Kisah Newt Scamander kembali berlanjut di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. Sesuai judulnya, menyaksikan Fantastic Beasts tentu bukan hanya menantikan petualangan di dunia sihir, namun juga hewan fantastis apa saja yang bakal muncul di layar lebar. Terlebih jika mengingat bahwa buku aslinya merupakan sejenis ensiklopedia yang diceritakan sebagai buku pelajaran Harry Potter di sekolah Hogwarts.

Nah, buat kamu yang mau tahu apa saja hewan fantastis yang telah hadir dalam Seri Fantastic Beasts, simak pembahasannya di bawah ini:

Niffler

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Masih ingat dengan hewan fantastis yang mencuri perhiasan di sebuah toko dalam Fantastic Beasts and Where to Find Them? Yah, itu dia Niffler. Hewan kecil berbulu dan bermoncong panjang ini merupakan perpaduan antara tikus mondok dan platipus. Sama seperti tikus mondok, Niffler menggali tempat tinggalnya hingga kedalaman 20 kaki (6 meter) di bawah permukaan tanah.

Hewan penggali yang satu ini memiliki ketertarikan luar biasa kepada sesuatu yang bersinar sehingga ia akan mencuri apapun yang menarik perhatiannya dan memasukkan semuanya ke dalam kantong di perutnya. Menariknya, kantong di perutnya ini memiliki kapasitas yang tak terduga jika dilihat dari ukuran badan Niffler. Tak heran, Goblin sering kali memelihara Niffler untuk mencari harta karun. Walaupun memiliki sikap yang lembut dan terkadang bahkan penuh kasih sayang, kesukaannya pada benda bersinar ini bisa menjadi masalah besar. Maka dari itu, Niffler sangat tidak cocok dipelihara di dalam rumah.

Niffler juga kembali muncul dalam sekuelnya, Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald.

Baby Niffler

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Dalam Crimes of Grindelwald, tidak hanya Niffler yang akan muncul namun juga Baby Niffler. Sekali berkembang biak, Niffler bisa melahirkan hingga 8 bayi. Adapun, warnanya bisa beraneka ragam mulai dari warna tipikal seperti hitam, coklat, dan putih hingga putih abu dan tiga warna. Tentunya, insting mereka untuk mengejar barang-barang bersinar telah melekat sejak dini. Terlepas dari ukurannya yang kecil, kenakalannya tidak kalah dari orang tuanya.

Bowtruckle

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Merupakan mahluk penjaga pohon, Bowtruckle memiliki ciri-ciri seperti batang pohon dengan akar dan ranting dengan dua mata kecil berwarna coklat. Bentuk ini pun membuatnya cukup sulit ditemukan di area lingkungan hijau. Walaupun memiliki sifat yang sangat pemalu dan lembut, Bowtruckle akan melakukan segala cara demi melindungi rumahnya termasuk mencungkil mata si penebang kayu.

Bowtruckle memiliki kehidupan sosial yang cukup kompleks dan hanya tinggal di pohon yang memiliki kualitas untuk membuat tongkat sihir. Maka dari itu, dibutuhkan persembahan kutu kayu untuk menenangkannya sehingga penyihir dapat mengambil kayu untuk membuat tongkatnya. Keahliannya membuka kunci karena jari yang panjang dan tajam pun membuat Bowtruckle berharga tinggi di pasar gelap.

Dalam Fantastic Beasts and Where to Find Them, terdapat 6 Bowtruckle yang diperkenalkan. Adapun, Newt memiliki hubungan spesial dengan salah satu di antaranya yaitu Pickett yang kerap ia simpan di saku bajunya. Tubuh Pickett yang kecil tidak menghalanginya untuk menolong Newt di saat kesulitan.

