Loading...

Keanu Reeves kembali beraksi sebagai mantan pembunuh bayaran handal dalam John Wick: Chapter 3 – Parabellum. Melanjutkan akhir kisah sebelumnya, John Wick kini harus lari dari kejaran pembunuh bayaran di seluruh dunia setelah membunuh anggota dari High Table. Untuk menyambut perilisannya pekan ini, berikut 10 film terbaik Keanu Reeves yang harus kamu saksikan!

1. Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989)

Jauh sebelum dikenal sebagai bintang aksi, Keanu Reeves justru terkenal berkat peran komediknya sebagai siswa SMA, Ted Logan dalam Bill & Ted’s Excellent Adventure. Sesuai dengan judulnya, film yang disutradarai oleh Stephen Herek ini mengikuti petualangan Bill (Alex Winter) dan Ted yang mana melakukan perjalanan waktu guna mengumpulkan seluruh tokoh sejarah untuk tugas sekolahnya. Bersama dengan Winter, Reeves menampilkan chemistry yang membuat film ini menyenangkan untuk diikuti hingga akhir.

2. The Matrix (1999)

The Matrix tentu menjadi film yang akan selamanya diasosiasikan dengan nama Keanu Reeves. Menjadi film paling ikonik yang pernah dibintanginya, dalam film ini ia berperan sebagai Thomas Anderson, seorang progammer komputer yang menjalani hidup ganda di dunia maya sebagai hacker bernama “Neo”. Setelah dihubungi oleh Morpheus (Laurence Fishburne) dan Trinity (Carrie-Anne Mason), ia pun menyadari ia hidup di dalam realitas buatan bernama “The Matrix” dan bergabung untuk membebaskan manusia dari cengkraman ini.

The Matrix menuai pujian berkat teknik kamera yang inovatif dan banyak adegan aksi yang memukau, termasuk dengan adegan Bullet Time (gerakan tembakan peluru yang diambil dengan teknik slow motion). Kesuksesannya pun membawa The Matrix merilis dua sekuelnya dan menjadi inspirasi untuk berbagai teori dan buku terkait dengan ide filosofisnya.

3. Speed (1994)

Nama Keanu Reeves dipertimbangkan sebagai bintang aksi tidak lain datang berkat perannya dalam film Speed. Merupakan debut penyutradaraan dari Jan de Bont, Speed mengikuti kisah seorang polisi Los Angeles, Jack Traven (Reeves) yang mencoba menyelamatkan penumpang bus kota yang akan meledak jika kecepatannya di bawah 50km/jam.

Menghadirkan adegan aksi yang memacu adrenalin serta penampilan luar biasa dan chemistry dua bintang utamanya — Reeves dan Sandra Bullock, Speed pun secara tidak terduga sukses dari segi komersil dengan mengumpulkan $350 juta pendapatan kotor global dari biaya produksi yang hanya $30 juta. Tak hanya itu, film ini turut membawa pulang dua piala Oscar untuk kategori Best Sound Editing dan Best Sound Mixing.

4. Point Break (1991)

Disutradarai oleh Kathryn Bigelow, Point Break mengikuti kisah dua agen FBI, Angelo Pappas (Gary Busey) dan Johnny Utah (Keanu Reeves) yang ditugaskan untuk menyelidiki dan mencari identitas dari grup pencuri bank kelas kakap. Penyelidikan ini pun menjadi rumit ketika hubungan dengan pemimpin kelompok (Patrick Swayze) tersebut berkembang menjadi rumit. Tak hanya menghadirkan adegan aksi yang mendebarkan, Point Break juga menampilkan beberapa adegan berselancar yang tidak kalah keren. Chemistry antara Reeves dan Swayze pun tak luput dari pujian.

5. The Devil’s Advocate (1997)

Tidak melulu bermain di film aksi, Keanu Reeves juga bermain di genre lain seperti misteri supranatural lewat The Devil’s Advocate. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andrew Neiderman, film ini mengikuti kisah seorang pengacara sukses (Reeves) yang diundang ke New York untuk bekerja di firma hukum besar. Ketika sang istri (Charlize Theron) mengalami teror visual yang mengerikan, ia pun menyadari bahwa pemilik firma (Al Pacino) tersebut bukanlah manusia, melainkan Iblis. Walaupun dikritik karena jalinan kisahnya yang ambisius, namun film ini masih mampu membuat penonton terhibur.

