Beberapa tahun belakangan, telah hadir banyak cinematic universe mulai dari Marvel Cinematic Universe hingga yang terbaru Dark Universe. Tak mau ketinggalan, genre horor pun memilikinya, yaitu semesta film horor milik James WanThe Conjuring Universe‘. Bahkan, melihat kesuksesan film-film sebelumnya, The Conjuring Universe diprediksi akan menjadi franchise horor terbesar.

Pekan ini, prekuel dari spin-off The Conjuring, Annabelle: Creation rilis di bioskop. Kehadiran film ini tentunya memperluas kisah dari The Conjuring Universe. Nah, buat kamu yang baru mulai mengikuti atau ingin tahu lebih lanjut mengenai The Conjuring Universe, berikut deretan film yang sudah tayang dan proyek masa dengan dari franchise horor ini:

The Conjuring (2013)

The Conjuring Universethe conjuring universe

Proyek film The Conjuring pertama kali dicetuskan 20 tahun sebelum film rilisnya rilis. Selama bertahun-tahun, proyek ini mengalami kesulitan untuk pembuatannya sebelum pada akhirnya pada tahun 2009, New Line Cinema mengambil proyek tersebut. Proses produksi pun mulai berjalan pada tahun 2011 dengan menempatkan James Wan di bangku sutradara.

The Conjuring dibuka dengan kisah Ed dan Lorraine Warrens (Patrick Wilson dan Vera Farmiga) membantu keluarga Perrons yang mengalami teror di rumah mereka di Rhode Island pada tahun 1971. Berkat keberhasilannya dalam menghadirkan kengerian dan rasa takut kepada penonton lewat gaya penceritaan horor rumah tua, The Conjuring menerima respon positif dan pendapatan box office yang memuaskan. Pendapatan tersebut menjadikannya sebagai salah satu film horor tersukses sepanjang masa.

The Conjuring 2 (2016)

The conjuring 2- The conjuring universeThe conjuring 2- The conjuring universe

Melanjutkan kisah Ed dan Lorraine Warrens, The Conjuring 2 mengangkat kasus Enfield Poltergeist, yaitu kasus keluarga Hodgson yang mengalami aktivitas poltergeist di rumah konsil mereka pada tahun 1977. Patrick Wilson dan Vera Farmiga kembali memerankan karakter dari pasangan penyelidik supranatural tersebut.

Kembali disutradarai oleh James Wan, sekuel dari The Conjuring ini juga mengikuti kesuksesan dari film pertamanya secara kritik maupun komersil. Tak hanya itu, spin-off dari karakter Valak dan The Crooked Man yang hadir dalam film ini akan hadir dan memperluas apa yang ada di dalam The Conjuring Universe.

Annabelle (2014)

annabelle- The Conjuring Universe annabelle-review_qaqy

Kepopuleran boneka Annabelle yang hadir dalam The Conjuring membawanya menjadi spin-off pertama dari The Conjuring Universe. Jika penampilannya dalam The Conjuring dan The Conjuring 2 kebanyakan hanya di dalam kotak kaca, Annabelle menampilkan asal mula boneka tersebut sebelum the Warrens muncul untuk mengunci kekuatan jahatnya.

Sayangnya, tidak seperti The Conjuring yang memperoleh respon positif, film yang dibintangi oleh Annabelle Wallis, Ward Horton, dan Alfre Woodard ini menerima kritik negatif. Walaupun demikian, film ini sukses secara box office dengan memperoleh pendapatan $256 juta dari biaya pembuatan yang hanya berkisar $6.5 juta.

Annabelle: Creation (2017)

Annabelle 2 - The Conjuring Universe maxresdefault (2)

Setahun setelah film pertama Annabelle rilis tepatnya Oktober 2015, sekuel dari film tersebut dikonfirmasi sedang dalam tahap pengembangan. Tak lama, film ini pun diumumkan akan menjadi prekuel dan menceritakan kisah Annabelle lebih jauh lagi dari awal dan menunjukkan asal usul sebenarnya dari boneka tersebut.