Thunderbird

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Thunderbird merupakan seekor burung yang memiliki kepala seperti elang dan beberapa sayap yang sangat kuat dan bercahaya yang memiliki motif seperti awan dan matahari. Burung yang merupakan lambang dari sekolah Ilvermort (sekolah sihir di Amerika) ini memiliki habitat asli di Arizona. Newt diceritakan menyelamatkan Thunderbird dari seorang penyelundup dari Mesir.Yang kemudian olehnya, ia beri nama Frank. Sejak itu ia berjanji akan mengembalikan Frank ke habitat aslinya.

Swooping Evil

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Terlihat seperti perpaduan reptil dan kupu-kupu raksasa, Swooping Evil memiliki sayap berwarna hijau dan biru. Saat beristirahat, mereka akan terlihat seperti tidur dalam kepompong yang berduri. Hewan ini bisa dibilang cukup berbahaya karena memakan otak manusia. Tak hanya itu, hewan ini juga menghasilkan racun yang jika diolah dengan baik dapat menghapus kenangan buruk seseorang.

Demiguise

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Hewan pemakan tumbuhan pecinta damai ini memiliki penampilan mirip kera yang gemulai. Mampu membuat dirinya tidak terlihat ketika terancam, Demiguise baru pertama kali ditemukan di Timur jauh setelah mengalami banyak kesulitan. Hanya penyihir yang cukup mahir untuk menangkapnya yang bisa menemukannya saat ia melindungi diri.

Selain mampu menyembunyikan diri, Demiguise juga memiliki kemampuan melihat masa depan. Kulitnya pun bernilai tinggi karena bulu-bulu halus keperakannya tersebut dapat dipintal menjadi Jubah Gaib (invisibility cloak) seperti yang dimiliki oleh Harry Potter.

Occamy

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Ditemukan di Timur Jauh dan India, Occamy memiliki tubuh bersayap seperti ular dan berkaki dua. Walaupun memiliki panjang mencapai lima meter, hewan yang menyantap tikus dan burung-burung ini memiliki sifat choranaptyxic yang mampu membuatnya menjadi besar atau kecil sesuai dengan tempatnya berada.

Erumpent

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Jika dilihat dari jauh, penampakan Erumpent bisa dibilang terlihat seperti badak. Memiliki berat lebih dari satu ton, Erumpent memiliki kulit tebal yang membuatnya mampu menolak mantra-mantra yang diarahkan kepadanya. Hewan berkekuatan super asal Afrika ini tidak akan menyerang kecuali ada yang membuatnya marah. Tanduknya tidak hanya kuat menembus berbagai hal mulai dari kulit hingga metal, namun juga mengandung cairan yang bisa membuat apapun yang ditembusnya meledak. Hal ini pula lah yang menyebabkan populasinya cukup langka karena Erumpent jantan cenderung meledakkan sesamanya saat musim kawin.

Hewan yang satu ini bisa dibilang kehadirannya paling berkesan dalam film Fantastic Beasts and Where to Find Them. Newt pun melakukan tarian kawin guna menarik perhatiannya dan mengembalikannya ke tempat ia tinggal.

Nundu

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Bertubuh besar, Nundu merupakan hewan liar yang berasal dari Afrika. Disebut-sebut oleh berbagai pihak sebagai hewan paling berbahaya di dunia, dengan nafasnya Nundu mampu menyebabkan penyakit yang memusnahkan sebuah desa dalam sekejap. Akibatnya, untuk melumpuhkan hewan yang menyerupai macan tutul ini paling tidak dibutuhkan kerjasama antara 100 penyihir.

Graphorn

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Ditemukan di daerah-daerah pegunungan di Eropa, Graphorn memiliki tubuh besar berpunuk, dua tanduk panjang dan berjalan di atas kaki besar berjari empat. Bubuk tanduknya kerap digunakan untuk berbagai ramuan. Walaupun demikian, karena tempat persembunyiannya lebih sulit ditemukan daripada naga dan kebal terhadap mantra, bubuk tanduk Graphorn memiliki nilai yang sangat mahal.