6. River’s Edge (1986)

River’s Edge merupakan film pertama di mana Keanu Reeves mulai dipertimbangkan sebagai aktor secara serius. Dalam film yang disutradarai oleh Tim Hunter ini, Reeves berperan sebagai Matt, seorang remaja yang menjadi tak karuan setelah mengetahui temannya, John (Daniel Roebuck) membunuh kekasihnya sendiri dan menunjukkan di mana ia dikubur. Berbeda dengan film remaja pada tahun tersebut yang kebanyakan komedi, film ini mencoba mengangkat gelapnya realita kehidupan remaja yang tumbuh di lingkungan kekerasan dan obat-obatan terlarang. Hasilnya, film ini sukses menakuti penonton hanya dari akting pemainnya yang dramatis tanpa harus menggunakan adegan slasher.

7. John Wick (2014)

Walaupun kerap membintangi film aksi di atas tahun 2000-an, namun tidak banyak peran yang cukup melekat kepada Keanu Reeves. Namun, pada 2014, namanya pun kembali melejit sebagai bintang aksi berkat perannya sebagai karakter utama dalam John Wick. Film aksi neo-noir ini mengikuti kisahnya sebagai seorang mantan pembunuh bayaran yang kembali membunuh setelah anjing kesayangan peninggalan sang istri dibunuh oleh sekelompok pencuri mobil.

Seperti The Matrix, kini nama Reeves pun tidak akan terlepas dari bayang-bayang John Wick berkat penampilan alaminya tersebut. Tak hanya penampilan Reeves, pujian juga diberikan kepada pengarahan adegan aksi serta tempo kisah yang mengalir lancar. Dua sekuelnya, John Wick: Chapter 2 dan John Wick: Chapter 3 – Parabellum pun sukses memperoleh respon yang tidak kalah positif.

8. My Own Private Idaho (1991)

My Own Private Idaho adalah sebuah film yang bisa dibilang mengalami banyak pasang surut dalam proses pembuatannya. Kekurangan biaya sebagai film independen, film ini hampir dibintangi oleh anak jalanan yang sesungguhnya sebelum pada akhirnya Reeves memutuskan untuk bermain dalam film ini bersama sahabatnya, River Phoenix. Dalam film ini keduanya berperan sebagai Scott dan Matt, dua sahabat yang melakukan perjalanan penemuan pribadi yang membawa mereka dari Portland, Oregon, kampung halaman Mike di Idaho, hingga ke Roma untuk mencari ibu Mike. Sejak perilisannya di tahun 1991, film ini meraih respon positif berkat performa kedua bintang utamanya dan terus menerus memperoleh kepopuleran serta digadang-gadang sebagai salah satu film cult classic.

9. A Scanner Darkly (2006)

A Scanner Darkly merupakan film dengan visual dan alur cerita paling unik yang pernah dibintangi oleh Keanu Reeves. Disutradarai oleh Richard Linklater, film ini menceritakan kisah seorang polisi yang sedang menyamar (Reeves) menjadi terlibat dengan sebuah obat-obatan berbahaya dan membuatnya mulai kehilangan identitas diri. Karenanya, karakter Reeves dalam film yang diangkat dari novel berjudul sama dari Philip K. Dick ini pun sukses membuat para penonton menjadi bingung. Walaupun demikian, visual dan perjalanan kisahnya yang tak terduga pun membuat film ini menarik untuk disaksikan.

10. Man of Tai Chi (2013)

Selain membintangi film, Keanu Reeves juga mencoba untuk terjun menjadi sutradara lewat Man of Tai Chi. Debut penyutradaraannya ini terinspirasi dari kisah hidup dan pengalaman dari temannya yang merupakan stuntman, Tiger Chen. Bercerita tentang seorang seniman beladiri muda yang terjebak dalam pertarungan bawah tanah, Man of Tai Chi dipuji berkat keberhasilannya mempertahankan lingkungan dan akar Tiongkok dalam penceritaan kisah dan adegan aksinya.