Pekan ini salah satu film Korea Selatan paling diantisipasiThe Battleship Island‘ telah tayang di bioskop. Film ini berkisah tentang usaha para penambang batu bara Korea Selatan untuk melarikan diri dari pulau Hashima pada masa penjajahan Jepang. Mengangkat masa kelam dan sensitif bagi warga Korea Selatan, film ini meraih respon positif baik dari segi kritik maupun penonton.

Dilansir dari Soompi, film yang disutradarai oleh Ryoo Seung Wan tersebut memecahkan rekor sebagai film Korea Selatan terlaris pada hari pertama penayangannya dengan mengumpulkan 970 ribu penonton. Tak hanya itu, The Battleship Island juga menjadi film pertama yang meraih 5 juta penonton dalam waktu 4 hari pada tahun 2017.

Walaupun demikian, hingga saat ini film yang dibintangi oleh Hwang Jung Min, So Ji Sub, dan Song Joong Ki belum bisa masuk ke dalam daftar 10 film Korea Selatan terlaris. Lalu, film apa saja sih yang ada di deretan film Korea Selatan terlaris? Ini dia daftar film Korea Selatan terlaris  per Agustus 2017, berdasarkan Korean Film Council:

10. Tidal Wave (2009) – $70,981,808

Posisi ke 10 dari film Korea Selatan terlaris diduduki oleh Tidal Wave. Film yang disutradarai oleh Yoon Je Kyoon ini merupakan film pertama asal Negeri Ginseng  yang mengusung tema bencana. Dibintangi oleh Sol Kyung Gu dan Ha Ji Won, Tidal Wave berkisah tentang tsunami yang akan mengancam pantai di Haeundae, Busan yang tiap tahunnya didatangi oleh satu juta pengunjung. Para pengunjung dan penduduk Haeundae hanya punya 10 menit untuk menyelamatkan diri.

9. The Attorney (2013) – $72,599,508

Selanjutnya, posisi ke-9 terdapat film yang disutradarai oleh Yang Woo Suk, The Attorney. Film ini berkisah tentang Song Woo Suk (Song Kang Ho), seorang pengacara sukses yang berusaha membantu pemuda dan teman-temannya yang diadili karena diduga sebagai simpatisan komunis.

Film yang dibintangi oleh Song Kang Ho, Kim Young Ae, dan Oh Dal Su ini terinspirasi dari kisah nyata “Burim Case” 1981 (masa kepemimpinan Chun Doo Hwan) ketika 22 orang anggota klub buku yang terdiri dari siswa, guru dan pekerja kantor dituduh sebagai pendukung Korea Utara dan ditangkap tanpa surat perintah.

8. Masquerade (2012) – $77,888,206

Menduduki posisi ke-8, terdapat film sejarah ‘Masquarade’. Dibintangi oleh Lee Byung Hun dan Han Hyo Joo, Masquerade merupakan interpretasi dari 15 hari yang hilang dalam Sejarah Dinasti Joseon pada masa pemerintahaan Raja Gwanghae – yang dirujuk dari catatan jurnalnya tahun 1616 yang bertuliskan “Seseorang tidak boleh menuliskan apa yang ingin disembunyikannya.”

Tak hanya sukses secara box office, film yang disutradarai oleh Choo Chang Min ini juga menyapu bersih dengan meraih 15 penghargaan 49th Golden Bell Awards termasuk kategori Best Film.

7. Miracle in Cell no. 7 (2013) – $80,099,240

Walaupun tidak dibintangi oleh bintang papan atas, Miracle in Cell no. 7 berhasil menduduki posisi ke-7 film Korea Selatan terlaris. Tak hanya itu, dengan biaya pembuatan minim yang hanya membutuhkan 1,7 juta penonton untuk break event point, film yang disutradrai oleh Lee Hwan Kyung ini berhasil meraih 12 juta penonton di Korea Selatan.

Mengusung kisah kekeluargaan yang hangat, Miracle in Cell no. 7 berkisah tentang seorang pria cacat mental yang walaupun tidak bersalah harus dipenjara yang harus dipenjara atas tuduhan pembunuhan. Ia pun berteman dengan para kriminal di selnya yang mana membantunya bertemu putrinya dengan membawa putrinya masuk ke dalam sel.

6. Train to Busan (2016) – $81,629,881

Posisi ke- 6 diduduki oleh film aksi-thriller zombie, Train To Busan. Disutradarai oleh Yeon Sang Ho, film ini mengambil latar tempat di kereta menuju Busan, yang mana tiba-tiba negara mengalami serangan zombie dan membahayakan seluruh masyarakat termasuk para penumpang di kereta.

