Hari ini, Jurassic World: Fallen Kingdom mulai meramaikan bioskop tanah air. Kembali dibintangi Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard, kali ini keduanya akan pergi ke Isla Nublar demi menyelamatkan sebanyak mungkin spesies dinosaurus yang tinggal di pulau tersebut.

Tentunya, akan ada banyak spesies dinosaurus yang bakal hadir dalam film yang disutradarai J.A Bayona ini. Sebelum nonton filmnya, yuk kenalan dulu dengan 17 Dinosaurus di Jurassic World: Fallen KingdomSimak di bawah ini:

1. Indoraptor

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Indoraptor adalah dinosaurus hybrid baru yang tak hanya diperkenalkan namun juga menjadi antagonis dalam Jurassic World: Fallen Kingdom. Berjenis kelamin laki-laki, Indoraptor dikonfirmasi sebagai hybrid terakhir yang hadir dalam franchise Jurassic World.

Dalam trailer, ia terlihat mengikuti Maisie Lockwood di kamarnya dan pelan-pelan ingin menggigitnya. Selain itu, Indoraptor juga sempat berhadapan baik dengan Owen maupun Claire di dalam trailer.

Karakteristik:

  • Memiliki penampilan yang kurang lebih sama kuat dengan Indominus rex, Indoraptor hanya berukuran 3/4 darinya (4,2 m dan 1,1 ton).
  • Memiliki cakram yang kuat seperti Velociraptor
  • Berwarna Hitam gelap dengan garis kuning emas dari leher hingga ekor yang mana memiliki kesamaan dengan garis biru metalik yang dimiliki Blue.
  • Bentuk kepalanya memiliki kemiripan dengan T-rex dan memiliki tanda merah di sekitar orbit matanya.

2. Carnotaurus

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Carnotaurus merupakan salah satu dinosaurus pemakan daging paling berbahaya yang pernah ditemukan. Dalam Jurassic World, materi genetik dari dinosaurus ini digunakan untuk menciptakan Indominus rex.

Pada trailer Jurassic World: Fallen Kingdom, Carnotaurus terlihat mengejar Owen Grady, Claire Dearing dan Franklin Webb sebelum pada akhirnya terbunuh oleh T.rex di tengah erupsi gunung berapi.

Karakteristik:

  • Memiliki tanduk seperti kerbau yang kemungkinan digunakan untuk berkompetisi dengan sesamanya.
  • Kaki yang kuat dan panjang menjadikannya cepat dan mudah dalam menangkap mangsa.
  • Lengan yang cukup pendek yang menjadikannya tampak seperti pergelangan tangan.
  • Dalam film, kloningnya dibuat sedikit lebih besar, berlari dengan 4 kaki (spesies aslinya menggunakan 3 kaki) dan dikurangi kecepatannya.

3. Allosaurus

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Allosaurus merupakan salah satu dinosaurus yang ada di dalam Holoscope yang terdapat di Pusat Inovasi dalam Jurassic World. Merupakan karnivora, Allosaurus hidup di jaman terakhir sebelum dinosaurus punah dari bumi.

Dalam Jurassic World: Fallen Kingdom diketahui bahwa populasinya masih selamat setelah insiden pada tahun 2015. Pada trailer, ia terlihat berlari ke Gyrosphere bersama Claire Dearing dan Franklin Webb. Allosaurus lainnya kembali terlihat sebagai bagian dari dinosaurus yang menyerbu ke dalam gedung.

Karakteristik:

  • Memiliki tinggi sekitar 4 m dengan panjang 11-13 m dan berat 2.3 ton.
  • Seperti semua kloning InGen, Allosaurus memiliki tangan yang menelungkup.
  • Ia berwarna biru gelap-keabuan dengan kuning di perut bawah, strip kuning di wajah dan leher serta lingkaran kuning di orbit matanya serta jejak putih dan merah di puncak kepalanya.

