Memasuki usianya yang ke 55 tahun, Tom Cruise masih menjadi bintang utama dalam film-film blockbuster Hollywood. Aktor yang memulai karirnya sejak berumur 19 tahun ini telah membintangi berbagai film mulai dari drama, komedi dan yang paling sering film aksi.

Tak dapat dipungkiri, hingga saat ini pamor Tom Cruise masih bersinar sebagai peran utama. Tahun ini, selain membintangi film pertama dari Dark Universe, The Mummy, ia juga membintangi American Made yang tayang pada Jumat (25/8) kemarin.

Film yang disutradarai oleh Doug Liman (Edge of Tomorrow) ini bercerita tentang Barry Seal (Tom Cruise), pilot yang bekerja untuk CIA yang juga menjadi drug runner di daerah selatan pada tahun 1980-an. Untuk menyambut perilisannya, kali ini Movieden akan membahas 10 film terbaik Tom Cruise. Simak di bawah ini!

1. Risky Business (1983)

Risky Business mungkin bukanlah film pertamanya, namun lewat film yang ditulis dan disutradarai oleh Paul Brickman ini nama Tom Cruise langsung melejit menjadi salah satu bintang populer. Berfokus pada tema materialisme, coming of age dan dan kapitalisme, film ini berkisah tentang Joel Goodsen (Tom Cruise), remaja Chicago yang berpesta ketika ditinggal kedua orang tuanya ke luar kota. Setelah menghancurkan Porsche milik ayahnya, Goodsen pun terjebak dalam suatu hal di luar dugaannya.

Di film ini, Tom Cruise berhasil menghidupkan karakter Joel yang naif namun juga kharismatik. Tak ketinggalan, adegan berkesan dari salah satu film terbaik Tom Cruise ini ketika Joel menari di rumah hanya dengan pakaian dalam untuk merayakan kedua orang tuanya yang pergi ke luar kota. Sungguh tak terlupakan!

2. Top Gun (1986)

Setelah menjadi bintang terkenal lewat Risky Business, Top Gun membawa nama Tom Cruise ke level yang baru. Dalam film yang disutradarai oleh mendiang Tony Scott ini, Tom Cruise berperan sebagai Letnan Pete “Maverick” Mitchell, seorang pilot hebat dan menemukan bahwa ia bukanlah satu-satunya yang hebat. Ia pun harus berhadapan dengan Tom “Iceman” Kasanzki (Val Kilmer) untuk memperoleh titel Top Gun.

Dilansir dari Variety, pada Mei 2017 lalu, Tom Cruise dalam wawancaranya pada acara Sunrise di Seven Network, Australia mengonfirmasikan sekuel Top Gun akan dikerjakan. Berjudul Top Gun: Maverick, sekuel Top Gun ini direncanakan akan memulai syuting tahun depan dan rilis 12 Juli 2019 mendatang.

3. Mission Impossible (1996)

Daftar film terbaik Tom Cruise rasanya tak akan lengkap tanpa Mission Impossible. Keberhasilan film pertama yang disutradarai oleh Brian De Palma ini membuat Mission Impossible merupakan salah satu seri terbaik yang pernah ada. Diadaptasi dari serial televisi berjudul sama, Tom Cruise memerankan karakter Ethan Hunt, seorang agen IMF yang dituduh membunuh rekan-rekannya. Ia pun berusaha mencari siapa pelaku sebenarnya dan membuktikan dirinya tidak bersalah.

4. Rain Man (1988)

Merupakan film terbaik pada ajang penghargaan Academy Awards ke- 61, Rain Man berkisah tentang Charlie Babbitt (Tom Cruise), menemukan bahwa ayahnya telah meninggal dan mewariskan kekayaan pada anak laki-lakinya yang lain, Raymond (Dustin Hoffman), penderita autis yang Charlie sendiri tidak tahu ada. Charlie pun berusaha memperoleh hak asuh Raymond untuk dapat mengendalikan uang tersebut.

Dustin Hoffman memenangkan piala Oscar untuk Best Actor in Leading Role berkat potretnya yang memukau. Walaupun demikian tak dapat dipungkiri hal ini juga didukung oleh peforma Tom Cruise. Lewat film yang disutradarai oleh Barry Levinson ini, Tom Cruise menunjukkan bahwa ia juga mampu memerankan karakter yang serius.

