Aksi seru Baby (Ansel Elgort), sebagai pengemudi dalam tim pencurian yang selalu mendegarkan musik demi meredam tinitusnya telah dapat disaksikan pekan lalu di Baby Driver. Dalam film arahan Edgar Wright ini, tidak hanya menyuguhkan adegan kejar-kejaran mobil dan aksi yang menarik namun juga musik-musik keren yang mengiringi sepanjang film.

Tak dapat dipungkiri, musik yang diputar membuat adegan aksi menjadi lebih memukau. Sama seperti soundtrack Guardians of the Galaxy 2 , soundtrack Baby Driver sendiri juga terdiri dari lagu-lagu pada masa lalu, seperti rock tahun 70-an milik Queen dan Golden Earring. Adapun diketahui ada 30 lagu yang hadir di dalam soundtrack tersebut dan dibagi menjadi dua disc. Nah, apa saja sih? Simak di bawah ini!

DISC 01

01. Jon Spencer Blues Explosion – “Bellbottoms”

Lagu pertama yang hadir dalam soundtrack Baby Driver adalah Bellbottoms dari The Jon Spencer Blues Explosion. Lagu ini hadir pada adegan pembuka ketika Baby (Ansel Elgort) dan timnya baru saja tiba di depan bank, sasaran pencurian. Sambil menunggu rekannya, ia pun melantunkan lagu dengan badass.

Dalam wawancaranya dengan Esquire, Edgar Wright mengaku bahwa ketika usianya 20 atau 21 ketika mendengarkan lagu yang rilis pada tahun 1994 ini, ia selalu membayangkan adegan kejar mengejar dengan mobil. Hal tersebut pada akhirnya terwujud dalam Baby Driver. Tak hanya itu, menariknya Jon Spencer juga hadir sebagai cameo pada akhir dalam film ini.

02. Bob & Earl – “Harlem Shuffle”

Dirilis tahun 1963, lagu ini dinyanyikan oleh duo grup asal Inggris Bob & Earl. Harlem Shuffle juga pernah dinyanyikan kembali oleh Rolling Stones dalam album Dirty Work. Dalam filmnya, lagu ini diputar pada adegan kedua yaitu usai aksi pencurian, Baby berjalan di sepanjang jalan yang mana kehidupan kota tersebut cocok dengan lirik yang dinyanyikan lagu tersebut.

03. Jonathan Richman & The Modern Lovers – “Egyptian Reggae”

Menduduki posisi 5 UK Singles Chart pada penghujung tahun 1977, Egyptian Reggae merupakan versi lain dari lagu reggae milik musisi Jamaika, Earl Zero yang berjudul None Shall Escape the Judgement. Lagu yang tergabung dalam album Jonathan Richman and the Modern Lovers ini diputar ketika Baby yang telah kembali ke gudang dan diceramahi oleh Griff (Jon Bernthal).

“I just want to know what’s going on between this kid’s ears, aside from… ‘Egyptian Reggae.” – Griff to Baby.


04. Googie René – “Smokey Joe’s La La”

Smokey Joe’s La La merupakan satu dari tiga minor hits dari penyanyi dan penulis lagu Amerika Serikat, Googie René. Dirilis pada tahun 1966, musik ini diputar pada adegan ketika Baby berada di apartemennya.

05. The Beach Boys – “Let’s Go Away For Awhile”

Ditulis dan dikomposisi oleh Brian Wilson, Let’s Go Away For Awhile merupakan instrumental terfavorit yang pernah ia tulis. Pada awalnya, lagu yang dirilis pada tahun 1966 ini akan diberi judul The Old Man and the Baby. Lagu yang merupakan track ke-6 dalam album Pet Sounds ini diputar pada adegan ketika Baby pertama kali melihat Debora (Lily James) di restoran.

06. Carla Thomas – “B-A-B-Y”

Pertama kali direkam pada tahun 1966, lagu ini ditulis oleh Isaac Hayes dan David Porter. Pada saat perilisannya film ini mencapai posisi 14 untuk tangga lagu US Pop dan posisi 3 pada tangga lagu R&B. Pada film ini, Baby menyanyikan lagu ini sambil menari di apartemennya.

