Loading...

Pokémon merupakan waralaba media tersukses di dunia. Pertama kali diciptakan tahun 1995 oleh Satoshi Tajiri, Pokémon telah hadir dalam berbagai media mulai dari serial televisi, video game, manga, hingga film. Pekan ini, film live-action pertamanya, Detective Pikachu hadir di bioskop. Adapun, film ini mengangkat kisah Tim Goodman (Justice Smith), anak laki-laki yang ayahnya menghilang tanpa jejak pada suatu hari. Ia pun bertemu mantan rekan ayahnya, Detective Pikachu (Ryan Reynolds) yang mengajaknya bekerja sama untuk memecahkan misteri tersebut.

Menyambut perilisannya, berikut 7 film Pokémon terbaik yang harus kamu saksikan sebelum menonton Detective Pikachu!

1. Pokémon: The First Movie – Mewtwo Strikes Back (1998)

film Pokémon terbaik

Film layar lebar pertama dari Pokémon, The First Movie berfokus pada kisah Mewtwo, hasil eksperimen laboratorium yang mana mengalami perlakuan buruk oleh manusia sehingga memutuskan untuk menghancurkan dunia dan menciptakan dunia baru hanya untuk Pokémon saja. Menjadi film tersukses di Jepang pada tahun perilisannya, Pokémon: The First Movie memiliki semua elemen yang diinginkan penggemar mulai dari pertarungan yang epik hingga adegan yang mengharukan.

2. Pokémon 2000 (1999)

film Pokémon terbaik

Tidak perlu waktu lama, satu tahun kemudian, film kedua Pokémon pun dirilis. Kali ini, petualangan Ash, Misty dan Tracey berlanjut ke pulau Shamouti di mana mereka menemukan tiga burung legendaris Pokémon, Moltres, Zapdos, dan Articuno. Di sisi lain, seorang kolektor bernama Lawrence III pun berusaha keras mencuri ketiga Pokémon tersebut untuk membangunkan Lugia. Walaupun tidak sesukses film pertamanya, Pokémon 2000 tetap berhasil menyajikan petualangan yang menghibur dan seru terlebih lagi dengan hadirnya Pokémon legendaris.

3. Pokémon 3: Spell of the Unown (2000)

Menjadi film pertama Pokémon yang ditayangkan di teater IMAX, kisahnya semakin luas dengan hadirnya Unown, mahluk misterius dan kuat yang mana menjadi antagonis yang luar biasa. Film ini berfokus pada Molly, seorang gadis yang ayahnya terkirim ke dimensi lain karena Unown. Ia pun tanpa sengaja memanggil Entei, dewa singa yang entah mengapa mengabulkan keinginan Molly. Menggunakan alegori dan sekuen mimpi untuk menceritakan kisahnya, film ini menghadirkan kisah tidak klise dengan menghadirkan karaker-karakter dengan latar emosional.

4. Pokémon 4Ever: Celebi – Voice of the Forest (2001)

Banyak film yang menggunakan perjalanan waktu dalam kisahnya termasuk Pokémon lewat seri keempatnya ini. Film ini diawali dengan seorang pelatih muda bernama Sam yang bertemu dengan mahluk hutan, Celebi. Pertemuan itu pun berlanjut dengan keduanya pergi ke 40 tahun kemudian guna menghindari pemburu. Perjalanan waktu tersebut pun mempertemukan keduanya dengan Ash, Brock, dan Misty. Menghibur serta memiliki pesan yang sederhana, akhir kisah yang mengejutkan pun menjadi nilai tambah untuk mengembangkan semesta Pokémon.

5. Pokémon: Destiny Deoxys (2004)

film Pokémon terbaik

Ash, May, Max, dan Brock mengunjungi sebuah kota dan bertemu dengan Tory, anak laki-laki yang menjadi takut kepada Pokémon setelah terjebak di antara pertempuran antara Pokémon luar angkasa, Deoxys dan Pokémon legendaris, Rayquaza. Kemunculan dua Pokémon ini mau tak mau pun membuat para penggemar girang terutama menyaksikan pertarungan keduanya yang tidak kalah spektakuler dengan seri lainnya.

6. Pokémon: The Rise of Darkrai (2007)

Pokémon kembali menghadirkan pertarungan karakter legendarisnya lewat The Rise of Darkrai. Ketika sebuah kota hancur oleh pertarungan Palkia dan Dialgia, kesalahan tersebut pun dilimpahkan kepada Darkrai, Pokémon yang menyebabkan mimpi buruk. Tentunya, lewat film ini penggemar diberikan sebuah pandangan baru lewat karakter Darkrai yang terlihat sebagai antagonis namun ternyata memiliki peran heroik dalam pertarungan Palkia dan Dialgia lewat sebuah petualangan yang cerdas dan juga menyenangkan.

7. Pokémon the Movie: I Choose You! (2017)

film Pokémon terbaik

Semakin lama sebuah waralaba berjalan, tentu tantangan untuk mempertahankan kisah yang menarik semakin sulit. Begitu pun dengan Pokémon. Walaupun demikian, film ke-20nya mampu menjadi salah satu yang terbaik. Film ini menceritakan asal mula pertemuan Ash dan Pikachu pertama kali serta petualangan awal keduanya. Walaupun kisahnya tidak mengedepankan adegan aksi yang luar biasa, film ini mampu menjadi momen nostalgia untuk para penggemar lamanya dan tentunya menarik penggemar baru.