Sejak pertama kali muncul di komik, Deadpool memang merupakan karakter yang berbeda dari superhero kebanyakan. Tak hanya dikenal dengan kebiasaan breaking 4th wall, kisah alter ego dari Wade Wilson ini juga sering memasukkan easter eggs dan referensi pop culture di dalam kisahnya.

Tentunya, perlakuan yang sama juga terjadi pada Deadpool 2. Dalam film yang disutradarai oleh David Leitch tersebut terdapat puluhan bahkan lebih easter eggs dan referensi pop culture di dalamnya. Mulai dari film klasik, lagu hingga karakter superhero lain, berikut kumpulan easter eggs dan referensi pop culture yang muncul di Deadpool 2!

SPOILER ALERT: Artikel di bawah ini mengandung spoiler film Deadpool 2. Jadi buat kamu yang belum menyaksikan dan takut terkenal spoiler bisa kembali nanti! 

1. Wolverine/Logan

Sejak film pertamanya, Deadpool dikenal sering menyinggung karakter Wolverine. Tak hanya itu, Ryan Reynolds sendiri kerap pun mengungkapkan keinginannya untuk melakukan crossover dengan karakter tersebut. Adapun demikian, berikut beberapa adegan yang menyinggung Wolverine/Logan:

  • Pada adegan pembuka, Deadpool menyebut film Logan mengikuti film solonya menjadi R-Rated. Lebih lanjut, ia berkata “F**k, Wolverine!” karena Logan membawa R-Rated semakin jauh dengan mati pada film tersebut.
  • Dalam dialog tersebut, terdapat miniatur Wolverine ketika ia mati di Logan.
  • Pada saat pendaratannya ketika terjun dari pesawat, ia masuk ke rumah melalui jendela. Kemudian, ia menandatangani kotak sereal bergambar Wolverine dengan Ryan Reynolds.
  • Di credit scene, terdapat adegan yang diambil dari X-Men Origins: Wolverine yang menampilkan Deadpool membunuh karakternya dalam film tersebut untuk merapikan timeline.

2. X-Men

  • Deadpool duduk di kursi roda milik Profesor X sambil menggunakan Cerebro. Ia juga menyebut bahwa bau Cerebro seperti Patrick Stewart (pemeran Profesor X).
  • Ketika berada di X-Mansion, ia berkata mengapa studio tak mengirim X-Men baru selain Cable dan Negasonic Teenage Warhead, tak lama terlihat sekumpulan X-men di ruangan belakang Deadpool sebelum pada akhirnya Beast menutup pintu diam-diam.

3. Bambi

  • Deadpool menjelaskan bahwa Deadpool 2 merupakan film keluarga karena semua film dengan genre tersebut diawali dengan pembunuhan yang sadis. Contohnya Bambi.

4. The Lion King

Selain menyebutkan Bambi, ia juga menyebut film Disney lainnya; The Lion King sebagai contoh film keluarga yang diawali dengan pembunuhan yang sadis.

6. 9 to 5

Lagu yang berjudul sama dengan filmnya ini menjadi pengiring lagu ketika Deadpool membunuh para penjahat di seluruh dunia. Tak lupa ia pun mengatakan ‘Hit it Dolly’ sebagai penghormatan untuk penyanyinya, Dolly Parton.

6. Yentl

Ketika ia menonton film dengan Vanessa, ia memutar film yang dibintangi Barbra StreisandYentl.

7. Frozen

Ia menyebut bahwa Do You Wanna Build a Snowman memiliki nada yang sama dengan lagu Papa, Can You Hear Me dari film Yentl.

8. Batman 

  • Ketika Deadpool pulang bertemu Vanessa, ia mengatakan alasannya terlambat pulang adalah karena ia menghadapi petarung berjubah yang secara kebetulan memiliki ibu bernama Martha. Kalimat ini merupakan referensi dari film Batman V Superman: Dawn of Justice.
  • Ketika Cable bertanya kepada Deadpool siapa dirinya, ia menjawab “I’m Batman”.

9. James Bond

Adegan opening credit scene dari Deadpool 2 dengan lagu Ashes dilakukan dengan gaya opening dari James Bond.

10. Flashdance

Di tengah opening credit, Deadpool berpose dengan gaya dari film Flashdance.

11. John Wick

Nama sutradara pada kredit pembuka ditulis sebagai ” dari seseorang yang membunuh anjing John Wick”. David Leitch merupakan co-director dari film pertama John Wick.

12. Sabrina the Teenage Witch

Deadpool memanggil Negasonic dengan sebutan Sabrina The Teenage Witch.

