Film biografi dari astronot Amerika Serikat, Neil Amstrong, First Man resmi dirilis di Indonesia mulai hari ini. Dibintangi oleh Ryan Gosling dan Claire Foy, film ini akan berfokus pada kehidupan Neil Amstrong pada tahun 1961-1969 yaitu kehidupan Amstrong hingga menjalani misi berbahaya dan menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan.

Menyambut penayangannya, berikut 5 fakta First Man yang harus kamu baca sebelum menonton filmnya!

1. Kisah Dibalik Pembuatan First Man

fakta first man

Courtesy of Universal Pictures

Diadaptasi dari buku biografi Neil Amstrong yang berjudul First Man: The Life of Neil A. Amstrong, proyek ini pertama kali dibeli oleh Clint Eastwood dan Warner Bros. Walaupun demikian, pada pertengahan 2010, proyek ini diambil oleh Universal Pictures dan Dreamworks. Chazelle yang sukses dengan La La Land kemudian ditunjuk sebagai sutradara untuk film ini.

Pada masa pembuatannya, astronot Buzz Aldrin (pria kedua yang menginjakkan kaki di Bulan) dan Mike Collins (astronot yang tetap di orbit sekitar Bulan) mengunjungi lokasi syuting dan bertemu dengan beberapa bintang dalam film tersebut. Tak hanya itu, Collins dan keluarganya juga akan hadir sebagai cameo dalam First Man.

2. Kru Film Membuat Replika Kapsul dan Rumah Neil Amstrong

fakta first man

Courtesy of Universal Pictures

Walaupun Neil Amstrong telah meninggal pada tahun 2012 lalu, untuk menciptakan kembali kehidupannya dalam film, keluarganya maju untuk membantu Chazelle. Berkat dukungan suportif dari keluarga Amstrong, Chazelle bahkan berhasil mendapatkan cetak biru rumah Amstrong untuk dibuatkan replikanya dalam bentuk skala.

“Itu sangat hebat dapat menyaksikan anak-anak Neil, Rick dan Mark, datang ke rumah di mana mereka tumbuh dan melihat sampai mana kru mengerjakannya dengan tepat,” ungkap Gosling kepada EW.

Selain membuat replika skala rumah, replika lain yang dibuat adalah kapsul dan layar LED yang memutarkan rekaman luar angkasa untuk menggambarkan apa yang dilihat oleh astronot dari jendela. Adegan meninggalkan bumi tersebut diakui Chazelle sangat menantang.

“Itu membutuhkan berjam-jam untuk mendapatkan sedikit rekaman yang bisa digunakan, dan terkadang seharian berlalu tanpa ada satupun yang dapat digunakan,” ungkapnya.

3. Kolaborasi Kembali antara Damien Chazelle dan Ryan Gosling

fakta first man

Courtesy of Jun Sato/WireImage

Ini merupakan kolaborasi kedua antara Damien Chazelle dengan Ryan Gosling. Sebelum First Man, keduanya bekerja sama dalam film La La Land. Lewat film tersebut, Ryan Gosling menerima nominasi sebagai Aktor Terbaik dan Damien Chazelle memenangkan Sutradara Terbaik pada ajang Academy Awards 2017.

4. Digadang-gadang sebagai Calon Penerima Oscar

fakta first man

Courtesy of Universal Pictures

Tayang pertama kali pada Agustus lalu di Venice Film Festivals, First Man memperoleh respon yang positif. Tak pelak, film yang disutradarai oleh Damien Chazelle ini pun digadang-gadang sebagai film yang akan memperoleh nominasi pada ajang Oscar 2019. Beberapa media asing seperti Variety dan Vulture menyebutkan bahwa Claire Foy merupakan kandidat kuat untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik. Tak hanya itu, kedua media tersebut juga menyebut Ryan Gosling juga memiliki kemungkinan untuk memperoleh nominasi ketiganya pada ajang tersebut.

5. Memicu Kontroversi karena Sebuah Adegan

fakta first man

Courtesy of Alex Wong/Getty Images

Selain menerima respon positif usai penanyangannya di Venice Film Festival, First Man juga memicu kontroversi. Adapun kontroversi ini disebabkan oleh tidak adanya adegan aksi ikonik Buzz Aldrin menancapkan bendera Amerika Serikat di Bulan. Hal ini pun memicu banyak reaksi termasuk presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menolak menyaksikan film tersebut.

Damien Chazelle sendiri menyebutkan bahwa ia ingin fokus pada kisah Neil Amstrong yang tidak dilihat dan tidak diketahui sehingga adegan tersebut tidak menjadi pilihannya untuk hadir di dalam film.