Acara penghargaan Golden Globe Awards 2019 telah usai digelar. Namun, tidak dengan kontroversi dan kejutan yang ditimbulkannya. Banyak hal tak terduga terjadi dalam pagelaran yang dipandu oleh Andy Samberg dan Sandra Oh tersebut. Apa saja? Simak di bawah ini!

Ucapan terima kasih kepada Setan oleh Christian Bale

kontroversi dan kejutan golden globes 2019

Christian Bale membawa pulang piala Aktor Musikal/Komedi Terbaik untuk perannya sebagai Dick Cheney dalam film Vice. Ketika menerima piala dan mengucapkan pidatonya, Bale tidak hanya mengucapkan terima kasih kepada orang-orang terdekatnya, namun juga kepada Setan.

“Terima kasih Setan telah memberikan saya inspirasi untuk memainkan peran ini,” ucapnya.

Ucapan ini pun menyinggung putri mantan wakil presiden Amerika Tersebut, Liz Cheney. Lewat akun Twitternya ia pun membalas ucapan Bale dengan membahas kasus penganiayaan yang dilakukan aktor Batman Begins tersebut kepada ibu dan saudari perempuannya di London pada 2008 silam.

“Setan tampaknya juga menginspirasinya untuk melakukan hal ini.”

Kasus penganiayaan tersebut berakhir dengan Bale menolak tuduhan tersebut dan tidak dijadikan tersangka karena tidak adanya bukti yang cukup.

A Star is Born hanya membawa pulang satu piala

kontroversi dan kejutan golden globes 2019

Salah satu film yang difavoritkan untuk menang, A Star is Born tidak banyak meraih penghargaan Golden Globe seperti yang diharapkan. Dinominasikan untuk lima kategori, film debut penyutradaraan Bradley Cooper tersebut hanya membawa satu piala yaitu lagu orisinal terbaik, Shallow. Pada kategori aktor-aktris, baik Cooper maupun Gaga dikalahkan oleh Rami Malek (Bohemian Rhapsody) dan Glenn Close (The Wife).

Kekalahan paling tak terduga adalah ketika Film Drama Terbaik jatuh kepada Bohemian Rhapsody. Kedua film ini sama-sama mengajukan diri untuk masuk kategori drama dibandingkan musikal/komedi pada Golden Globe 2019. Banyak pihak yang menyebut bahwa piala tersebut telah ‘dicuri’ dari A Star is Born dan mengungkapkan kekecewaannya di media sosial.

“IMO (Menurutku) #A Star is Born dirampok di #TheGoldenGlobes! Selain Lady Gaga memenangkan lagu orisinal terbaik untuk Shallow (yang mana salah satu favoritku) mereka harusnya memenangkan satu lagi! Itu adalah sebuah film yang fantastis,” tulis seorang pengguna Twitter.

“Bradley Cooper mencurahkan hati dan jiwanya untuk film ini dan dia tidak mendapatkan satu pun pengakuan kemarin malam!!!” cuit pengguna lainnya.

Kemenangan Bohemian Rhapsody

kontroversi dan kejutan golden globes 2019

Ini dia hal yang paling menimbulkan kontroversi dan kejutan pada ajang penghargaan Golden Globe Awards 2019. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah kemenangan Bohemian Rhapsody sebagai Film Drama Terbaik. Seperti yang telah disebutkan di atas, kemenangan tersebut memperoleh banyak komentar baik pro maupun kontra.

“Benar-benar tepat untuk menang! Sangat senang! Menonton film ini di bioskop dan hingga akhir adalah sangat emosional dan membuat lagu-lagunya menempel di kepalamu. Freddie Mercury adalah legenda,” ucap seorang warganet.

“Bagaimana caranya Bohemian Rhapsody bisa memenangkan film terbaik di @goldenglobes,” cuit seorang pengguna.

Di tengah pro dan kontra, Elsie Fisher, peraih nominasi Aktris Komedi/Musikal Terbaik pun tanpa sengaja terjebak dalam debat Twitter setelah dirinya mengungkapkan kebahagiaannya atas kemenangan Bohemian Rhapsody.

“SAYA SANGAT SENANG RAMI MALEK DAN BOHEMIAN RHAPSODY MEMENANGKAN GOLDEN GLOBES. SAYA SANGAT SENANG MALAM INI ADALAH MALAM TERBAIK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!,” tulisnya.

Setelah menerima serangan, ia pun menuliskan perasaannya dalam cuitan selanjutnya,“Mengapa semua orang menjadi sangat jahat mengenai hal ini? Saya benar-benar minta maaf jika saya melakukan kesalahan :(“, cuitnya.

kontroversi dan kejutan golden globe awards 2019

Terlepas dari kritik beragam yang diterimanya, Bohemian Rhapsody memang menjadi sebuah film box office. Walaupun demikian, biopik Queen ini sama sekali tidak dipertimbangkan untuk masuk ke kategori Film Terbaik pada ajang Academy Awards Februari mendatang. Tidak serta merta membuatnya langsung memiliki jalan pintas untuk nominasi Oscar, paling tidak kemenangannya di Golden Globes 2019 akan meningkatkan peluangnya.

Respon Bryan Singer

kontroversi dan kejutan golden globes 2019

Di tengah-tengah kemenangan Bohemian Rhapsody, satu pertanyaan yang muncul yaitu mengenai sang sutradara Bryan Singer. Berada di tengah kontroversi, Singer dipecat ketika proses pengerjaan film biopik Queen tersebut. Walaupun digantikan oleh Dexter Fletcher, namun ia masih dikreditkan sebagai sutradara. Selain itu, sutradara X-Men ini juga terjerat kasus pelecehan seksual yang telah berlangsung lebih dari dua dekade. Sehari setelah dipecat, sebuah tuntutan hukum mengenai kasus pemerkosaan kepada remaja laki-laki berusia 17 tahun di tahun 2003 diajukan ke pengadilan.

Membawa pulang dua piala, baik Malek maupun segenap kru yang menyampaikan pidatonya sama sekali tidak menyebut ataupun menyinggung nama Singer sama sekali.

“Sebuah momen yang cnaggung ketika filmmu memenangkan Aktor Terbaik dan Film Terbaik, tetapi kamu sama sekali tidak dapat mengucapkan kata ‘Bryan Singer’,” komentar seorang warganet.

Terlepas dari hal itu, Bryan Singer menggunakan akun Instagramnya untuk mengucapkan terima kasih atas pencapaian tersebut.

“Sebuah kehormatan. Terima kasih #HollywoodForeignPress,” tulisnya

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

What an honor. Thank you #HollywoodForeignPress

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bryan Singer (@bryanjaysinger) pada