Beberapa hari ini, dunia dikejutkan dengan kisah Aldi Novel Adilang yang terbawa arus saat memancing Juli 2018 lalu. Terombang-ambing selama 49 hari di Samudera Pasifik, pemuda asal Manado tersebut berhasil ditemukan dalam keadaan hidup oleh kapal berbendera Panama MV Arpeggio pada 31 Agustus lalu. Kisahnya yang luar biasa mau tak mau pun mendunia hingga BBC News menyebutkan kisahnya adalah Life of Pi yang nyata.

Nyatanya, kisah bertahan hidup di laut juga tak jarang diangkat ke layar lebar. Seperti kisah keajaiban Aldi Life of Pi, berikut 5 film terbaik tentang bertahan hidup di tengah laut!

1. Life of Pi (2012)

Jika menyebut film terbaik tentang bertahan di tengah laut, tentunya Life of Pi tidak boleh dilupakan. Terlebih mengingat kisah Aldi yang disamakan dengan Pi Patel dalam film yang disutradarai oleh Ang Lee ini. Sama-sama terjebak di Samudera Pasifik, Life of Pi mengikuti kisah Pi yang bercerita kepada seorang novelis bagaimana dirinya yang berusia 16 tahun dapat bertahan hidup terapung di tengah lautan dengan seekor harimau Bengali di atas kapal.

Penuh dengan pesan emosional dan digarap dengan indah secara visual, Life of Pi sukses baik secara komersil maupun kritik. Pada ajang Academy Awards, dari 11 nominasi yang diterimanya, Life of Pi memenangkan 4 di antaranya termasuk Sutradara Terbaik untuk Ang Lee.

2. In The Heart of the Sea ()

Sudah membaca kisah bertahan hidup di tengah laut dari serangan paus raksasa dalam Moby Dick? Adapun kisah yang mendasari novel tersebut adalah kejadian nyata mengenai tenggelamnya kapal Essex yang tertuang dalam buku non-fiksi berjudul In the Heart of the Sea. Disutradarai oleh Ron Howard, film ini dibintangi jajaran pemain solid termasuk Chris Hemsworth, Cillian Murphy, Tom Holland, dan Brendan Gleeson. Selain dari sisi pemain, film ini juga disuguhi aksi dan ketegangan yang akan memikat penonton di sepanjang film.

3. All is Lost (2013)

Disutradarai oleh J. C. Chandor, All is Lost mengikuti kisah seorang pelaut (Robert Redford) bertahan hidup di atas kapal setelah mengalam tubrukan dengan kapal barang. Uniknya, hanya ada satu aktor yang tampil di sepanjang film yaitu Redford sendiri. Tak hanya itu, All is Lost hampir tidak memuat dialog dan fokus pada akting Robert Redford dalam menghadapi situasi genting demi bertahan hidup. Performanya yang memukau pun menjadikannya meraih banyak nominasi sebagai Aktor Terbaik dan memenangkan satu di antaranya pada ajang New York Film Critics Circle Awards.

4. Open Water (2003)

Film tentang bertahan hidup di tengah lautan tidak hanya berfokus di atas kapal, namun juga benar-benar di laut seperti Open Water. Terinspirasi dari kisah nyata sepasang turis menghilang setelah tanpa sengaja tertinggal di laut terbuka ketika snorkeling, film yang disutradarai Chris Kentis ini mencoba membayangkan kejadian mengerikan apa saja yang terjadi pada keduanya. Mulai dari teror kegelapan, tertinggal sendiri tanpa tahu tepat di mana mereka berada, Open Water tidak hanya sukses memberi rasa takut namun juga dekat dengan realita jika hal tersebut terjadi di dunia nyata.

5. Adrift (2018)

Berbeda dari daftar-daftar di atas yang temanya hanya fokus pada pertahanan hidup, Adrift membalut kisahnya dengan romantis dan menghanyutkan. Diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1983, film ini dibintangi oleh Shailene Woodley dan Sam Claflin sebagai sepasang kekasih yang terjebak di tengah Samudera Pasifik setelah badai dan harus mencari jalan kembali ke Hawaii dengan kapal rusak dan tanpa radio. Didukung chemistry keduanya dan penampilan Shailene Woodley yang memikat, Adrift memberikan pengalaman menonton yang akan menggetarkan hati penontonnya.