Liburan Natal identik dengan film keluarga baru yang menghibur. Pekan ini, tepat di hari Natal, bioskop tanah air kehadiran film yang tepat untuk mengisi liburan yaitu Mary Poppins Returns. Mengambil latar waktu tahun 1930-an, tepat tiga dekade setelah film pertamanya, kisahnya akan mengikuti Mary Poppins (Emily Blunt), mantan pengasuh Jane (Emily Mortimer) dan Michael Banks (Ben Whishaw) yang kembali muncul setelah terjadinya sebuah tragedi.

Menjadi sekuel film Disney dengan jeda terpanjang yaitu 54 tahun, tentu banyak hal yang perlu diingat tentang Mary Poppins sebelum menonton sekuelnya. Apa saja sih? Simak di bawah ini!

1. Siapa Mary Poppins?

hal yang perlu diingat tentang mary poppins

Misterius merupakan kata yang cukup menggambarkan Mary Poppins (Julie Andrews). Pengasuh Inggris ini datang dengan Angin Timur di kediaman Banks, London secara tiba-tiba. Tidak diketahui siapa dirinya dan dari mana ia datang, Poppins hadir ketika dibutuhkan dan akan pergi ketika tugasnya telah selesai. Identik dengan topi dan payung burung beonya, dalam film pertamanya Poppins mengajarkan anak-anak Tuan Banks pelajaran berharga dengan sentuhan sihir.

Walaupun misterius, Poppins memiliki teman yaitu Burt (Dick Van Dyke) yang diyakini telah bertemu dengannya sebelum film orisinalnya. Pada sekuelnya, peran Mary Poppins diberikan kepada Emily Blunt. Kali ini, teman yang akan mendampinginya bukan lagi Burt melainkan sang murid, Jack (Lin-Manuel Miranda).

2. Jane dan Michael Banks

hal yang perlu diingat tentang mary poppins

Jane dan Michael Banks adalah anak yang membutuhkan pengasuh dalam film pertamanya. Tepat  ketika dibutuhkan, Mary Poppins hadir untuk mengambil pekerjaan tersebut. Kekuatan sihir yang dimiliki Poppins pun digunakan untuk membawa anak-anak Banks dalam berbagai petualangan mulai melayang ke langit-langit hingga masuk ke dalam gambar.

Di sekuelnya, kedua anak tersebut telah bertumbuh dewasa dan Michael Banks pun telah memiliki anak sendiri. Setelah ditinggal mati istrinya, Mary Poppins kembali datang tepat di depan rumahnya untuk mengasuh dan memberikan pengalaman ajaib kepada anak-anaknya.

3. Apa yang Terjadi di Film Pertamanya?

hal yang perlu diingat tentang mary poppins

Penyebab kehadiran Mary Poppins untuk menggunakan sihir adalah memperbaiki hubungan yang renggang antara Jane dan Michael dengan sang ayah, Tuan Banks (David Tomlinson). Bekerja sebagai eksekutif bank, Tuan Banks memiliki hidup yang sempurna di awal film berkat karirnya. Namun, di satu sisi kesibukannya pula yang menyebabkan ia tidak memiliki hubungan yang baik dengan anak-anaknya.

Sebagai orang yang disiplin, pada awalnya ia tidak menyukai suasana ceria yang dibuat Poppins, bahkan mengancam akan memecatnya. Walaupun demikian, Poppins mengubah ancaman tersebut menjadi kesempatan Tuan Banks membawa anak-anaknya ke bank dan mendekatkan diri.

4. Bank Fidelity Fiduciary 

hal yang perlu diingat tentang mary poppins

Tempat yang menjadi latar dari kejadian penting dalam Mary Poppins tidak lain dan tidak bukan adalah Bank Fidelity Fiduciary, yang juga merupakan di mana Tuan Banks bekerja. Dalam film sebelumnya, Michael Banks tanpa sengaja menyebabkan sang ayah dipecat dari bank tersebut.

Tidak jauh berbeda, film keduanya masih akan menggunakan bank tersebut sebagai latar karena Michael Banks yang telah berkeluarga bekerja sebagai teller paruh waktu di Bank Fidelity Fiduciary. Walaupun demikian, tidak diketahui sejauh mana bank akan terlibat penting di dalamnya.

5. Mr. Dawes

hal yang perlu diingat tentang mary poppins

Dalam film pertamanya, diperkenalkan dua karakter yaitu Tuan Dawes Sr. dan anak laki-lakinya, Tuan Dawes Jr. Dawes Senior sendiri merupakan pemimpin bank tempat Tuan Banks bekerja dan anaknya juga merupakan salah satu anggota eksekutif. Ketika dipecat, Tuan Banks mengucapkan lelucon kepada uan Dawes Senior yang menyebabkan pria tua tersebut meninggal karena tertawa.

Beberapa dekade kemudian, posisi pemimpin bank tersebut diberikan kepada Tuan Dawes Junior. Menariknya, karakter tersebut akan diperankan aktor yang sebelumnya memerankan peran sang ayah dalam film pertamanya, Dick Van Dyke (yang mana juga memerankan Bert). Karena ia merupakan orang yang menawarkan kembali pekerjaan untuk Tuan Banks ketika dipecat, ada kemungkinan bahwa dalam sekuelnya ia juga turut memegang peranan penting.