Sejak perilisan film pertamanya pada tahun 1977, Star Wars merupakan sebuah franchise besar dan sukses mengenai petualangan berbagai karakter di galaksi pada masa yang sangat lampau. Diciptakan oleh George Lucas, Star Wars mengambil latar tempat di galaksi fiksional di mana banyak spesies alien (kebanyakan humanoid) tinggal bersama.

Dalam Star Wars dikisahkan bahwa ada kekuatan spiritual dan mistis bernama “The Force” yang merupakan energi yang dibuat oleh mahluk hidup yang mengelilingi dan menembus kita serta mengikat galaksi bersama. Individu yang terlahir memiliki ikatan kuat dengan The Force akan memiliki refleks yang lebih baik lewat meditasi dan latihan.

Telah berjalan selama 40 tahun, hingga saat ini Star Wars memegang gelar sebagai film dengan merchandise paling sukses dari Guinness World of Record. Tak hanya itu, total aset Star Wars yang mencapai $ 42 miliar menjadikannya franchise tersukses kedua setelah Pokemon.

Pekan ini film terbaru Star Wars: The Last Jedi telah dirilis dan untuk menyambut perilisannya kali ini Movieden akan membahas film Star Wars dari masa ke masa. Yuk, simak di bawah ini!

ORIGINAL TRILOGY

Pada tahun 1971, George Lucas diminta untuk menyutradarai dua film oleh Universal Pictures. Setelah menyelesaikan American Graffiti, Lucas pun memulai naskah untuk film keduanya, namun sayang hal tersebut ditolak. 20th Century Fox pun setuju berinvestasi pada naskah tersebut.

Merasa frustasi karena cerita buatannya sulit dimengerti, ia pun memulai menulis 13 halaman skrip dengan paralel tematik dengan The Hidden Fortress (Akira Kurosawa), draft ini ia beri nama Star Wars. Berbagai perubahan pun terjadi sebelum pada akhirnya menjadi skrip film orisinalnya.

Plot dari original trilogy  Star Wars berpusat pada Galactic Civil War yang terjadi karena Rebel Alliance ingin membebaskan galaksi dari cengkraman Galactic Empire serta perjalanan Luke Skywalker untuk menjadi seorang Jedi.

Star Wars: A New Hope – Episode IV (1977)

Film Star Wars dari Masa ke Masa Film Star Wars dari Masa ke Masa

A New Hope merupakan film pertama yang mengawali franchise Star Wars pertama kali. Luke (Mark Hamill), seorang anak petani biasa yang tanpa sengaja menemukan droid dengan pesan dari putri Leia (Carrie Fisher) untuk Obi-Wan Kenobi (Alec Guinness), tetangganya yang ternyata adalah seorang Jedi.

Keduanya pun merekrut Han Solo (Harisson Ford) dan rekannya Chewbacca untuk membantu mereka mengirimkan cetak biru yang dicuri di dalam R2-D2 ke Rebel Alliance dengan harapan menemukan kelemahan ke stasiun ruang angkasa yang menghancurkan planet Empire: the Death Star. The Rebels pun berhasil menghancurkan Death Star pertama.

Dalam film yang disutradarai dan ditulis oleh George Lucas ini, Obi-Wan juga mengungkapkan bahwa ayah Luke bernama Anakin Skywalker dan ia dibunuh oleh Darth Vader. Selain itu, ia juga mengajarkan Luke menggunakan The Force dan memberikan lightsaber peninggalan Anakin kepada Luke untuk dijaga. Sayangnya, Obi-Wan harus terbunuh setelah bertemu kembali dengan Darth Vader.

Star Wars: The Empire Strikes Back – Episode V (1980)

Film Star Wars dari Masa ke Masa Film Star Wars dari Masa ke Masa

Menyusul kesuksesan film pertamanya, 3 tahun kemudian kisah Star Wars pun berlanjut dalam The Empire Strikes Back. Galactic Empires di bawah pimpinan Darth Vader melakukan pengejaran terhadap Luke Skywalker dan anggota Rebel Alliance. Sedangkan Luke sendiri, di bawah bimbingan Master Jedi, Yoda mempelajari lebih lanjut mengenai The Force. Sayangnya, ketika teman-temannya ditangkap oleh Darth Vader ia pun menghentikan latihannya untuk menyelamatkan mereka.

Pada film yang disutradarai oleh Irvin Kershner ini, kisah Star Wars pun semakin kompleks dan gelap. Tak hanya itu, dari seluruh film Star Wars, seri kedua ini memperoleh kritik paling positif. Terlebih mengingat adanya pengungkapan paling mengejutkan dalam sejarah ketika Darth Vader mengatakan bahwa dirinya adalah ayah dari Luke Skywalker.

Star Wars: Return of the Jedi – Episode VI (1983)

Film Star Wars Masa ke Masa Film Star Wars Masa ke Masa

Sama seperti Empires Strikes Back, George Lucas menolak menyutradarai seri ini dan pada akhirnya memilih Richard Marquand. Merupakan film ketiga dan penutup dari original trilogy, awalnya seri ini sempat diberi judul Revenge of the Jedi pada saat teaser trailernya dirilis. Namun, karena kata revenge dianggap kurang pantas mengingat seorang Jedi tidak seharusnya membalas dendam maka judulnya kembali ke Return of the Jedi.