Billywig

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Serangga asli Australia ini memiliki bentuk seperti lebah dan bulu berwarna safir. Uniknya, berbeda dengan serangga lainnya, sayap Billywig terletak di kepalanya. Korban yang digigit olehnya akan mengalami perasaan pusing hingga melayang. Bahkan, jika terlalu banyak gigitan, ia akan melayang secara tidak terkontrol hingga satu hari bahkan lebih. Terkadang, reaksi alergi yang akut pada beberapa korbannya akan menyebabkan ia melayang selamanya.

Zouwu

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Zouwu merupakan hewan buas yang memiliki tubuh sebesar gajah dengan tubuh bermotif garis, empat taring dan cakar yang panjang nan tajam. Berhabitat asli di Tiongkok, Zouwu tidak hanya memiliki kekuatan yang luar biasa namun juga kecepatan yang membuatnya mampu bepergian dengan jarak 1000 mil sehari. Dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, Zouwu ditangkap oleh Skender, yang mana merupakan pemilik dari Circus Arcanus dan memiliki luka-luka karena disiksanya.

Thestral

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Thestral memiliki tubuh seperti kerangka dan bersayap kuat. Memiliki warna hitam, Thestral hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang telah menyaksikan sebuah kematian. Dalam The Crimes of Grindelwald, Thestral akan digunakan sebagai hewan yang membawa kereta kuda untuk membawa Grindelwald kabur dari MACUSA. Tak hanya tidak mudah dilihat, hewan ini juga tidak bisa dilacak oleh Kementrian Sihir.

Kelpie

hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Sesuai namanya, Kelpie merupakan mahluk yang hidup di dalam air, di mana ia berkamuflase seperti sebuah kelp yang panjang dan tebal. Kelpie memiliki kekuatan yang luar biasa dan gigitan parah sehingga sulit dijinakkan. Walaupun demikian, ketika ia berhasil dikekang, ia akan menjadi mudah dikendalikan sehingga dapat menjadi transportasi air yang sangat cepat.

Firedrake

Hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Firedrake memiliki rupa seperti kadal terbang dengan antena yang panjang. Walaupun dapat dikira sebagai naga, Firedrake tidak menghebuskan api melainkan mengeluarkan percikan dari ujung ekornya yang mampu menyebabkan apapun yang terbakar dengan api berkobar.

Augurey

Hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Augurey memiliki rupa seperti burung hantu dengan kuku tajam, paruh bertanduk dan wajah yang ekspresif. Di kepalanya ia memiliki rambut panjang yang berdiri sendiri. Ekornya yang panjang berwarna hijau gelap dengan diseling dengan warna ungu dan hijau plum.

Matagot

Hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Matagot memiliki bentuk yang cukup familiar seperti kucing Sphinx tanpa bulu. Di Prancis mereka digunakan untuk mengerjakan pekerjaan ringan termasuk menjadi pegawai di ruang surat dan menyiapkan keamanan untuk departemen lainnya. Matagot tidak akan menyerang kecuali diprovokasi. Namun, jika terganggu ia akan berubah menjadi sesuatu yang jauh berbahaya dan mengancam.

Leucrotta

Hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Memiliki kemiripan dengan rusa besar dengan tanduk bergerigi panjang, Leucrotta terlihat cukup normal. Namun hal itu hanya sampai ia membuka mulutnya yang sangatt besar terlepas dari besar kepala dan wajahnya. Saking besarnya, kepala hingga bahu Newt dan asistennya Bunty muat di dalamnya ketika mereka membersihkan gigi Leucrotta.

Kappa

Hewan fantastis dalam seri Fantastic Beasts

Monster air dari Jepang yang tampak seperti monyet yang bersisik ikan. Mahluk yang memiliki lubang di kepala untuk membawa air ini tinggal di kolam dan sungai dangkal. Walaupun minum darah manusia, Kappa bisa dibujuk untuk tidak melukai seseorang jika dilempari mentimun yang bertuliskan nama orang tersebut. Saat bertarung dengan Kappa, penyihir harus menggunakan berbagai tipu muslihat yang membuat air di kepalanya tumpah dan melenyapkan semua kekuatan Kappa.