Membuat film yang merupakan adaptasi dari serial TV populer bukanlah hal baru. Fenomena ini telah berlangsung sejak lama. Selain telah memiliki fanbase yang kuat, pembuatan versi layar lebat juga dianggap sebagai ajang untuk mengenalkan karakter tersebut kepada penonton awam. Pekan ini, bioskop tanah air kehadiran salah satu film adaptasi dari serial TV populer yaitu Baywatch.

Dibintangi oleh Dwayne Johnson, Zac Efron dan Alexandra Daddario, film ini diadaptasi dari serial TV berjudul sama yang mengudara di NBC pada tahun 1989-2001. Disutradarai oleh Seth Gordon, film ini berkisah tentang Mitch Buchannon (Dwayne Johnson) dan rekan penjaga pantai lainnya yang berusaha mengungkap dan menangkap kriminal yang mengancam masa depan pantai mereka.

Mengadaptasi dari serial TV paling populer di masanya, Baywatch tentunya menjadi salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini. Tentunya Baywatch bukanlah serial pertama yang diadaptasi ke layar lebar. Nah selain Baywatch, berikut 10 film yang merupakan adaptasi serial TV:

1. Mission Impossible (1996)

Mission Impossible - film adaptasi dari serial tvMission Impossible - film adaptasi dari serial tv

Sebagai salah satu film adaptasi tersukses, Mission Impossible tentunya tak boleh tertinggal dari daftar ini. Berumur hampir 20 tahun, franchise yang dibintangi Tom Cruise ini merupakan adaptasi dari serial TV berjudul sama yang mengudara di CBS (7 musim; 1966-1973).

Walaupun dari segi cerita dan visual tidak lebih baik dari sekuel-sekuelnya, Mission Impossible merupakan film yang patut menjadi contoh untuk membuat film adaptasi dari serial TV. Selain gaya penuturan yang senada, film yang disutradarai Brian DePalma ini juga menghadirkan karakter dari serial televisinya, Jim Phelps (Jon Voight).

Selain meraih respon positif, film ini juga berhasil menduduki tangga box office pada pekan pembukanya dengan $11.8 juta. Adapun respon kurang baik diterima film ini dari pemain serial TVnya ketika karakter Jim Phelps yang merupakan tokoh utama dalam serialnya dijadikan antagonis dalam film ini.

2. The Fugitive (1993)

the fugitive- film adaptasi dari serial tvThe Fugitive - film adaptasi dari serial tv

Tetap menggunakan kisah original dari serial televisi tahun 60-an berjudul sama, The Fugitive bercerita tentang Dr. Richard Kimble yang berusaha mencari pria bersenjata yang membunuh istrinya dan menjebaknya sebagai pembunuh. Aspek ‘perjalanan sepi’ ditampilkan sutradara Andrew Davis untuk membuatnya menjadi lebih intens dan efektif.

Dibintangi oleh Harrison Ford, film ini tidak hanya berhasil memuaskan para penggemar serialnya namun juga penonton muda yang tidak mengetahui atau menyaksikan serial aslinya. Bahkan film ini juga berhasil memperoleh 7 nominasi Oscar termasuk Best Picture dan membawa pulang piala untuk kategori Best Supporting Actor  untuk Tommy Lee Jones.

3. 21 Jump Street (2012)

21JumpStreet - film adaptasi dari serial tv21 Jump Street - film adaptasi dari serial tv

Mengudara di Fox dari tahun 1979-1981, 21 Jump Street merupakan serial yang berkisah tentang sekelompok polisi muda yang menyamar untuk melakukan investigasi di sekolah, kampus dan berbagai area anak muda lainnya. Tahun 2008, Columbia Pictures pun mengiyakan bahwa proyek film dari serial TV yang dibintangi Johnny Depp ini dalam proses produksi.

Dibintangi oleh Channing Tatum dan Jonah Hill, film ini mengambil setting 20 tahun dari serialnya. Berhasil menawarkan nostalgia dan menghibur penonton, film ini pun sukses dari segi kritik maupun pendapatan. Film ini juga menghadirkan cameo dari Johnny Depp dan rekannya Peter DeLuise untuk memerankan kembali karakter Tom Hanson dan Doug Penhall.

4. Miami Vice (2006)

Miami Vice - film adaptasi dari serial tvMiami Vice - film adaptasi dari serial tv

Miami Vice merupakan film aksi kriminal yang berkisah tentang dua orang anggota Miami-Dade Police Department yang melakukan penyamaran untuk menangkap penjualan obat terlarang. Menariknya, film yang diadaptasi dari serial TV berjudul sama ini diarahkan dan ditulis naskahnya oleh Michael Mann yang juga merupakan executive producer dari serial televisinya.

Gaya pengarahan Mann dalam membawakan adegan aksi dan emosional disertai dengan performa solid dari Jamie Foxx dan Colin Farell meningkatkan kualitasnya dari hanya sebuah episode serial TV. Walaupun pada pekan pertamanya berhasil menduduki peringkat pertama box office, Miami Vice harus puas dengan perolehan $163 juta dari budget $ 135 juta.

5. The Brady Brunch Movie (1995)

The Brady Bunch- film adaptasi dari serial tvThe Brady Bunch- film adaptasi dari serial tv

The Brady Bunch merupakan salah satu serial TV paling dicintai dalam sejarah pertelevisian. 20 tahun berselang, serial televisi yang sebanyak 5 musim (1969-1974) ini pun dibuat dalam versi layar lebarnya. Film ini juga diproduseri oleh Sherwood Schwartz & Lloyd J. Schwartz, kreator original dari The Brady Bunch.