Star WarsReturn of the Jedi dimulai dengan usaha untuk menyelamatkan Han Solo dari istana milik Jabba the Hut. Selain itu, the Rebellion telah memasuki pertempuran final dengan Empire untuk mencegah mereka menyelesaikan Death Star lainnya.

Di saat Vader berusaha mengajak Luke untuk ke sisi gelap, yang terjadi adalah Vader yang kembali ke sisi terang dan membunuh Emperor. Sayangnya, dalam proses tersebut akibatnya Darth Vader mati dalam pelukan Luke. Kematian Emperor pun mengakhiri dominasi Imperial di galaksi.

PREQUEL TRILOGY

Setelah kehilangan  banyak kekayaannya akibat perceraiannya pada tahun 1987, George Lucas tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan Star Wars dan secara tidak resmi membatalkan sequel trilogy Star Wars. Namun, kemajuan teknologi pada akhir 80-90an membuatnya terkesan dan membuat dirinya mempertimbangkan untuk membuat materi 20 tahun miliknya.

Plot dari prequel trilogy  yang semuanya disutradarai leh George Lucas ini berpusat pada kejatuhan Galactic Republic serta tragedi dari Anakin Skywalker yang memutuskan pergi ke sisi gelap.

Star Wars: The Phantom Menace – Episode I (1999)

Film Star Wars Masa ke Masa Film Star Wars Masa ke Masa

Mengawali prekuel dari original trilogy Star Wars, The Phantom Menace mengambil latar waktu 32 tahun sebelum kejadian di A New Hope. Pada film ini, karakter seperti Anakin Skywalker dan Obi-Wan Kenobi diperkenalkan latar belakangnya.

Jedi Knight Qui Gon Jinn (Liam Neeson) dan muridnya Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor) ditugaskan untuk menjadi penengah dari perselisihan antara Trade Federation dengan Naboo, yang pada akhirnya menyebabkan planet tersebut di blokade. Melarikan diri bersama Queen Padmé Amidala (Natalie Portman) dan Jar Jar Binks ke Tatooine, mereka bertemu dengan Anakin Skywalker (Jake Llyod) seorang anak budak yang memiliki kekuatan alami yang kuat dari the Force.

Bertempur dengan Darth Maul, Qui Gon Jinn pun akhirnya kehilangan nyawanya. Sejak itu, Yoda menjadikan Obi-Wan sebagai Jedi Knight. Anakin Skywalker pun menjadi murid dari Obi-Wan.

Star Wars: Attack of the Clones – Episode II (2002)

Film Star Wars Masa ke Masa Film Star Wars Masa ke Masa

Kritik yang cukup beragam untuk The Phantom Menace sempat membuat George Lucas enggan untuk kembali menulis kelanjutan kisahnya. Namun pada akhirnya, 1 minggu sebelum pengambilan gambar utama, naskah Attack of the Clones pun selesai. Mengambil jeda waktu 10 tahun setelah kejadian pada film pertamanya, Anakin Skywalker (Hayden Christensen) ditugaskan untuk melindungi Padme Amidala. Keduanya pun saling jatuh cinta dan diam-diam menikah.

Di waktu yang bersamaan, seluruh galaksi tersapu oleh dalam Clone Wars antara tentara Republic, yang dipimpin Jedi Order dengan the Confederacy of Independent Systems yang dipimpin Count Dooku. Pembunuhan terhadap Jedi oleh droid tak terelakkan hingga Obi-Wan datang dengan pasukan kloning rahasianya datang dan menyelamatkan semuanya.

Star Wars: Revenge of the Sith – Episode III (2005)

Film Star Wars Masa ke Masa Film Star Wars Masa ke Masa

Kisah prekuel Star Wars ditutup lewat Revenge of the Sith. Berlatar 3 tahun setelah kejadian Attack of the Clones, perang pun tiba. Melihat kematian Padme di masa depan, Anakin mengeksplorasi kedalaman yang mengerikan dan membunuh sesama Jedi dan anak-anak.

Pada saat yang sama, Republic sedang berada di ambang kemenangan setelah Palpatines mengaktifkan Order 66. Jedi pun mulai berguguran dan hancur, Yoda dan Obi-Wan pergi bersembunyi. Film ini pun berakhir dengan Padme meninggal setelah melahirkan Luke & Leia dan Anakin pun berubah menjadi Darth Vader.

SEQUEL TRILOGY

Selama bertahun-tahun, George Lucas dan Lucas Films menyangkal mengenai adanya rencana untuk membuat sekuel lanjutan dari Star Wars. Bahkan, ia pun mengatakan bahwa Star Wars hanya dibuat untuk 6 film saja. Namun, setelah Disney membeli Lucas Film pada Oktober 2012, Star Wars pun diumumkan untuk dibuat trilogi terbarunya (Episode VII-IX) dari kisah yang telah ditulis oleh George Lucas sebelum dibeli Disney.