Dilansir dari The Commercial Appeal, penyanyi lagu ini, Carla Thomas menyaksikan Baby Driver dan menyukai film tersebut. “Itu sangat mengasyikkan,” ungkapnya. “Apa yang paling saya suka adalah mereka menunjukkan gambar dan albumku, sehingga orang-orang akan tahu siapa itu.”

07. Kashmere Stage Band – “Kashmere”

Kashmere Stage Band adalah unit yang terbentuk dari siswa Kashmere High School yang tampil dari penghujung tahun 60-an hingga tahun 1978. Lagu Kashmere yang terdapat dalam album Kashmere Stage Band Plays Originals ini diputar pada adegan dimana Baby bertemu dengan tim lain untuk aksi pencurian kedua.

08. Dave Brubeck – “Unsquare Dance”

Sebelum masuk dalam soundtrack Baby Driver, Unsquare Dance juga merupakan soundtrack dari Silver Linings Playbook dan lagu tema dari serial televisi Inggris “Thompson“. Selain diputar pada trailer, lagu ini juga diputar pada adegan Baby memainkan piano di udara ketika menghadiri briefing untuk aksi pencurian kedua.

Kepada Esquire, Edgar Wright mengungkapkan bahwa ia pertama kali mendengar lagu Dave Brubeck tersebut ketika berusia 13 tahun.

“Lagu tersebut merupakan lagu tema untuk serial televisi Inggris. Cukup gila, Emma Thompson membintangi acara ini pada tahun 80-an di Inggris, dan lagu pembukanya adalah Unsquare Dance, dan saya ingat pertama kalinya mendengar lagu tersebut saya berpikir itu adalah sebuah lagu keren.”

09. The Damned – “Neat Neat Neat”

Merupakan single pertama dari album debut The Damned, Neat Neat Neat dirilis pada tahun 1977. Lagu yang berada di peringkat 33 “Top 50 Basslines of All Times” versi Majalah Stylus pada tahun 2005 ini diputar pada adegan di mana pencurian kedua yang dilakukan bersama Bats (Jamie Foxx), Eddie no Nose (Flea), dan JD (Lanny Joon).

10. The Commodores – “Easy (Single Version)”

Tidak semua lagu yang berada dalam soundtrack Baby Driver merupakan pilihan dari Edgar Wright. Misalnya lagu rilisan tahun 1977, Easy dari The Commodores. Lagu yang pernah memuncaki tangga lagu R&B di Billboard ini merupakan pilihan yang datang dari Ansel Elgort. Dalam wawancaranya dengan Variety, Wright menjelaskan bahwa ketika audisi ia meminta Ansel untuk melakukan lip synch.

“Jadi saat itu saya berkata padanya “Lagu apa yang kamu dapat lip synch dengan sepenuh hati saat ini?” Dan ia berhenti sejenak dan kemudian menjawab “Uh, ‘Easy’ dari the Commodores. Dan saya seperti, “Oh, yeah! Itu adalah sesuatu yang menarik untukmu untuk dikeluarkan. Saya menyukai dan memilikinya di iTunes.” Jadi dia melakukan audisi untuk ‘Easy’ dan itu menakjubkan.”

Lagu yang ditulis oleh Lionel Richie ini diputar ketika Baby memandang mobil yang berisikan kru yang mati di tempat pembuangan dihancurkan.

11. T. Rex – “Debora”

Debora merupakan single pertama dari grup rock asal Inggris T.Rex. Dirilis pada tahun 1968, lagu ini sempat menduduki posisi 34 tangga lagu UK. Lagu ini merupakan lagu yang didengarkan oleh Baby dan Debora saat berada di tempat cuci otomatis.

12. Beck – “Debra”

Awalnya, Beck ingin merekam lagu ini dengan Dust Brothers untuk album Odelay. Namun ia mengurungkan niatnya, hingga pada tahun 1999 lagu ini dimasukkan ke dalam album selanjutnya, Midnight Vultures. Lagu yang memiliki pengikutnya sendiri ini hadir pada adegan Baby memutar lagu ini di apartemennya setelah diberitahu oleh Debora.

