Beberapa hari ini, aksi Presiden Jokowi mengendarai motor gede dalam video pembukaan Asian Games 2018 menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Tampak menegangkan seperti film aksi, video tersebut menampilkan berbagai aksi stunt mulai dari “stoppie” hingga melompat melewati truk. Tentunya, bukan menjadi rahasia untuk menjaga keamanan sang Kepala Negara, beberapa adegan dalam video seperti motor terbang melewati kerumunan dilakukan oleh stuntman yang diketahui berasal dari Thailand dan bernama Withithep Komolhiran.

Walaupun demikian, yang harus diapresiasi adalah bagaimana adegan tersebut benar-benar dilakukan dan tidak menggunakan efek visual. Sama seperti beberapa adegan berbahaya dan mematikan dalam film aksi. Dalam film aksi, adegan-adegan menegangkan tampak seperti nyata karena memang benar-benar dilakukan baik oleh sang aktor maupun oleh para stuntman. Mulai dari aksi di gedung tinggi hingga kejar-kejaran, berikut 10 aksi stunt berbahaya dan gila yang bisa buat kamu terkesima!

1. Jackie Chan Meluncur dari Gedung Pencakar Langit – Who Am I?

Bicara tentang adegan stunt berbahaya, nampaknya Jackie Chan adalah seseorang yang tak boleh dilewatkan. Tak hanya dikenal dengan aksinya, tak jarang aktor Hong Kong tersebut terluka. Salah satu aksi stunts terbaik dan paling berbahanya adalah ketika ia kabur dengan meluncur ke bawah dari gedung pencakar langit dalam adegan film Who Am I? Terlihat sangat nyata, aksi tersebut ia lakukan tanpa kabel dan jaring.

2. Adegan Kejar-Kejaran Mobil dengan Kecepatan 124 MPH- Bullitt

Bullitt (1968) merupakan salah satu film pertama yang menggunakan adegan kejar-kejaran mobil dengan kecepatan asli. Sebelumnya, pada masa tersebut, hampir semua film merekam adegan kejar-kejaran dengan kecepatan normal dan mempercepatnya di ruangan editing. Adegan terkenal yaitu kejar-kejaran antara Mustang dan Charger yang mengambil temoat di San Fransisco tersebut dilakukan oleh stuntman dengan kecepatan 124 MPH.

3. Tony Jaa Menghidupkan Api di Kakinya untuk Menghajar Lawan – Ong-Bak: Muay Thai Warrior

Selain Jackie Chan, Tony Jaa, ahli Muay Thai juga kerap melakukan aksi berbahaya dalam film-filmnya. Salah satunya dalam Ong-Bak: Muay Thai Warrior. Dalam salah satu adegan, ia memasukkan kakinya ke dalam minyak tanah dan menyalakan api lalu menendang leher musuhnya dengan tendangan berputar. Menggunakan minyak tanah dan api asli, pada salah satu pengambilan gambar, Jaa terlalu banyak memakai minyak tanah yang mengakibatkan alis matanya terbakar dan menghanguskan hidungnya.

4. Adegan Bungee Jumping di Contra Dam – Golden Eye

Pada James Bond: Golden Eye yang diperankan oleh Pierce Brosnan, aksi agen 007 tersebut dibuka dengan adegan Bond melakukan bungee jumping dari ketinggian 720 kaki di Contra Dam, Swiss. Adegan ini dilakukan oleh Stuntman, Wayne Michaels. Sempat kehilangan kesadaran karena tekanan gaya gravitasi, namun Michaels sukses tepat waktu menggeluarkan pistol pengait dan menyelesaikan adegan.

5. Tom Cruise melakukan HALO Jump – Mission Impossible: Fallout

Dalam setiap seri Mission Impossible, bukan menjadi hal baru bahwa penonton selalu menantikan adegan stunt berbahaya apa lagi yang akan dilakukan oleh Tom Cruise dalam filmnya. Yang terbaru, untuk film keenam, pemeran Ethan Hunt tersebut melakukan HALO (high altitude-low opening) Jump, lompatan yang sering dilakukan militer untuk menyusup ke daerah lawan. Cruise menjadi satu-satunya aktor yang pernah melakukan lompatan pada ketinggian 25.000 kaki dan membuka parasutnya pada ketinggian 2000 kaki ini.

6. Adegan Indiana Jones di Mobil – Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark

Indiana Jones yang telah menguasai mobil lawan dalam Raiders of the Lost Ark terlempar lewat kaca di depan mobil setelah musuh mencoba mengambil ahli kembali. Dalam adegan ini, Stuntman Terry Leonard memegang truk dengan kecepatan tinggi sambil kakinya terseret di tanah. Menyusup lewat bawah mobil, ia pun berhasil kembali ke dalam mobil.

7. Keanu Reeves Melompat dari Mobil yang Bergerak ke Bus dengan Kecepatan Tinggi – Speed

Sama seperti Tom Cruise, Keanu Reeves juga merupakan salah satu aktor yang senang melakukan sendiri adegan stunt untuk filmnya. Dalam Speed, ia benar-benar melompat dari mobil yang bergerak ke bus yang juga bergerak. Dan menurut salah satu rekannya, Dennis Hopper bus tersebut berjalan dengan kecepatan 50 MPH.

8. Parkour – District B13

David Belle bersama dengan Cyril Raffaelli, salah satu praktisi terbaik dari parkour, melakukan adegan stunt dalam District B13. Keduanya menganggap tempat tersebut seperti tempat bermain. Mulai dari melompati atap hingga terbang melewati jendela, semua dilakukan dengan mantap dan tanpa pengaman.

9. Buster Keaton Tertimpa Rumah – Steamboat Bill Jr.

Di era film bisu, Buster Keaton membahayakan dirinya untuk tertimpa rumah dalam adegan komedi film Steamboat Bill Jr. Yang membuatnya menjadi bahaya adalah rumah dalam film ini benar-benar jatuh dan Keaton memiliki paku penahan untuknya bisa berdiri di bawahnya dan berharap tidak ada yang bermasalah. Sedikit saja perubahan pada cara rumah jatuh akan menewaskan Keaton.

10. Berpindah dengan Tonggak – Mad Max: Fury Road

Penuh dengan adegan aksi di sepanjang film, adegan stunt tersulit dalam Mad Max: Fury Road adalah para petarung menggungakan tonggak fleksibel di atas kendaraan untuk merebut istri-saudara perempuan dari rig milik Max. Untuk adegan ini, tonggak yang digunakan dibuat secara khusus, para stuntmen pun dilatih oleh penampil Cirque de Soleil selama berbulan-bulan dan para supir diharuskan terlatih untuk mengendarai setiap transportasi dengan aman.