscar. Sayangnya, kategori tersebut dimenangkan oleh WALL-E.

8. Iron Will (1994)

Setelah kematian ayahnya, Will Stoneman (Mackenzie Astin) mengikuti perlombaan kereta luncur anjing demi menyelamatkan sawah mereka. Disutradarai oleh Charles Haid, Iron Will menunjukkan kerja sama dan kekuatan yang dimiliki baik oleh manusia dan anjing dalam menjalani latihan guna memenangkan perlombaan tersebut.

9. Best in Show (2000)

Kisah anjing dan pemiliknya tentu tak lengkap tanpa cerita mengenai kompetisi dan adu bakat seperti dalam Best in Show. Menggunakan format mockumentary, film komedi yang disutradarai oleh Christopher Guest ini mengikuti kisah lima pasang anjing dan pemilik yang mempersiapkan diri untuk Mayflower Kennel Club Dog Show. Sepanjang film, akan banyak momen memancing tawa termasuk aspek persamaan karakter anjing dengan pemiliknya.

10. My Dog Tulip (2010)

Selain Marley & Me, kisah persahabatan manusia dan anjing yang juga diadaptasi dari memoir adalah My Dog Tulip. Walaupun demikian, hubungan J.R Ackerley dengan anjing Alsatian miliknya Queenie (dinamai Tulip dalam bukunya) ini tidak dibuat dalam versi live action melainkan animasi. Menghabiskan dua setengah tahun untuk pembuatannya, My Dog Tulip adalah sebuah kisah persahabatan hangat yang tentunya familiar dengan para pemilik anjing di mana pun.

Itu dia 10 film persahabatan anjing dan manusia yang harus kamu saksikan. Selain film-film yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menyaksikan 25th HourI am Legend atau John Wick yang walaupun tidak fokus pada anjingnya, namun juga menceritakan kisah persahabatan keduanya. Selamat menonton!