Aksi tim superhero muda dari DC dalam Teen Titans Go! To the Movies siap meramaikan bioskop pekan ini. Mengambil latar waktu pada season kelima serial TVnya, film yang disutradarai oleh Peter Rida Michail dan Aaron Horvarth ini mengikuti kisah Teen Titans yang sedang dalam perjalanan mewujudkan mimpinya menjadi bintang bertemu dengan penjahat yang berusaha menghancurkan bumi. Mereka pun bekerja sama untuk mencegah kejahatan tersebut dan menyelamatkan bumi.

Untuk yang tidak mengikuti serial TV ataupun membaca komiknya, mungkin sosok Teen Titans ini terdengar asing. Nah, supaya kamu lebih familiar dengan sosok superhero muda dari DC ini, yuk simak serba-serbi mengenai Teen Titans di bawah ini!

Siapa Teen Titans?

teen titans go

Sama seperti namanya, Teen Titans merupakan sekelompok superhero muda dari DC. Biasanya anggotanya sendiri merupakan pendamping dari anggota Justice League. Ini semua berawal dari tim orisinil Teen Titans pada tahun 1960-an yang terdiri dari Robin, Kid Flash, Aqualand, dan Wonder Girl. Tak lama kemudian, Speedy, sidekick dari Green Arrow juga turut bergabung. Tim ini pun dihadapkan pada isu sosiopolitik seperti perang Vietnam dan konflik ras.

Sempat memiliki jeda, pada pertengan 1970-an tim ini kembali dengan bertambahnya satu anggota baru, Bumblebee, superhero Afrika-Amerika. Tim pertama ini pun berakhir ketika para pahlawan superhero ini, tidak lagi remaja dan melanjutkan hidup mereka seiring berjalannya waktu. Selanjutnya, berbagai versi dari tim ini pun dibuat ulang, dibentuk kembali atau diulang dari awal dengan peluncuran kembali Teen Titans pada 1980 yang menjadikan Teen Titans sebagai bagian dari DC Universe selama beberapa dekade selanjutnya.

Serial TV Teen Titans Go!

teen titans go

Pada tahun 2003, Cartoon Network meluncurkan film kartun berdasarkan Titans (1980) karya Marv Wolfman yang berjudul Teen Titans. Pada awalnya, serial ini hanya akan mengudara sebanyak empat musim, namun karena kepopulerannya animasi ini berlanjut ke musim kelima. Sayangnya, tak lama kemudian, serial ini dibatalkan dan dibuatkan film berjudul Trouble in Tokyo.

Tahun 2012, sebuah seri pendek dari animasi Teen Titans yang berjudul New Teen Titans sangat populer di masyarakat. Hal ini pula yang menjadi cikal bakal pembuatan Teen Titans Go! Walaupun memiliki jajaran pengisi suara yang sama dengan serial sebelumnya untuk tiap karakternya, dibandingkan dengan berfokus pada misi dan perkelahian, Go! berisi komedi dan keabsurdan yang dialami para Teen Titans Go!

Anggota Teen Titans

teen titans go

Dalam serial TV Teen Titans Go! yang mengudara di Cartoon Network, anggota tim inti ini terdiri dari Robin,  Starfire, Cyborg, Raven, dan Beast Boy.

Robin

Merupakan ketua dari Teen Titans. Sebelum menjadi Robin, Dick Grayson menjadi yatim piatu ketika pembunuhan tragis menimpa kedua orang tuanya saat pertunjukan sirkus. Ia pun diadaposi oleh Bruce Wayne, seorang bilioner yang memiliki kehidupan ganda sebagai Batman. Sama-sama menyaksikan kedua orang tuanya terbunuh, keduanya pun menjadi sangat dekat.

Ketika ia tumbuh dewasa, ia menjadi pendamping Batman ‘Robin’ untuk membasmi kejahatan di Gotham City. Suatu hari ia pun memutuskan untuk menjadi pahlawan tunggal dan menjadi pelindung dari Jump City. Pada sebuah kejadian, ia bersama empat remaja superhero lainnya bekerja sama dengan baik menyelamatkan kota. Akhirnya, ia pun mendirikan Teen Titans dan menjadi pemimpin tim tersebut.

Starfire

Starfire merupakan seorang Putri Tamaranian dan juga pewaris tahta namun oleh kakaknya yang kejam ia dijual menjadi budak ke The Gordanians. Untungnya, ia berhasil melarikan diri dan tiba di Bumi. Walaupun pada awalnya gagal bergabung dalam Teen Titans, namun berkat kerjasamanya bersama anggota lain yang dipimpin Robin mengonfrontasi Kid Flash dan Titans East (Speedy, Aqualad, dan Bumblebee), ia pun menjadi anggota Teen Titan.