13. Incredible Bongo Band – “Bongolia”

Bongolia merupakan track ketiga dari album debut Incredible Bongo Band. Band tersebut merupakan proyek yang dimulai oleh Michael Viner, yang mana memperkenalkan musik menggunakan bongo drums, congo drums, rock drums, dan brass. Musik yang dirilis pada tahun 1973 ini mengiringi adegan ketika Baby mengantarkan Pizza kepada pelanggan Goodfellas.

14. The Detroit Emeralds – “Baby Let Me Take You (in My Arms)”

Menduduki posisi 24 pada Billboard Hot 100 tahun 1972, Baby Let Me Take You (in My Arms) merupakan lagu yang diproduseri oleh Katouzzion. Lagu yang diaransemen oleh Abrim Tilmon dan Johnny Allen ini dimainkan pada dua adegan yaitu ketika Baby dan Debora sedang menikmati makan malam dan pada saat Doc (Kevin Spacey) berbicara dengan Baby mengenai aksi pencurian selanjutnya yang harus ia lakukan.

15. Alexis Korner – “Early In The Morning”

Lagu terakhir pada disc 01 dari soundtrack Baby Driver adalah Early in the Morning. Lagu yang ditulis oleh Trad dan diaransemen oleh Alexis Korner ini mengisi adegan di mana Doc dan Baby merencanakan aksi pencurian terakhir mereka.

DISC 02

16. David McCallum – “The Edge”

Selain Early in the Morning, The Edge juga mengiringi adegan Doc merencanakan pencurian terakhir. Dalam soundtrack ini, The Edge yang digunakan adalah versi dari aktor keturunan Skotlandia asal Amerika Serikat, David McCalllum dan lagu ini juga merupakan yang paling dikenal darinya.

17. Martha Reeves & The Vandellas – “Nowhere To Run”

Dirilis tahun 1965, Nowhere to Run merupakan salah satu lagu signature dari Martha and the Vandellas. Tak hanya itu, lagu ini juga mencapai posisi ke- 8 Billboard Singles Chart dan posisi 5 Billboard R&B Singles Chart. Lagu ini diputar pada trailer dan adegan dialog yang dilakukan oleh Baby, Bats, Buddy (Jon Hamm) dan Darling (Eiza Gonzalez).

18. The Button Down Brass – “Tequila”

Dirilis tahun 1970 di bawah label Fontana, Tequila diaransemen oleh Ray Davis. Selain diputar saat adegan Bats meminta Baby untuk memutar lagu yang funky sebelum adegan tembak menembak, soundtrack Baby Driver yang satu ini juga dibuat trailer tersendiri.

19. Sam & Dave – “When Something Is Wrong With My Baby”

Selain lagu B-A-B-Y Carla Thomas, lagu yang dinyanyikan oleh Sam & Dave ini merupakan lagu kedua yang ditulis oleh Isaac Hayes dan David Porter dalam soundtrack Baby Driver. Dirilis tahun 1983, lagu ini merupakan salah satu lagu hit klasik yang juga ditampilkan dalam film Stand Up Guys (2012) pada adegan Al Pacino meminta seorang gadis berdansa dengannya.

Pada film Baby Driver, lagu ini diputar pada adegan Baby memasuki restoran dengan krunya dan mengabaikan Debora.

20. Brenda Holloway – “Every Little Bit Hurts”

Ditulis oleh Ed Cobb, lagu ini merupakan salah satu lagu hit pada tahun 1964 dan menempati posisi 13 pada Billboard Hot 100. Lagu ini dinyanyikan kembali oleh Graeme “Shirley” Strachan, penyanyi Jerman pada tahun 1976 dan Alicia Keys pada tahun 2006. Lagu ini mengiringi Baby, Darling, Buddy dan Bats yang meninggalkan restoran tempat Debora bekerja.