4. Baryonyx

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Baryonyx merupakan seekor spinosaur yang merupakan grup dinosaurus pada wilayah utara Afrika. Bertubuh lebih kecil dari para relatifnya, Baryonyx tetap merupakan pemangsa besar. Dalam penelitian, Baryonyx diperkirakan tak hanya memakan sesama dinosaurus namun juga ikan karena giginya berbentuk kerucut bukan bilah seperti pemakan daging kebanyakan.

Dalam salah satu video promo, terlihat seekor Baryonyx hendak menyerang dan memakan Claire Dearing dan Frankling Webb sebelum pada akhirnya gagal karena keduanya berhasil mengunci dinosaurus tersebut dalam pusat kontrol bawah tanah.

Karakteristik:

  • Memiliki punggung baja seperti buaya dengan warna toska abu dan perutnya berwarna putih krem.
  • Terdapat lingkaran berwarna biru toska di sekita orbit matanya.
  • Giginya tampak seperti needlefish.

5. Mosasaurus

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Mosasaurus merupakan kadal raksasa akuatik yang hidup kurang lebih pada 70 miliar tahun yang lalu di bumi. Walaupun bukan dinosaurus, namun Mosasaurus masih kerabat dekat dari spesies jaman purba tersebut. Merupakan pemakan hewan-hewan laut seperti hiu dan sebagainya, Mosasaurus juga diperkirakan mampu memangsa sesamanya.

Di Jurassic World, Mosasaurus merupakan salah satu atraksi di taman tersebut yang mana ia melakukan pertunjukkan memakan hiu. Tak hanya itu, ia juga memegang peranan penting dalam melumpuhkan Indominus rex dan menyelamatkan Jurassic World.

Dalam sebuah wawancara, Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard mengkonfirmasi Mosasaurus sebagai salah satu spesies yang kembali dalam Fallen Kingdom. Selain itu, dalam sebuah klip, terlihat seekor Mosasaurus yang melarikan diri ke laut muncul di pantai dan menyerang para peselancar.

Karakteristik:

  • Berbeda dengan tubuh aslinya, kloning Mosasaurus dalam film memiliki jumbai di sepanjang punggungnya. Lidahnya pun tak bercabang dan besar.
  • Panjangnya mencapai 18 meter.

6. Velociraptor

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Muncul di seluruh franchise Jurassic Park, Velociraptor pada awalnya hadir sebagai antagonis dalam film pertama Jurassic Park. Peran tersebut pun berlanjut sebagai antagonis tambahan dalam dua film terakhir trilogi Jurassic Park. Dalam Jurassic World, dinosaurus dengan tinggi 3-5 meter ini menjadi anti-hero dengan membantu Owen Grady dalam melumpuhkan Indominus rex.

Pada trailer Jurassic World: Fallen Kingdom terlihat Blue ditenangkan oleh Owen sebelum pada akhirnya ditangkap. Gen Blue yang mudah dilatih digunakan sebagai materi genetik untuk Indoraptor.

Karakteristik:

  • Merupakan sekumpulan pemburu yang mampu berlari cepat untuk memburu mangsa.
  • Ketika lahir, ia akan menjadi setia dengan siapapun yang di-imprintnya.
  • Berbeda dengan versi Jurassic Park yang memiliki perbedaan warna untuk spesies jantan maupun betina, dalam Jurassic World, Velociraptor memiliki perpaduan dari kedua jenis kelamin dan memiliki keunikan warna masing-masing.

7. Sinoceraptor

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Sinoceraptor merupakan dinosaurus herbivora yang ditemukan di China. Dalam trailer Jurassic World: Fallen Kingdom, spesies ini terlihat melarikan diri dari erupsi gunung berapi dan satu lainnya terlihat berenang di air. Selain itu, Sinoceraptor kembali terlihat pada kumpulan dinosaurus yang menyerbu gedung.

Karakteristik:

  • Memiliki warna tubuh hijau hutan terang dengan warna putih di bagian bawah.
  • Terdapat warna putih di wajah, warna jingga, putih serta hitam di bawah dan di sisi dari lubang di tanduknya.