Cyborg

Sebagai seorang remaja, Victor Stone adalah seorang atlit berbakat. Hidupnya berjalan lancar hingga suatu kecelakaan tragis menewaskan ibunya dan menghancurkan sebagian besar bagian tubuhnya. Ayahnya, yang merupakan ilmuwan berbakat, berhasil menyelamatkannya dengan membuatnya menjadi setengah robot, setengah manusia. Menghabiskan masa kecilnya dirundung dan ditolak orang-orang, ia pun pergi dari rumah dan pindah ke Jump City. Berhasil bekerja sama dengan baik dengan empat pahlawan super lainnya, ia pun menjadi anggota Teen Titans.

Raven

Raven terlahir sebagai putri dari raja iblis inter-dimensional, Trigon. Dibesarkan oleh ayahnya yang posesif dan egois, ia kerap kali melakukan banyak kejahatan sampai akhirnya Raven meninggalkannya dan menyadari hal bodoh yang diperbuatnya selama ini. Adapun, Raven merupakan penari yang berbakat sejak kecil, namun impiannya ini sering ditentang oleh ayahnya sebelum pada akhirnya ia berhasil mengesankan ayahnya dalam pertunjukan bakat.

Sama seperti Starfire, pada awalnya Raven juga ditolak menjadi anggota Teen Titans setelah ia menggunakan pukulan bayangan untuk mengalahkannya dalam tes kombat. Namun, pada akhirnya kerja sama melawan Kid Flash pun menyatukan mereka menjadi Teen Titans.

Beast Boy

Berbeda dari manusia kebanyakan, Garfield Logan memiliki kemampuan untuk berubah menjadi binatang apa saja sesuai keinginannya. Hal ini pun disebabkan karena ia terjangkit penyakit langka, Sakutia, yang biasanya fatal, berasal dari gigitan monyet. Untuk menyelamatkan nyawanya, orangtuanya yang merupakan ilmuwan, menggunakan serum yang belum diuji coba kepadanya. Walaupun sukses menyembuhkan virus yang menyerangnya, serum tersebut memiliki efek samping yang menjadikan kulit, rambut dan matanya menjadi hijau. Tak hanya itu, ia pun bisa menjadi binatang apa saja selama ia pernah meilihat secara langsung maupun foto dari hewan tersebut.

Sebelumnya, Beast Boy merupakan anggota dari Doom Patrol sebelum pada akhirnya ia keluar karena ketua dan ayah adoptifnya terlalu serius kepadanya. Kendati demikian, ia masih memakai baju serta topeng Doom Patrol.

Kekuatan dan Kemampuan Teen Titans

teen titans go

Sebagai pahlawan super, tentunya masing-masing anggota Teen Titans memiliki kemampuan super. Adapun kemampuan mereka adalah sebagai berikut:

Robin 

  • Tidak memiliki kekuatan super namun fleksibel dan mampu melakukan akrobatik
  • Didukung oleh alat-alat canggih seperti bom asap, tembakan jaring, boomerang, kendaraan (R-Cycle, T-Plane, Batmobile, T-Car, Left Leg, T-Sub).

Starfire

  • Memiliki kekuatan, ketahanan, kecepatan serta stamina superhuman
  • Kebal terhadap radiasi
  • Kulitnya tahan peluru dan melindunginya dari berbagai serangan serta memiliki kemampuan menembakkan laser baik dari tangan maupun matanya
  • Mampu bertahan hidup di luar angkasa tanpa bantuan alat
  • Proses penuaan yang lambat

Cyborg

  • Memiliki kekuatan dan ketahanan superhuman
  • Dapat mengubah lengannya menjadi meriam yang mampu menembakkan segala macam hal termasuk laser dan misil.
  • Terbang dan memiliki tubuh yang mampu bertransformasi sesuai keinginan
  • Mampu berkomunikasi dengan perangkat elektronik

Raven

  • Merupakan anggota Teen Titan yang paling kuat berkat darah iblisnya
  • Telekinesis
  • Membuat portal ajaib
  • Memiliki mantra untuk berbagai hal mulai dari transformasi, membuat klon, hingga memberi nyawa pada benda mati
  • Memiliki kekuatan dan sangat fleksibel
  • Mampu memberikan orang lain kekuatan super

Beast Boy

  • Berubah menjadi hewan apapun yang diinginkannya
  • Mampu berkomunikasi dengan binatang apapun
  • Dapat memberikan kekuatan berubah menjadi binatang lewat transfusi darah bahkan kepada setengah iblis seperti Raven
  • Bisa berubah menjadi manusia lain
  • Seluruh indranya memiliki kemampuan di atas rata-rata