Star Wars: The Force Awakens – Episode VII (2015)

Film Star Wars Masa ke Masa Film Star Wars Masa ke Masa

Mengambil latar waktu 30 tahun setelah kejadian di Return of the Jedi, The Force Awakens berkisah tentang First Order yang telah bangkit kembali dari runtuhnya Galactic Empire, di lain sisi Resistance di bawah pimpinan Leia Organa pun berusaha melawannya sambil melakukan pencarian Luke Skywalker.

Selain karakter yang sudah familiar, film yang disutradarai J.J Abrams ini juga memperkenalkan tokoh baru Rey (Daisy Ridley), Finn (John Boyega) dan Kylo Ren (Adam Driver). Rey yang memiliki masa lalu misterius, tanpa sengaja menemukan kekuatan The Force dalam dirinya, sedangkan Kylo Ren (anak Han dan Leia) beralih ke sisi gelap dan membunuh ayahnya.

Di akhir film, Rey menggunakan peta rahasia yang didapatkannya untuk mencari Luke Skywalker yang bersembunyi.

Star Wars: The Last Jedi – Episode VIII (2017)

Film Star Wars Masa ke Masa 1280_star_wars_the_last_jedi

Disutradarai oleh Rian Johnson, film kedua dari sequel trilogy ini melanjutkan kisah The Force Awakens. Diceritakan dalam The Last Jedi, Rey telah berhasil menemukan Luke Skywalker yang bersembunyi di Ahch-To, kuil tempat Jedi dilatih. Di sana, di bawah bimbingan Luke, Rey pun menemukan kekuatan baru yang dimilikinya.

Selain menyorot hubungan mentorship antara Rey dan Luke, The Last Jedi juga melanjutkan perjuangan Resistance dalam pertempuran melawan First Order. Sedangkan Kylo Ren mengalami konflik dalam dirinya setelah membunuh ayahnya.

ANTHOLOGY FILM

Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Film Star Wars Masa ke Masa Film Star Wars Masa ke Masa

Rogue One merupakan spin-off pertama dari franchise Star Wars. Disutradarai oleh Gareth Edwards, Rogue One mengikuti kisah Jyn Erso (Felicity Jones) dan sekelompok pemberontak yang berusaha untuk mencuri rencana The Death Star.

Ide dari film ini sendiri berasal dari kalimat yang terdapat dalam kalimat pembuka A New Hope yang berbunyi, “Selama peperangan, mata-mata pemberontak berhasil mencuri rencana rahasia dari senjata pamungkas Empire, The Death Star.”

Rogue One diakhiri dengan adegan familiar di mana Leia Organa (Carrie Fisher) yang melarikan diri dengan kapal terbang yang mana terhubung langsung dengan pembuka dari A New Hope.

Jika diurutkan berdasarkan urutan kejadian dalam semesta Star Wars maka urutannya adalah sebagai berikut:

Prequel Trilogy – Rogue One: A Star Wars Story Original Trilogy – Sequel Trilogy

RILISAN MASA DEPAN

Solo: A Star Wars Story (2018)

Film Star Wars Masa ke Masa Film Star Wars Masa ke Masa

Setelah Rogue One, franchise Star Wars kembali mengerjakan proyek film antologi yaitu Solo: A Star Wars Story, kisah Han Solo sebelum kejadian A New Hope terjadi. Karakter Han Solo muda dalam film ini akan diperankan oleh Alden Ehrenreich dan berkisah tentang petualangannya bersama Chewbacca serta pertemuannya dengan Lando Calrissian (Donald Glover). Selain Enhrenreich dan Glover, Woody Harrelson, Emilia Clarke, serta Thandie Newton akan juga turut bergabung dalam film ini.

Pada awalnya, film ini disutradarai oleh Christopher Miller dan Phil Lord, namun karena ada perbedaan kreativitas keduanya digantikan oleh Ron Howard pada Juni 2017 lalu. Proses produksi film ini telah selesai pada Oktober 2017 dan Solo: A Star Wars Story direncanakan akan tayang di bioskop pada 25 Mei 2018 mendatang.

Star Wars: Episode IX (2019)

Merupakan penutup dari sequel trilogy, Star Wars: Episode IX yang belum memiliki sub judul ini direncanakan akan rilis pada 20 Desember 2020 mendatang. Pada awalnya, proyek ini akan diarahkan oleh sutradara Jurassic World, Colin Trevorrow. Namun pada September 2017 , ia mundur dan digantikan oleh J.J Abrams yang sebelumnya menggarap The Force Awakens. Pengambilan gambar utama dari film ini direncanakan pada Juni 2018 mendatang.

Naskah dari Episode IX ini akan ditulis bersama oleh Abrams dengan Chris Terrio. Belum diketahui berapa jarak waktu antara kejadian The Last Jedi dengan penutupnya, namun menyusul kematian Carrie Fisher, diperkirakan akan ada jeda yang cukup untuk membuat karakternya meninggal dengan tenang di antara kedua film tersebut.