Tak hanya sukses secara domestik, film yang dibintangi Gong Yoo, Jung Yu Mi, dan Ma Deong Seok ini menjadi film Korea dengan pendapatan tertinggi di Malaysia, Singapura dan Hongkong. Desember 2016, Variety memberitakan bahwa Train To Busan akan dibuat kembali dalam versi bahasa Inggris oleh studio Prancis, Gaumont.

5. The Thieves (2012) – $82,056,286

Posisi selanjutnya terdapat The Thieves, sebuah film drama pencurian karya sutradara Choi Dong Hoon. Dibintangi oleh para aktor papan atas asal Korea Selatan seperti Jun Ji Hyun, Kim Hye Soo dan Lee Jung Jae, tak heran film ini menduduki posisi ke-5.

Popie (Lee Jung Jae), Yeni Call (Jun Ji Hyun), Zampano (Kim Soo Hyun) dan Chewing Gum (Kim Hae Sook) adalah sekelompok pencuri profesional asal Korea Selatan. Suatu hari, mereka mendapatkan misi untuk mencuri berlian, The Tear of Sun yang bernilai 20 juta dollar. Dalam misinya, mereka bertemu dengan tim pencuri Hongkong dan memutuskan untuk bekerja sama. Nyatanya, masing-masing dari mereka memiliki agenda masing-masing untuk mencuri berlian tersebut.

4. Assasination (2015) – $86,259,711

Masih dari sutradara yang sama yaitu Choi Dong Hoon, Assasination menduduki posisi ke-4 film Korea Selatan terlaris. Tak hanya itu, film aksi mata-mata ini juga mempertemukan kembali Jun Ji Hyun dan Lee Jung Jae yang sebelumnya terlibat di film The Thieves.

Berlatar tahun 1930, Assasination berkisah tentang Yeom Seok Jin (Lee Jung Jae) merekrut tim terbaik pendukung kemerdekaan Korea, penembak jitu wanita, Ahn Ok-yun (Gianna Jun), ahli senjata Chu Sang-ok (Cho Jin-woong), dan ahli bahan peledak, Hwang Deok-sam (Choi Deok-moon) untuk melakukan misi pembunuhan penting.

3. Veteran (2015) – $92,132,514

Posisi ke-3 ditempati oleh karya Ryoo Seung Wan sebelum menggarap The Battleship Island yaitu Veteran. Film ini berkisah tentang detektif Seo Do Cheol (Hwang Jung Min) yang sedang melakukan investigasi pada suatu kasus menemukan bahwa konglomerat generasi ketiga Jo Tae Oh (Yoo Ah In) bermain belakang. Akibatnya, dengan koneksi dan kekayaannya, Jo berhasil kabur dari apapun yang dilakukan oleh detektif Seo untuk menangkapnya.

Berkat kesuksesannya, film ini dibuat remake oleh Tiongkok dan akan rilis pada 2017 ini. Selain itu, Ryoo Seung Wan juga mengonfirmasikan bahwa sekuel Veteran akan diproduksi dan direncanakan rilis pada 2018 mendatang.

2. Ode to My Father (2014) – $97,182,638

Kemudian, posisi ke-2 film terlaris ditempati oleh Ode to My Father. Disutradarai oleh Yoon Je Kyung, film ini menampilkan sejarah Korea pada tahun 1950 hingga sekarang lewat kehidupan pria biasa, yang mana ia mengalami berbagai peristiwa seperti Hungnam Evacuation pada tahun 1950 di masa Perang Korea, keputusan pemerintah untuk mengirim penambang dan perawat ke Jerman Barat pada tahun 60-an dan Perang Vietnam.

Film yang dibintangi oleh Hwang Jung Min ini juga meraih 10 penghargaan di 52nd Golden Bell Awards termasuk Best Film, Best Director dan Best Actor untuknya.

1.  The Admiral: Roaring Currents (2014) – $118,925,409

Dan posisi pertama untuk film Korea Selatan terlaris dimiliki oleh The Admiral: Roaring Currents. Diangkat dari kisah sejarah Battle of Myeongnyang, film ini dibintangi oleh Choi Min Sik sebagai Yi Sun Sin, komandan Angkatan Laut Korea. Pada tahun 1539, Yi Sun Sin memimpin 12 kapal yang tersisa melawan invasi 330 kapal Jepang dan meraih kemenangan heroik.

Disutradarai oleh Kim Han Min, film ini berhasil meraih 10 juta penonton dalam waktu 12 hari penayangannya sebelum pada akhirnya mengumpulkan total 17,6 juta penonton. Tak hanya itu, film ini menjadi film pertama yang melewati Avatar yang sebelumnya menduduki posisi pertama film terlaris di Korea Selatan dengan 13 juta penonton. Film ini juga menjadi Best Film pada ajang 51st Golden Bell Awards.