Film ini sendiri berkisah tentang keluarga Brady yang harus bekerja sama demi mencegah rumah kesayangannya dijual oleh agen real estate. Tayang tahun 1995, sutradara Betty Thomas melakukan pekerjaan yang hebat dengan berhasil menjembatani tahun 70-an dengan 90-an. Selain itu, penampilan terbaik tentunya jatuh pada Gary Cole yang memerankan karakter Mike Brody.

6. Sex and the City (2008)

Sex and the City- film adaptasi dari serial tvSex and the City- film adaptasi dari serial tv

Sebagai serial TV yang mengudara pada awal era 2000-an, versi film dari Sex and the City tentu terasa alami untuk dibuat daripada seri lawas lainnya. Terlebih jajaran kru dan bintang dari serialnya juga kembali pada versi layar lebarnya. Memotret tentang kehidupan percintaan dan seksualitas, film ini mengambil setting waktu 4 tahun dari episode terakhir serial ini.

Memperoleh kritik yang beragam, Sex and the City dianggap kehilangan identitas dalam transisinya ke layar lebar. Walaupun demikian, pendapatan film ini sangat memuaskan dan menjadi film komedi romantis dengan pendapatan tertinggi di Amerika Serikat pada tahun 2008.

7. Land of the Lost (2009)

land of the lost- film adaptasi dari serial tvland of the lost- film adaptasi dari serial tv

Sebagai salah satu serial Sabtu pagi populer, tak heran Land of the Lost (1974-1976) tak luput dari fenomena serial tv yang diangkat ke layar lebar. Dibintangi oleh Will Ferrell, Anna Friel dan Danny McBride, Land of the Lost versi film memiliki target penonton yang berbeda dari serialnya. Jika serialnya menargetkan anak-anak dan cenderung serius, versi filmnya menargetkan penonton dewasa dan bergenre komedi.

Hanya memperoleh $ 68 juta dari biaya pembuatan $ 100 juta, Los Angeles Times memasukkan Land of the Lost sebagai salah satu film termahal yang gagal di pasaran. Tak hanya itu kritik negatif pun tak luput dari film ini, Land of the Lost menerima 7 nominasi pada Golden Raspberry Awards termasuk Worst Picture dan memenangkan kategori Worst Prequel, Remake, Rip-off or Sequel.

8.  The Avengers (1998)

The Avengers- film adaptasi dari serial tvThe Avengers- film adaptasi dari serial tv

Membaca judul di atas, pasti yang terlintas di pikiran kamu adalah The Avengers (2012) produksi Marvel Studios. Sayangnya, The Avengers yang dimaksud disini adalah film tahun 1998 yang dibintangi oleh Uma Thurman dan Ralph Fiennes. Film ini merupakan adaptasi dari serial TV Inggris berjudul sama yang mengudara di ABC pada tahun 1961-1969.

Memiliki cast yang menarik tentunya membuat film ini wajib disaksikan terutama oleh fans berat TV Show tersebut. Sayangnya, film ini mengkhianati para penggemarnya dengan menolak hampir semua yang ada di serial televisi kecuali nama karakter dan pakaian ketat Mrs Peel. Film ini pun dianggap sebagai adaptasi yang buruk bahkan memperoleh predikat sebagai Worst Remake or Sequel dari Razzie Awards.

9. Bewitched (2005)

bewitched - film adaptasi dari serial tv bewitched - film adaptasi dari serial tv

Mengambil pendekatan adaptasi yang berbeda, Bewitched (2005) bercerita tentang seorang aktor, Jack Wyatt (Will Ferrel) yang akan membintangi remake dari serial televisi Bewitched. Ia menginginkan aktris tak dikenal untuk memerankan Samantha, sang penyihir. Tak disangka, Isabel Bigelow (Nicole Kidman) yang terpilih merupakan seorang penyihir asli.

Walaupun untuk penonton awam premis film ini menarik, namun bagi para penggemarnya hal tersebut mengecewakan. Kisah tersebut dianggap merusak apa yang menarik dari serial TV aslinya. Selain memperoleh kritik negatif, film ini juga gagal dari segi penjualan tiket. Lewat film ini, Nicole Kidman dan Will Ferrel memperoleh Golden Raspberry Awards untuk kategori Worst Screen Couple.

10. The Mod Squad (1999)

the mod squad- film adaptasi dari serial tvthe mod squad- film adaptasi dari serial tv

Pada masa penayangannya, serial TV “The Mod Squad” bukan hanya menjadi acara yang populer namun juga penting di masanya. Cerita mengenai trio remaja kriminal yang diminta kepolisian untuk melakukan penyamaran ini berfokus pada kisah yang multikultural. Hal ini pun membantu masyarakat Amerika untuk menerima budaya lain.

Tahun 1999, MGM pun memberikan wajah baru untuk The Mod Squad dengan membuatnya ke versi film. Sayangnya, Claire Danes, Giovanni Ribisi dan Omar Epps tidak mampu menyelamatkan film adaptasi dari serial TV ini dari bencana. Film yang disutradarai oleh Scott Silver ini mendapat kritik negatif mengenai jalan cerita klise dan editing yang buruk. Tak hanya itu, film ini juga gagal secara komersil dengan hanya meraih $15 juta dari biaya pembuatan $50 juta.