Tahun baru, film baru. Hari ini, bioskop tanah air kedatangan film untuk menemani liburan Tahun Baru yaitu Master Z: Ip Man Legacy. Disutradarai oleh Yuen Woo Ping, film ini merupakan spin-off sekaligus sekuel langsung dari Ip Man 3 yang dirilis 2015 silam. Adapun, kisahnya berfokus pada Cheung Tin Chi (Max Zhang) yang meninggalkan beladiri setelah dikalahkan Ip Man. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama ketika ia terlibat dalam perkelahian dengan orang asing yang berkuasa.

Walaupun tidak terlibat langsung di dalam filmnya, untuk menyambut perilisannya hari ini berikut film-film yang telah menceritakan kisah Ip Man:

Seri Ip Man

Membahas tentang film Ip Man, bisa dibilang penonton sangat familiar dengan kisahnya dalam seri yang dibintangi oleh Donnie Yen dan semuanya disutradarai oleh Wilson Yip. Adapun, hingga saat ini sudah ada tiga film yang telah dirilis dan satu yang sedang dalam proyek pengerjaan!

Ip Man (2008)

Film pertama yang mengangkat biopik master Wing Chun, Ip Man sebagai tokoh utamanya di layar lebar. Mengambil latar tempat di Fo Shan, kisahnya mengikuti kehidupan Ip Man (Donnie Yen) ketika masa invasi Jepang yang mau tak mau memaksanya mengajarkan Wing Chun sebagai bela diri guna menghidupi keluarganya.

Ip Man 2 (2010)

2 tahun berselang dari film pertamanya, kisah master Wing Chun tersebut berlanjut dalam Ip Man 2. Dalam sekuelnya, kali ini Ip Man pindah bersama keluarganya ke Hong Kong. Di kota baru tersebut, ia pun berencana ingin membuka akademi Wing Chun yang sayangnya mendapat kecaman dari ahli beladiri daerah setempat termasuk master Hung Ga, Hung Chun Nam (Sammo Hung).

Ip Man 3 (2015)

Sebelum perilisan Ip Man 2, Donnie Yen sempat mengungkapkan dirinya tidak tertarik bermain lagi dalam seri Ip Man. Adapun, hal ini dipicu oleh kesuksesan Ip Man yang dibintanginya membuat banyak film biopik yang berfokus pada karakter tersebut akan dibuat.

Setelah Ip Man 2, Saya tidak akan pernah terlibat dalam film yang berhubungan dengan Ip Man. Ini adalah film terakhir saya untuk subjek tersebut. Ketika sesuatu menjadi sukses, semua orang akan menumpang, ini sangat menakutkan. Tahukah kamu berapa banyak film Ip Man yang sedang diproduksi? Dalam kondisi seperti ini, kita tidak akan maju, yang ada hanya menjadikan jenuh akan kisah tokoh tersebut.”

Walaupun demikian, ketika proyek Ip Man 3 diumumkan, ia tetap kembali berperan sebagai karakter tersebut. Adapun, kali ini musuh yang dihadapinya adalah sekelompok gangster yang dipimpin oleh perusahaan properti ingin mengambil ahli sebuah sekolah lokal.

Ip Man 4 – Segera Tayang 2019

Kelanjutan kisah Ip Man versi Donnie Yen akan kembali hadir tahun ini. Walaupun telah menyelesaikan pengambilan gambar pada Juli 2018 lalu, hingga saat ini film ini belum sama sekali memiliki tanggal rilis. Setelah sebelumnya karakter Bruce Lee hanya tampil sekilas, kali ini dalam film keempatnya bersama Ip Man ia akan terbang ke Seattle untuk membuka sekolah Wing Chun.

Versi Lain

The Legend is Born – Ip Man (2010)

Disutradarai oleh Herman Yau, The Legend is Born: Ip Man mencoba menggali kisah masa kecil hingga awal kehidupan Ip Man (Dennis To) mempelajari dan menjadi master Wing Chun. Beberapa aktor yang terlibat dalam Ip Man milik Wilson Yip juga bermain dalam film ini seperti Sammo Hung, Louis Fan, dan Chen Zhi-Hui. Tak hanya itu, putra Ip Man, Ip Chun melakukan penampilan spesial untuk film ini sebagai Leung Bik.

Ip Man: The Final Fight (2013)

Herman Yau kembali menggarap kisah Ip Man dalam Ip Man: The Final Fight. Jika The Legend menyorot awal kehidupan, The Final Fight mengangkat kisah kehidupan Ip Man (Anthony Wong) hingga akhir hayatnya. Di akhir film pun ditampilkan rekaman asli Ip Man berlatih Wing Chun dengan tiang kayu.

The Grandmasters (2013)

Memasuki masa produksi tidak jauh berbeda dengan Ip Man (2008), The Grandmaster sempat mengalami penundaan karena sang bintang utama, Tony Leung mematahkan lengannyaketika berlatih Wing Chun. Adapun karenanya, film yang disutradarai oleh Wong Kar-Wai ini baru dirilis 2013. Adapun film ini menarasikan kehidupan Ip Man (Leung) pada awal 1930 di Fo Shan, kepindahannya ke Hong Kong dan perseteruannya dengan kelompok beladiri dari Utara Tiongkok.