13. Harry Potter

Ketika baru tiba di penjara, Wade bertanya apakah ada topi yang akan menentukan sel mana yang sesuai dengannya seperti Harry Potter saat masuk ke sekolah penyihir.

14. Les Miserables

Nomor penjara dari Russel adalah 24601 yang mana juga merupakan nomor sel dari Jeal Valjean dari Les Miserables (2012).

15. Say Anything

Deadpool berdiri di depan X-Mansion dengan musik ketika meminta maaf kepada Colossus seperti adegan dalam film Say Anything.

16. Top Gun

Di dalam taksi, Deadpool mengatakan “Bicara padaku, Goose” kepada Dopinder.

17. Interview with the Vampire

Dopinder yang ingin menjadi pembunuh kontrak mengatakan kepada Deadpool keinginannya seperti Claudia (Kirsten Dunst) yang setelah mencoba darah mengucapkan “Aku ingin sedikit lagi”.

18. The Terminator

Pada adegan kejar-kejaran mobil, Deadpool berteriak, “Serahkan anak itu, John Connor” ketika Cable akan membunuh Russell.

19. Winnie the Pooh

Ketika ia sedang menumbuhkan kakinya, Wade hanya memakai baju dan menyebut dirinya dalam mode Winnie the Pooh.

20. Basic Instict

Cara Wade menyilangkan kakinya seperti Catherine Tramell (Sharon Stone) dalam Basic Instict. 

21. Star Wars

  • Wade mengklaim bahwa setiap anak memiliki nasib akan berubah seperti ayahnya, seperti di Star Wars.
  • Ia juga menyatakan bahwa mereka juga ditakdirkan tanpa sengaja berhubungan seks dengan saudara kembar perempuannya di belakang layar.

22. Superhero Marvel

  • Deadpool memanggil Dopinder sebagai Brown Panther.
  • Deadpool juga memanggil Domino dengan sebutan Black Black Widow.
  • Deadpool menghentikan Cable bicara dnegan mengatakan Diam Thanos. Josh Brolin merupakan pemeran Cable dan Thanos.
  • Memiliki tangan besi, Deadpool menyebut Cable dengan sebutan orang tua bawel dengan tangan Winter Soldier.
  • Ketika bertarung dengan Juggernaut, Deadpool mencoba menghentukannya dengan mengatakan “matahari mulai terbenam (the sun is getting low), seperti yang dikatakan Black Widow untuk menenangkan Hulk.
  • Kehilangan kekuatan supernya ketika dipasangi alat pada lehernya, Deadpool menyebut dirinya jika diberi panah dan busur akan menjadi Hawkeye.

23. DC Extended Universe

Wade berkata kepada Cable bahwa ia terlalu kelam dan menanyakan apakah ia yakin ia tidak berasal dari DC Universe.

24. The Time Traveler’s Wife

Weasel memanggil Cable dengan sebutan “The time traveller’s wife husband.”

25. My Little Pony

Deadpool menyebut Yukio dengan sebutan Pinky Pie, salah satu karakter dalam My Little Pony.

26. Passion of Christ

Passion of Christ merupakan film R-Rated dengan pendapatan domestik tertinggi. Namun, Deadpool menjuarai pasar internasional untuk kategori tersebut. Dalam Deadpool 2, ia mengatakan bahwa Deadpool unggul di luar negeri, di tempat tanpa agama.

27. Stranger Things

Pada adegan kredit, Deadpool menyebut Negasonic sebagai Eleven dari Stranger Things ketika ia dan Yukio memperbaiki mesin waktu milik Cable.

28. Sharknado

Ketika mengetahui Cable berasal dari masa depan, Deadpool bertanya sudah sampai mana Sharknado di masa depan.

29. Cool Runnings

Pada salah satu adegan ketika Deadpool mati, ia berkata di setiap film, ada sebuah momen ketika tokoh utama jatuh ke dasar. Di Cool Runnings, yaitu ketika papan luncur milik John Candy rusak.

30. The Human Centipede

Yang mana dilanjutkan dengan, “Di Human Centipede, ketika orang-orang menandatangani untuk membintangi film tersebut.”.

31. Annie

Lagu soundtrack Annie berjudul Tomorrow dimainkan di vynil ketika keluarga Cable dibunuh. Dan ketika Cable menembak Deadpool dan ia mati, lagu tersebut diputar kembali.

32. The Goonies

Deadpool memberitahu kepada Cable, “berikan tembakan terbaikmu, One-Eyed Willie.” Ini merupakan referensi kepada peran Josh Brolin pada film The Goonies.

