Korea Selatan selalu terkenal dengan produksi film-filmnya termasuk untuk genre romantis. Pekan ini, bioskop tanah air pun kedatangan salah satu film romantis sukses asal Negeri Ginseng tersebut, On Your Wedding Day.

Dibintangi oleh Park Bo Young dan Kim Young Kwang, film yang disutradarai oleh Lee Seok Geun mengikuti kisah cinta dan persahabatan keduanya dari masa remaja hingga dewasa selama 10 tahun terakhir. Untuk menyambut perilisan On Your Wedding Day, berikut 10 film romantis terbaik Korea yang bakal bikin kamu jatuh cinta setelah selesai menontonnya.

1. My Sassy Girl (2001)

film romantis terbaik korea

Film komedi romantis klasik yang tidak boleh terlupakan dari Korea Selatan adalah My Sassy Girl. Disutradarai oleh Kwak Jae Young, salah satu film komedi romantis terlaris ini mengikuti kisah Gyeon Woo (Cha Tae Hyun), seorang mahasiswa yang menghabiskan waktunya dengan minum dan berpesta. Suatu hari ia bertemu dengan perempuan muda (Jun Ji Hyun) yang menyenderkan kepala kepadanya dan sejak itu petualangan cinta yang gila antara keduanya pun dimulai. Tidak hanya lucu dan menghibur, film ini juga didukung chemistry kedua bintang utamanya yang luar biasa.

2. A Moment to Remember (2004)

film romantis terbaik korea

Diadaptasi dari drama Jepang berjudul Pure Soul, A Moment to Remember merupakan sebuah film romantis yang akan menyentuh hatimu dengan kisahnya. Seorang desainer pakaian bernama Soo Jin (Son Ye Jin) jatuh cinta dan menikah dengan Chul Soo (Jung Woo Sung), seorang pekerja konstruksi yang ingin menjadi arsitek. Sayangnya, kebahagiaan mereka setelah menikah diuji ketika Soo Jin dinyatakan memiliki penyakit Alzheimer. Mulai dari sinilah perjuangan cinta mereka yang ditampilkan oleh akting brilian dan emosional dari dua bintang utamanya akan membuatmu berkaca-kaca!

3. Werewolf Boy (2012)

film romantis terbaik korea

Menggabungkan dengan sempurna fantasi dan drama romantis, A Werewolf Boy mengikuti kisah Soon Yi (Park Bo Young) seroang remaja perempuan yang terpaksa pindah ke desa dengan keluarganya demi kesehatannya. Di sana ia bertemu anak laki-laki bernama Chul soo (Song Joong Ki) yang ia bantu untuk hidup normal — yang di satu sisi monster di dalam tubuhnya ingin keluar. Memiliki kisah yang memikat, A Werewolf Boy sukses mencetak box office di negerinya yang mana sangat sulit untuk film dengan genrenya.

4. Architecture 101 (2012)

film romantis terbaik korea

First love never dies. Cinta pertama selalu memiliki tempat di hati seseorang hingga kapanpun seperti dalam Architecture 101. Seung Min (Lee Je Hoon) dan Seo Yeon (Suzy) adalah dua mahasiswa yang bertemu saat kelas arsitektur dan jatuh cinta. 15 tahun kemudian, Seo Yeon mencari cinta pertamanya tersebut untuk membangun rumah impiannya. Film ini akan mengingatkan rasanya jatuh cinta pertama kali da menimbulkan perasaan nostalgia tentang masa-masa tersebut.

5. The Beauty Inside (2015)

film romantis terbaik korea

Memiliki premis unik, The Beauty Inside menceritakan kisah seorang pria yang terbangun dengan tubuh dan wajah berbeda setiap harinya mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang asing. Walaupun demikian, dengan hati dan jiwa yang sama, ia mencintai seorang gadis bernama Yi Soo (Han Hyo Joo) yang ternyata membalas cintanya. Memiliki jajaran bintang terkenal untuk berperan sebagai Woo Jin, elemen fantasi dalam film ini pun secara efektif menunjukkan bahwa cinta terhadap seseorang tidak hanya sebatas dari fisik namun siapa mereka sebenarnya.

6. The Classic (2003)

film romantis terbaik korea

Mengambil dua latar waktu, dalam The Classic, Son Ye Jin memerankan dua karakter yaitu Joo Hee (sang ibu ketika muda) dan Ji Hye (anak perempuan). Menemukan diari ibunya, Ji Hye menemukan kisah cinta ibunya tidak jauh berbeda dengan dirinya saat ini. Di masa kini, Ji Hye jatuh cinta kepada Sang Min (Jo In Sung). Memiliki narasi yang cukup rumit, ketika benang merah antara kisah cinta keduanya terbuka akan meninggalkan kesan yang mendalam.

7. Il Mare

film romantis terbaik korea

Disutradarai oleh Lee Hyun Seung, Il Mare mengikuti kisah Eun Joo (Jun Ji Hyun) dan Sung Hyun (Lee Jung Jae) yang tinggal dalam rentang dua waktu berbeda, dapat berkomunikasi satu sama lain lewat sebuah kotak pos misterius. Walaupun saat perilisannya film ini tidak berhasil memikat penonton, namun seiring waktu Il Mare memiliki barisan fansnya. Tak hanya itu, tahun 2006 film ini dibuatkan versi Inggrisnya yang berjudul The Lake House dan dibintangi oleh Keanu Reeves dan Sandra Bullock.

8. A Millionare’s First Love (2006)

film romantis terbaik korea

Karakter laki-laki arogan jatuh cinta dengan perempuan polos dan berbeda dengan yang pernah ditemuinya tentunya kerap kali diangkat dalam film-film romantis termasuk dalam A Millionare’s First Love. Jae Kyung (Hyun Bin), seorang cowok kaya terpaksa harus bersekolah di desa karena wasiat kakeknya yang mengharuskannya lulus dari sana untuk menerima warisan. Di sana, ia bertemu dengan Eun Chae (Lee Yoon Hee) dan perlahan ia menemukan rahasia besar yang dapat merubah takdir mereka berdua.

9. Christmas in August (1998)

film romantis terbaik korea

Merupakan debut penyutradaraan dari Hur Jin Ho, Christmas in August menceritakan kisah cinta antara Jung Won (Han Suk Kyu) dan Da Rim (Shim Eun Ha). Sayangnya, kisah cinta mereka tidak sempat menuju level selanjutnya karena Jung Won divonis memiliki penyakit mematikan dan waktu hidup kurang dari beberapa tahun. Disebut-sebut sebagai salah satu film romantis tersedih yang pernah dibuat, balutan kisahnya tidak hanya jujur juga menghancurkan hati. Sekotak tisu akan menjadi teman yang diperlukan saat menonton film ini!

10. Always (2011)

film romantis terbaik korea

Chul Min (So Ji Sub), mantan petinju yang kini bekerja sebagai petugas parkir yang jatuh cinta kepada Jung Hwa (Han Hyo Joo), gadis ceria yang mengalami kebutaan di usianya yang masih muda. Tidak jauh berbeda dengan film romantis Korea lainnya, Always juga memiliki kisah romantis yang menyentuh. Film ini akan semakin wajib ditonton jika kamu menyukai karakter bad boy yang berubah menjadi baik demi gadis yang dicintainya!