8. Stygimoloch

dinosaurus di Jurassic World: Fallen Kingdom

Stygimoloch merupakan dinosaurus herbivora yang memiliki kepala berbentuk kubah yang menjadi ciri khasnya. Dalam Jurassic World: Fallen Kingdom, seekor Stygimoloch bernama Stiggy akan menjadi salah satu tokoh heroik.

Karakteristik:

  • Lebih kecil dari Pachycephalosaurus, namun lebih kuat dan memiliki leher yang sangat tebal.
  • Memiliki pergelangan yang menelungkup dengan cakar di seluruh jarinya.
  • Warnanya cenderung kemerahan dengan bagian bawah yang krem.
  • Di kepalanya terdapat tanda hitam di kepala dan punggungnya.
  • Kepalanya tampak seperti kubah dan berwarna putih.

9. Ankylosaurus

dinosaurus di Jurassic World: Fallen Kingdom

Pertama kali muncul di Jurassic Park III, Ankylosaurus merupakan salah satu spesies herbivora yang memiliki pertahanan diri tinggi. Bahkan, ekornya yang seperti tongkat pemukul membuat T.rex menghindar untuk memburunya.

Walaupun dari beberapa kaumnya terbunuh di Jurassic World oleh Indominus rex, namun dalam teaser Fallen Kingdom terlihat masih ada Ankylosaurus yang selamat di Isla Nublar.

Karakteristik:

  • Memiliki tulang ekor yang kuat yang digunakan untuk melawan musuh. Walaupun demikian, ekor ini tidak terlalu fleksibel dan hanya mampu berputar 45 derajat.
  • Kulit dan punggung baja berwarna abu kehitaman.
  • Berbeda dengan spesies aslinya, kloningnya mampu berlari cepat dari musuh.

10. Compsognathus

dinosaurus di Jurassic World: Fallen Kingdom

Compsognathus merupakan spesies dinosaurus dengan tubuh terkecil yang pernah ada. Semasa hidupnya, dinosaurus yang pertama muncul di film kedua Jurassic Park ini diperkirakan memakan serangga dan kadal. Sama seperti beberapa spesies lainnya, Compsognathus terlihat berlari dari Gunung Sibo dalam trailer Jurassic World: Fallen Kingdom.

Karakteristik:

  • Berwarna kehijauan dengan strip berwarna gelap di punggung mereka. Terkadang ada garis berwarna merah atau biru.
  • Memiliki perut berwarna kuning.
  • Tangannya yang menelungkup memiliki dua jari.

11. Apatosaurus

dinosaurus di Jurassic World: Fallen Kingdom

Merupakan salah satu raksasa pemakan tumbuhan paling terkenal, Apatosaurus memiliki bobot seberat 4 ekor gajah Afrika jantan. Dalam Jurassic World, 6 ekor dinosaurus ini terbunuh oleh Indominus rex. Walaupun demikian, beberapa di antaranya dikonfirmasi selamat dari serangan tersebut dalam trailer Fallen Kingdom.

Karakteristik:

  • Memiliki kulit berwarna keabuan dengan strip biru.
  • Berbadan besar dan memiliki leher panjang.
  • Tak seperti spesies aslinya, kloning Apatosaurus milik InGen mampu mengunyah makanannya.

12. Brachiosaurus

dinosaurus di Jurassic World: Fallen Kingdom

Sebelum menemukan spesies lain, Brachiosaurus sempat menjadi dinosaurus tertinggi dengan 9 meter selama satu abad. Memiliki leher panjang, spesies herbivora ini merupakan salah satu dinosaurus yang terlihat di Holoscope dalam Jurassic World. Pada trailer sekuelnya terlihat Brachiosaurus berdiri di depan Pusat Inovasi yang sudah hancur dan tampak di hadapan Owen, Claire, dan lainnya.

Karakteristik:

  • Memiliki leher panjang.
  • Kloning dalam Jurassic World berwarna kecoklatan dan memiliki strip biru di kepala hingga leher.
  • Pada trailer Fallen Kingdom, spesies ini keabuan dan memiliki perut krem yang mana sebelumnya belum pernah terlihat pada film-film sebelumnya.

