Paramount dan Hasbro tampaknya harus menelan pil pahit pekan ini. Pasalnya, film kelima dari franchise robot mereka, Transformers: The Last Knight hanya mampu meraih $ 8 juta di hari kedua pemutarannya, Kamis (22/6). Dilansir dari Variety, angka tersebut menjadikan film yang kembali diarahkan Michael Bay tersebut hanya mampu meraih pendapatan domestik sebesar $23.7 juta dari dua hari penayangannya.

Melihat hal tersebut, Transformers: The Last Knight diprediksi hanya akan meraih total $60 juta di lima hari pekan perdananya. Angka tersebut menjadikan film yang dibintangi Mark Wahlberg tersebut menjadi seri Transformers dengan raihan terendah di minggu pembukanya. Seri sebelumnya, Transformers: Age of Extinction mampu meraih angka $100 juta hanya dalam tiga hari pemutarannya (27-29 Juni).

Dengan budget sebesar $ 217 juta, tentunya hasil ini membuat Transformers: The Last Knight bergantung dari peredaran internasionalnya terutama China yang menjadi pasar terbesarnya. Pada pemutaran tengah malamnya, Transformers berhasil memperoleh $ 6.08 juta. Tentunya, perolehan ini tidak memuaskan mengingat Transformers merupakan franchise yang selalu menjadi juara box office di Negara Tirai Bambu tersebut.

Transformers juga memiliki penggemar yang berasal dari seluruh generasi. Hal ini dikarenakan serial TV Transformers merupakan salah satu program berkualitas tinggi yang tayang pada tahun 80-90an. Bahkan, mainan Transformers merupakan brand luar negeri pertama yang sukses di China.

Sayangnya, memasuki film kelima, hal tersebut tidak mampu menjamin keperkasaan Transformers: The Last Knight di box office China. Bagaimana tidak, selain hanya memperoleh 2/3 dari pendapatan Fast and Furious 8 ($ 9.1 juta), pemutaran midnightnya juga tertinggal dari Warcraft ($ 7.6 juta) and Furious 7 ($ 8.4juta).

Tak hanya dari segi pendapatan, film ini juga menerima respon negatif dan dianggap yang terburuk dari seluruh serinya. Film-film sebelumnya mampu meraih rating 7.1 atau lebih di situs kritik Douban.com. Sedangkan, film kelima ini hanya mampu berpuas diri dengan 5.2 dan angka tersebut masih terus menurun.

Ini bisa saja menjadi tanda bahwa franchise yang pertama kali hadir tahun 2007 ini sudah mulai mencapai titik jenuh untuk para penggemarnya. Walaupun demikian, Paramount masih berencana melanjutkan seri ini. Hingga saat ini ada dua film yang telah memiliki tanggal rilis yaitu spin-off Bumblebee pada 8 Juni 2018 dan Transformers 6 pada tahun 2019.

Yah, akankah franchise Transformers dapat bertahan nantinya? Kita lihat saja nanti!