33. Felicity

Ketika disiksa oleh Cable, Weasel mengaku bahwa ia tidak tahan dengan rasa sakit, bahkan ia menangis ketika serial TV Felicity dibatalkan.

34. Fox & Friends

Ketika Negasonic memperkenalkan Yukio sebagai pacar barunya, Deadpool mengejek dengan menyebutnya Fox & Friends.

35. Green Lantern

Pada adegan kredit scene, Deadpool pergi ke masa lalu dan membunuh Ryan Reynolds ketika ia sedang memegang skrip Green Lantern.

36. Adventure Time

Ketika Deadpool akan meninggal usai ditembak Cable, ia memberikan jam tangan Adventure Timenya untuk Domino.

37. Cher

  • Kepada Vanessa, ia mengatakan ingin memiliki anak dengan satu suku kata seperti Cher.
  • Di adegan kredit, Wade kembali ke malam Vanessa dibunuh dan menggagalkan hal tersebut. Diiringi lagu Turn Back Time milik Cher, ia berkata akan memberi nama anaknya Cher.

38. George Michael

Sepeninggalan Vanessa, Wade berkata kepada Weasel, “George Michael benar, aku tidak akan pernah menari lagi. Dia telah meninggal juga.”

38. David Bowie

Ia pun melanjutkan komentarnya dengan, “Paling tidak kita masih memiliki Bowie.”

40. Josh Brolin

Deadpool mengejek tinggi Brolin dalam film dengan menggambarkan Cable, “sangat pendek,, 5’11”, tidak seperti di komik.

41. Jared Kushner

Deadpool menyebut salah satu penjaga abusif di Essex School sebagai Jared Kushner, menantu dari Donald Trump.

42. Robocop

Colossus mencoba menggunakan kalimat ikonik dari Robocop (1987), “Kesini dengan baik-baik, atau akan ada masalah.” (Come quietly, or there will be trouble)

43. Matthew McConaughey

Ketika Blind Al berkata kepada Deadpool “Kamu hanya perlu melanjutkan hidup,” usai kematian Vanessa.  Dia pun mengucapkan terima kasih kepada kata-kata berharga Matthew Conaughey tersebut.

44. Dave Matthews

Ketika Bedlam bergabung dengan X-Force, ia berkata kekuatannya dapat menyebabkan kepanikan, kebingungan dan rasa sakit. Mendengar pernyataan tersebut, Deadpool menjawab, “Jadi kamu secara mendasar adalah Dave Matthews.”

45. Beyonce

Deadpool berkata, “Seperti Beyonce katakan, ‘Tolong, tolong berhenti selingkuh dariku.’ (lirik lagu Lemonade.

46. This is Spinal Tap

Senjata masa depan milik cable memiliki angka yang sama dengan apa yang ada di This is Spinal Tap. 

47. Justin Bieber

Ketika Russel berhadapan dengan X-Men yang berusaha menenangkannya, ia berteriak, “Mundur atau Justin Bieber (menyebut Negasonic) mati.

48. Tupac Shakur dan Ice Cube

Russell menggambarkan persahabatannya dengan Juggernaut seperti milik Tupac Shakur dan Ice Cube.

49. Taylor Swift

Ketika berada di X-Mansion, kaos yang dipakai Deadpool bergambar dua kucing Taylor Swift, Meredith dan Olivia.

50. Just Friends

Desain baju tersebut berasal dari film Ryan Reynolds, Just Friends.

51. Mario Lopez

52. Dubstep

Deadpool bertanya kepada Cable apakah Dubstep masih populer di masa depan.

53. Stan Lee

Saat Domino akan mendarat, sekilas terlihat dinding dengan grafitti bergambar muka Stan Lee.

Cameo

54. Brad Pitt

Ketika Vanisher tersetrum, terlihat bahwa aktor yang memerankan tokoh tersebut adalah Brad Pitt.

55. Alan Tudyk

Ketika Cable baru sampai di masa kini, ia bertanya kepada dua pria tentang tahun berapakah ia tiba. Salah satunya adalah Alan Tudyk.

56. Matt Damon 

Satu lagi aktor yang hadir adalah Matt Damon. Memakai nama samaran dan makeup yang cukup tebal, menjadikan aktor tesbeut tidak dapat dikenali. Dalam Deadpool 2, ia dikreditkan dengan nama Dickie Greenleaf, identitas yang ia curi dari Jude Law pada film The Talented Mr Ripley.