13. Triceratops

dinosaurus di Jurassic World: Fallen Kingdom

Triceratops merupakan spesies dinosaurus yang paling sering ditemukan fosilnya. Dalam garis family ceratopsian, Triceratops merupakan yang terbesar. Beberapa foto animatronic dinosaurus ini terlihat di lokasi syuting di Oahu, Hawaii.

Mencoba lari dari erupsi gunung berapi, Triceratops terlihat sebagai salah satu dinosaurus yang menyerbu pesta Owen dalam trailer Jurassic World: Fallen Kingdom.

Karakteristik:

  • Sangat jinak dan mudah bergaul. Walaupun demikian, Triceratops juga agresif sehingga perlu dirawat dengan kasih sayang.
  • Memiliki dua variasi warna strip yaitu coklat dan beige.
  • Memiliki tanduk yang panjang.

14. Pteranodon

dinosaurus di Jurassic World: Fallen Kingdom

Merupakan reptil bersayap, Pteranodon tidak memiliki bulu di sayapnya. Ketika ia merentangkan sayapnya, lebarnya mencapai 10 meter. Dalam Jurassic World, setelah Indominus rex lepas, sekumpulan Pteranodon menyerang helikopter yang salah satunya menewaskan Simon Masrani.

Tidak jauh berbeda dengan spesies lainnya, Pteranodon terlihat terbang melarikan diri dari erupsi gunung berapi di trailer Jurassic World: Fallen Kingdom. Pada adegan lainnya, ia terlihat membawa seorang pria.

Karakteristik:

  • Memiliki warna tubuh keabuan dengan kepala bewarna merah gelap atau abu dan membran sayap berwarna oren.
  • Tidak memiliki gigi dan untuk yang betina tidak memiliki jambul.
  • Mampu mengggunakan kakinya untuk mencengkram objek.
  • Kloning ini juga mampu menyelam dan berenang di dalam air.

15. Tyrannosaurus rex (T.rex)

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Tyrannosaurus rex atau yang lebih dikenal dengan T.rex merupakan dinosaurus paling terkenal dan sering tampil di berbagai media termasuk film. Merupakan individu yang berasal dari Jurassic Park, T.rex ditempatkan di T.rex Kingdom sebelum pada akhirnya lepas akibat serangan Indominus rex. Walaupun predator, namun dalam Jurassic World ia bertarung bersama demi mengalahkan Indominus rex.

Dalam trailer Jurassic World: Fallen Kingdom, T.rex terlihat menyelamatkan Owen dan Claire dari serangan Carnotaurus.

Karakteristik:

  • Memiliki kulit yang tebal dan kuku kaki yang tajam seperti Velociraptor.
  • Mampu berlari cepat.
  • Memburu mangsanya dengan melihat pergerakan.

16. Gallimimus

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Sama seperti Velociraptor, Gallimimus merupakan salah satu spesies dinosaurus yang telah hadir sejak film pertama Jurassic Park. Disebut-sebut sebagai dinosaurus tercepat, Gallimimus memiliki kecepatan hingga 60 miles per jam. Di trailer Jurassic World: Fallen Kingdom, spesies ini terlihat berlari dengan dinosaurus lainnya dari erupsi gunung berapi.

Karakteristik:

  • Memiliki warna yang berbeda dengan spesies originalnya, dalam film Gallimimus berkulit oren dengan perut krem dan strip coklat di punggungnya.
  • Memiliki kepala kecil dan tidak mempunyai gigi.
  • Bergerak seperti ayam, maka dari itu namanya sendiri berarti ‘chicken mimics’

17. Stegosaurus

dinosaurus Jurassic World: Fallen Kingdom

Memiliki karakteristik unik, Stegosaurus menjadi salah satu dinosaurus yang mudah dibedakan dari spesies lainnya. Dalam Jurassic World: Fallen Kingdom terlihat menyerbu pesta Owen.

Karakteristik:

  • Memiliki ukuran otak yang sangat kecil, yaitu sebesar anak kucing.
  • Memiliki tanduk di punggungnya, dan duri di ekornya untuk melawan predator.
  • Kulitnya kegelapan dengan warna hijau olive.