Loading...

Scarlett Johansson merupakan salah satu aktris yang paling dikenal saat ini. Mengawali karir di dunia seni peran sejak usia yang cukup muda, Johansson pun telah membintangi berbagai proyek mulai dari drama hingga film aksi selama 25 tahun karirnya. Sering dipandang sebelah mata karena kecantikannya, Johansson sukses membuktikan kepiawaiannya dalam berakting lewat film-film yang dibintanginya. Tak heran, namanya pun kerap masuk Forbes sebagai salah satu aktris dengan berpenghasilan tertinggi.

Walaupun paling dikenal karena perannya sebagai Black Widow, 7 film terbaik Scarlett Johansson ini tidak boleh kamu lewatkan loh! Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini!

1. Ghost World (2001)

Mengawali karirnya sejak umur 9 tahun, nama Scarlett Johansson mulai dikenal ketika membintangi Ghost World. Diadaptasi dari buku komik berjudul sama karya Daniel Clowes, Ghost World fokus pada kisah Enid (Thora Birch) dan Rebecca (Johansson), dua anak remaja yang hubungan persahabatannya mulai terguncang ketika Enid mulai menaruh perhatian kepada Seymour (Steve Buscemi), dan bersemangat untuk membantu hubungan percintaannya.

Lewat film ini, ia mulai menunjukkan peralihan karirnya dari peran anak-anak menjadi peran yang lebih serius dan dewasa. Walaupun kurang sukses dari segi box office, jalinan ceritanya yang unik pun membawanya menerima nominasi Naskah Adaptasi Terbaik dari Academy Awards dan menjadi film cult.

2. The Avengers (2012)

Pertama kali bergabung dalam Marvel Cinematic Universe lewat Iron Man 2, penampilan Scarlett Johansson sebagai Black Widow mulai diperhitungkan dalam The Avengers. Walaupun tidak memiliki kekuatan super, Black Widow dalam film tersebut menunjukkan kemampuannya sebagai mata-mata yang tidak hanya bisa mengumpulkan informasi penting yang dibutuhkannya.

Merupakan film penutup fase pertama sekaligus yang menyatukan anggota orisinal Avengers, film ini dipuji berkat ceritanya yang mampu memberikan porsi yang sama banyak untuk setiap karakternya. Tak heran, film ini menjadi yang film MCU pertama mendulang $1 miliar dari peredarannya di seluruh dunia.

3. Lost in Translation (2003)

Lost in Translation merupakan film pertama dari Scarlett Johansson di mana ia memerankan peran dewasa. Disutradarai oleh Sofia Coppola, film ini mengikuti kisah Bob Harris (Bill Murray), aktor tua yang berteman dengan lulusan universitas Charlotte (Johansson) di sebuah hotel di Tokyo. Mengeksplorasi tema kesepian, insomnia serta gegar budaya, film ini dipuji berkat potret kisahnya yang tidak hanya menyentil namun juga menyentuh perasaan. Tak ketinggalan, jalinan kisahnya semakin menarik diikuti berkat penampilan apik dari kedua aktor utamanya, Murray dan Johansson yang tampil luar biasa alami.

4. Her (2013)

Her bisa dibilang sebagai salah satu penampilan terbaik dari Scarlett Johansson yang cukup unik. Pasalnya, dalam film ini, fisiknya sama sekali tidak hadir melainkan hanya suaranya saja. Memiliki suara yang cukup khas, dalam film yang disutradarai oleh Spike Jonze ini ia meminjamkan suaranya untuk karakter asisten virtual dengan kecerdasan artifisial yang membangun hubungan dengan Theodore (Joaquin Phoenix), pria kesepian dan introvert. Walaupun hanya suara, namun Johansson sukses menciptakan berbagai macam emosi mulai dari menggoda, ceria hingga emosional.

5. Under the Skin (2013)

Setelah berperan sebagai Black Widow, Scarlett Johansson pun mulai menjadi bintang aksi. Pada film Under the Skin, ia melakoni peran sebagai seorang perempuan dari dunia lain yang memburu para pria di Skotlandia. Walaupun tidak sukses di box office, film ini menerima pujian positif berkat kisahnya yang dalam serta visualnya yang memukau. Tentu, tak ketinggalan penampilan Johansson dalam film ini pun disebut salah satu yang terbaik dalam karirnya.

6. Lucy (2014)

Di tahun berikutnya, Johansson kembali menjadi bintang aksi lewat Lucy. Kali ini dalam film yang disutradarai oleh Luc Besson ini, ia berperan sebagai perempuan yang mendapatkan kekuatan psikonetik setelah sebuah obat terserap ke dalam tubuhnya. Walaupun mengutamakan aksi dibandingkan kualitas substansi ceritanya, Lucy menjadi salah satu film yang patut disaksikan berkat karisma Johansson sebagai bintang aksi serta gaya penyutradaraan Besson yang khas.

7.  Match Point (2005)

Disutradarai oleh Woody Allen, Match Point mengikuti kisah Chris Wilton (Jonathan Rhys Meyers), seorang pria yang status sosialnya terancam setelah ia berselingkuh dengan kekasih kakak iparnya (Scarlett Johansson). Tak hanya berperan sebagai perempuan dengan daya tarik karena kecantikannya, Johansson menunjukkan kepiawaiannya menampilkan emosi karakternya yang memiliki hidup yang rumit. Menerima pujian dari kritikus, film ini pun diakui oleh Allen sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuatnya.