Loading...

Jatuh cinta dengan sahabat sendiri bisa diibaratkan dengan pisau bermata dua. Di satu sisi, jika sahabatmu juga menyukaimu dan hubungan kalian berhasil, artinya kamu telah menemukan belahan jiwamu yang mengenal dan menerima apa adanya. Namun, di sisi lain hal itu juga bisa menjadi bumerang dan menjadikanmu terjebak dalam zona sahabat seperti yang terjadi dalam film Thailand yang dirilis pekan ini, Friendzone.

Film yang disutradarai oleh Chayanop Boonprakob ini, mengikuti kisah Gink (Pimchanok Leuwisetpaibon) dan Palm (Naphat Siangsomboon) yang telah bersahabat selama 10 tahun terakhir. Menaruh hati kepada Gink sejak lama, Palm pun terpaksa terjebak friendzone.

Nah, buat kamu yang mencari tontonan lain senada dengan film Thailand ini, berikut 10 film tentang friendzone yang juga harus kamu saksikan!

1. Just Friends (2005)

 

Disutradarai oleh Roger Kumble, Just Friends mengikuti kisah Chris Bander (Ryan Reynolds), yang berubah dari anak laki-laki gendut menjadi pria tampan mengunjungi rumahnya pada Natal. Dalam perjalanannya tersebut, ia bertemu kembali dengan cinta pertamanya dan teman baiknya, Jamie Palamino (Amy Smart). Setelah pernah ditolak dengan alasan hanya ingin menjadi teman, ia pun kembali mencoba melepaskan dirinya dari zona pertemanan (friendzone). Merupakan salah satu penampilan terbaik dari Ryan Reynolds, lewat film ini lah karirnya di Hollywood mulai diperhitungkan.

2. Teman Tapi Menikah (2018)

Berbeda dengan film lain yang kebanyakan fiksi, Teman Tapi Menikah merupakan adaptasi dari kisah nyata dari sepasang sahabat, Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion. Film yang disutradarai oleh Rako Prijanto mengikuti kisah keduanya mulai dari perkenalan mereka, menjadi sahabat, hingga akhirnya menikah. Selain sukses mengumpulkan 1.7 penonton, Teman Tapi Menikah juga sukses menjadi salah satu film Indonesia terbaik yang dirilis pada 2018 lalu.

3. You are the Apple of My Eye (2011)

Taiwan juga memiliki kisah friendzone yang diadaptasi dari kisah nyata lewat You are the Apple of My Eye. Selain kisahnya yang diangkat, Giddens Ko juga melakukan debut penyutradaraannya lewat film ini. Mengambil latar tahun 1994, film ini mengikuti kisah Ko Ching-teng (Kai Ko), seorang siswa nakal yang jatuh cinta dengan Shen-Chia-yi (Michelle Chen) setelah keduanya menjadi teman belajar untuk masuk ke universitas. Mendapat respon positif, film ini menikmati kesuksesan box office di Taiwan, Hong Kong dan Singapura.

4. Love, Rosie (2014)

Diadaptasi dari novel berjudul Where Rainbows End karya Cecelia Ahern, Love, Rosie mengikuti kisah Alex (Sam Claflin) dan Rosie (Lily Collins) yang telah menjadi sahabat baik sejak berumur lima tahun. Ketika berusia 18 tahun, Alex mencium Rosie untuk pertama kalinya dan menyadari perasaannya. Sayangnya keesokan harinya, Rosie mengatakan ia ingin melupakan hal itu dan membuat Alex merasa kata-kata itu berarti keduanya hanya sebatas teman. Terlepas dari kisahnya yang klise, Love, Rosie didukung chemistry kuat dari kedua bintang utamanya.

5. Love Forecast

Korea Selatan juga memiliki kisah friendzone lewat Love Forecast. Film ini mencoba menyorot hubungan laki-laki dan perempuan yang dianalogikan seperti cuaca. Guru Sekolah Dasar, Kang Joon-soo (Lee Seung-gi) telah bersahabat selama 18 tahun dengan reporter cuaca, Kim Hyun-woo (Moon Chae-won). Walaupun menaruh hati sejak lama, perasaan itu harus ditepisnya karena Hyun-woo dengan tegas menjelaskan ia tidak merasakan perasaan tertarik kepadanya. Mau tak mau, ia hanya bisa menyaksikan sahabatnya tersebut terlibat dalam hubungan cinta yang rumit.

6. Negeri Van Oranje (2015)

Jatuh cinta dalam persahabatan dua orang saja sudah rumit. Bagaimana jadinya jika terjadi di persahabatan antara empat orang laki-laki dan satu orang perempuan? Kisah itu lah yang diangkat ke dalam Negeri Van Oranje di mana empat sahabat cowok yang terdiri dari Banjar (Arifin Putra), Daus (Ge Pamungkas), Wicak (Abimana Aryasatya), dan Geri (Chicco Jerikho) yang jatuh hati pada Lintang (Tatjana Saphira).

7. (500) Days of Summer

Kisah (500) Days of Summer memang dimulai bukan seperti film friendzone lainnya di mana keduanya bersahabat dan salah satunya menyimpan rasa. Dalam film yang disutradarai oleh Marc Webb ini menyorot kisah 500 hari yang dialami tokoh utamanya, Tom (Joseph Gordon-Levitt) dengan Summer (Zooey Deschanel). Kisah cinta keduanya sayang harus berakhir dengan sang gadis hanya menganggap Tom sebagai teman saja. Menerima respon positif, (500) Days of Summer menjadi salah satu film drama yang kerap direkomendasikan pada hari kasih sayang.

8. On Your Wedding Day (2018)

Film korea lain yang mengangkat tema friendzone adalah On Your Wedding Day. Adapun film yang disutradarai Lee Seok-geun ini menyorot kisah kedua karakter Hwan Seung-hee (Park Bo-young) dan Hwang Woo-Yeon (Kim Young-kwang) yang menjadi sahabat setelah pura-pura berpacaran. Persahabatan keduanya selama 10 tahun tersebut pun mengalami banyak lika-liku dan pasang surut mulai dari kepindahan Seung-hee hingga keduanya bertemu lagi dengan situasi tidak terduga.

9. Heart (2006)

“Disini kau dan aku terbiasa bersama”, lagu tersebut tentunya cukup familiar bagi generasi yang telah remaja maupun dewasa pada masa perilisannya. Soundtrack yang dinyanyikan oleh Irwansyah dan Acha Septriasa ini berasal dari salah satu film drama romantis terkenal Indonesia, Hearts. Kisahnya sendiri fokus pada Rachel (Nirina Zubir) yang menyimpan rasa kepada Farrel (Irwansyah), sahabat dari kecil. Ketika Rachel mengetahui Farrel menyukai Luna (Acha Septriasa), ia pun mengubur perasaannya dan berpura-pura menyukai orang lain.

10. One Day (2011)

Setelah menghabiskan satu hari bersama, Emma (Anna Hathaway) dan Dexter (Jim Sturgess) memulai sebuah persahabatan yang bertahan sepanjang masa. Selama dua dekade kemudain, keduanya kerap melewati hari bersama pada tanggal 15 Juli. Film yang disutradarai oleh Lone Scherfig ini menyorot perjalanan keduanya menyadari hubungan keduanya.

Loading...