Di Annabelle: Creation, dikisahkan Annabelle adalah sebuah boneka yang dibuat oleh Dr. Mullin. Pada adegan pembukanya, ia mengerjakan boneka Annabelle pertama dan menandainya nomor satu dari seratus. Hal ini menjelaskan bagaimana boneka ini disebut sebagai koleksi langka di dalam film. Tak lama setelah dibuatnya boneka tersebut, anak perempuan Mullin pun meninggal secara misterius.

Memasuki minggu pertama penayangannya, Annabelle: Creation memimpin perolehan box office domestik dengan perolehan $35 juta. Selain itu, tidak seperti film sebelumnya yang menerima respon negatif, prekuel ini juga memperoleh respon cukup positif dan mengukuhkan posisi The Conjuring Universe sebagai franchise film horor.

PROYEK MASA DEPAN THE CONJURING UNIVERSE

nun the-crooked-man-comes-for-ed-warren-in-the-conjuring-2-image-blumhouse

The Conjuring 3 (TBA)

Kelanjutan kisah the Warrens tentunya menjadi salah satu yang paling diantisipasi dalam The Conjuring Universe. Saat ini, The Conjuring 3 juga sedang berada di dalam tahap pengembangan. James Wan mengungkapkan kepada Entertainment Weekly bahwa ia dan timnya bekerja keras untuk memastikan naskahnya baik dan pada tempatnya sehingga ia tidak ingin melakukannya dengan terburu-buru.

Walaupun demikian, dengan kesibukannya menggarap proyek film lain, ia dipastikan akan sulit untuk mengarahkan sekuel kedua The Conjuring tersebut. “Saya berpikir bahwa hal tersebut tidak realistik dengan jadwal saya,” ungkapnya pada EW. “Saya akan disibukkan dengan Aquaman untuk satu setengah tahun. Saya hanya tak bisa melihatnya sebagai kenyataan.”

The Nun (2018)

Setelah menghantui Lorraine Warrens dalam The Conjuring 2, karakter Valak akan kembali hadir dalam spin-off sekaligus film kelima dari The Conjuring Universe. The Nun akan bercerita tentang seorang biarawati, pastur, dan novisiat yang menyelidiki rahasia kelam dan menghadapi kekuatan jahat yang muncul bentuk biawarati iblis.

Mengingat karakter Valak yang sangat populer, tak heran proyek ini diprediksi akan berhasil. Bahkan sebelum filmnya rilis, James Wan mengungkapkan keinginannya untuk melanjutkan proyek sekuelnya The Nun 2.

“Saya tahu di mana, jika The Nun berhasil, The Nun 2 akan mengarah secara potensial,” ucapnya pada THR. “dan bagaimana kaitannya dengan kisah Lorraine yang telah kami bangun di The Conjuring akan membuatnya menjadi lingkaran penuh,” lanjutnya. 

Disutradarai oleh Corin Hardy, The Nun direncanakan akan rilis tahun 2018.

The Crooked Man (TBA)

Selain Valak, karakter lain dari The Conjuring 2 yang akan dibuatkan spin-off adalah The Crooked Man. Pada 14 Juni 2017, proyek terbaru dari The Conjuring Universe tersebut dilaporkan sedang dalam pengembangan dengan Mike Van Wes yang akan menulis naskah kisahnya berdasarkan pengerjaan kisah yang dibuat oleh James Wan.

Dalam wawancaranya dengan Entertainment Weekly pada awal Agustus kemarin, sutradara Aquaman tersebut juga mengungkapkan saat ini The Crooked Man masih di dalam tahap pengembangan dan akan menampilkan nuansa berbeda dengan “subgenre dengan sedikit dongeng hitam dan lebih aneh”.

“Apa yang ingin kami kerjakan dengan The Conjuring Universe adalah kami ingin setiap film kami memiliki rasa yang berbeda… Saya suka ide tersebut, di The Conjuring Universe, setiap film memiliki rasa sendiri, jadi dengan demikian film-film tersebut tidak akan terasa seperti film yang sama.”

Nah itu dia deretan film yang telah hadir dan akan tayang dalam The Conjuring Universe. Mana yang paling kamu suka? Ada yang paling kamu nantikan? Jangan lupa, Annabelle: Creation telah tayang di bioskop. Selamat menonton!