5. Born on the Fourth of July (1989)

Film kedua trilogi Perang Vietnam dari Oliver Stone, Born of the Fourth of July merupakan kisah nyata dari Ron Kovic. Ia merupakan seorang patriot yang kuat namun berakhir lumpuh setelah kembali dari perang Vietnam yang mengakibatkannya sangat mengecam perang.

Merupakan film terakhir Tom Cruise pada tahun 80-an, penampilan hebatnya sebagai Ron Kovic membungkam semua penentangnya dan memberikannya nominasi sebagai aktor terbaik dalam ajang Oscar 1990. Tom Cruise menunjukkan komitmennya yang sangat dalam untuk film ini. Bahkan, berdasarkan pengakuan Oliver Stone, Tom Cruise hampir menyuntik dirinya dengan cairan yang membuatnya lumpuh sementara.

6. Jerry Maguire (1996)

Disutradarai oleh Cameron Crowe, film ini berkisah tentang Jerry Maguire (Tom Cruise), seorang agen olahraga bermoral dipecat setelah mengungkapkan keburukan dalam manajemen bisnis olahraga. Ia pun memutuskan untuk menerapkan filosofi barunya sebagai agen independen dengan satu-satunya atlet yang tetap bersamanya dan mantan sekretarisnya.

Film ini tidak hanya sukses secara komersil dengan $273 juta dari budget $ 50 juta, namun juga meraih respon positif. Film ini pun meraih lima nominasi Oscar termasuk Best Picture dan Best Actor untuk Tom Cruise.

7. Collateral (2004)

Walaupun biasanya memerankan karakter protagonis, bukan berarti Tom Cruise tidak pernah menjajal peran antagonis selama karirnya. Dan salah satu yang paling berkesan adalah perannya sebagai pembunuh bayaran dalam Collateral. Dalam film arahan Michael Mann ini, diceritakan ia menyandera Max Durocher (Jamie Foxx), seorang supir taksi untuk mengantarnya menjalankan misi. Dalam film ini, ia mampu menunjukkan sisi kejam dan dingin yang sangat jarang ditemukan dalam filmnya yang lain.

8. Magnolia (1999)

Setelah menonton film Boogie Nights, Tom Cruise yang terkesan langsung menelepon Paul Thomas Anderson dan mengatakan bahwa ia tertarik untuk tampil dalam film yang akan ia arahkan selanjutnya. Walaupun sempat merasa tidak nyaman dengan dialognya, Cruise tetap mengambil peran tersebut dan dinominasikan sebagai aktor pendukung terbaik pada ajang Oscar.

Dalam film ini, Tom Cruise berperan sebagai Frank “T.J” Mackey, ‘guru’ yang memimpin seminar dari programnya “Seduce and Destroy” yaitu bagaimana cara seorang pria merayu dan mengkhianati wanita.

9. A Few Good Men (1992)

Disutradarai oleh Rob Reiner, A Few Good Men diadaptasi dari lakon berjudul sama yang ditulis oleh Aaron Sarkin. Bertabur bintang mulai dari Tom Cruise, Jack Nicholson, Demi Moore hingga Kevin Bacon, A Few Good Men merupakan film mengenai dua orang tentara angkatan laut Amerika Serikat didakwa atas pembunuhan.

Tentu, tak dapat dipungkiri bagian yang paling berkesan dari film ini adalah ketika Jack Nicholson mengatakan “You can’t handle the truth“. Namun, penampilan Tom Cruise sebagai pengacara Angkatan Laut ketika mendorong Jack Nicholson untuk menunjukkan sifat aslinya tentu tak luput dari pujian.

10. Minority Report (2002)

Apa yang akan terjadi pada masyarakat jika orang-orang ditangkap atas pembunuhan sebelum mereka benar-benar melakukannya? Itulah premis yang ingin disampaikan dari film arahan Stephen Spielberg, Minority Report. Awalnya, film ini akan dikembangkan menjadi sekuel dari Total Recall (1990), namun karena berbagai halangan, akhirnya film ini menjadi film tunggal

Diadaptasi dari cerita pendek Philip K. Dick, Tom Cruise berperan sebagai Kapten John Anderson, anggota PreCrime yang menemukan dirinya dituduh akan membunuh seorang pria bernama Leo dalam waktu 36 jam yang bahkan tidak ia kenal. Saat perilisannya, Minority Report meraih kritik positif dan menjadi film dengan review terbaik pada tahun 2002.