21. Blur – “Intermission”

Intermission merupakan lagu dari album kedua band alternatif Rock asal Inggris, Blur yang berjudul Modern Life is Rubbish. Menurut Edgar Wright, lagu yang dirilis pada tahun 1993 ini merupakan lagu yang tidak mudah untuk dimasukkan ke dalam film, namun cocok saat dimasukkan ke dalam sequence Baby Driver di mana Baby sedang menunggu Bats, Darling dan Buddy yang sedang melaksanakan aksi pencurian terakhir.

“Intermission adalah sesuatu yang menarik, karena itu dimulai dengan cara yang komedik, sungguh, namun itu menjadi lebih mengancam dan intens, jadi saya berpikir sesuatu yang mana sempurna untuk adegan tertentu tersebut, di mana sesuatu yang buruk terjadi,” ungkap Edgar Wright ke Esquire.

22. Focus – “Hocus Pocus (Original Single Version)”

Hocus Pocus merupakan lagu yang dirilis tahun 1971 dalam album kedua band rock asal Belanda, Focus. Lagu yang ditulis oleh Jan Akkerman (gitaris) dan Thijs van Leer (flautist-keyboardist) ini diputar ketika Baby berlari di taman dan mall sebelum tembak menembak di tempat parkir terjadi. Kepada Variety, Wright mengungkapkan alasan pemilihan lagu ini dikarenakan lagu ini memiliki struktur yang dramatik.

“Hocus Pocus oleh Focus memiliki struktur stop/start yang sangat menarik dan energetik, di mana itu seperti gitar cepat, gitar cepat, gitar cepat – kemudian yodel break. Tidak banyak lagu yang dapat mengklaim memiliki yodeling break.”

23. Golden Earring – “Radar Love (1973 Single Edit)”

Selain Focus, grup rock asal Belanda lain yang hadir dalam soundtrack Baby Driver adalah Golden Earring dengan lagu Radar Love. Diputar di radio ketika Baby membajak mobil seorang wanita tua, lagu yang dirilis pada tahun 1973 tersebut merupakan lagu hit di berbagai negara termasuk Inggris, Australia, Jerman, dan Spanyol.

24. Barry White – “Never, Never Gone Give Ya Up”

Ditulis, diproduseri, dan direkam sendiri oleh Barry White, Never, Never Gone Give Ya Up merupakan single pertama dari album keduanya, Stone Gon’. Diputar saat adegan Baby akan menjemput Debora namun Buddy telah menunggunya di restoran, lagu yang rilis pada tahun 1973 ini berhasil mencapai posisi kedua he Hot R&B/Hip-Hop Songs dan posisi dua Billboard Hot 100.

25. Young MC – “Know How”

Know How merupakan lagu yang terdapat dalam album debut dari penyanyi, rapper dan aktor asal Amerika Serikat, Young MC. Lagu yang dirilis pada tahun 1988 ini merupakan lagu dalam ponsel milik preman yang Baby curi mobilnya.

26. Queen – “Brighton Rock”

Dalam film Baby Driver, lagu ini merupakan killer track dari Baby, yang mana bagian terbaik dari lagu ini adalah permainan solo gitarnya. Tak heran, permainan solo gitar dari lagu yang terdapat pada album ketiga Queen, Sheer Heart Attack (1974) ini merupakan yang paling sering ditampilkan dalam konser live Queen. Bahkan, Brian May (gitaris Queen) menampilkan permainan solo gitar lagu ini pada upacara penutupan Olimpiade Musim Panas London pada tahun 2012 silam.

27. Sky Ferreira – “Easy”

Di dalam soundtrack Baby Driver, selain berisi versi original Easy yang dinyanyikan oleh The Commodores, juga terdapat versi lain yang dinyanyikan oleh Sky Ferreira yang berperan sebagai ibu Baby dalam film. Pada filmnya, lagu ini terdapat dalam rekaman ‘Mom’ milik Baby, yang mana berisi rekaman lagu ibunya.

28. Simon & Garfunkel – “Baby Driver”

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa lagu yang diputar pada akhir film dan pembuka kredit ini merupakan inspirasi untuk judul Baby Driver. Edgar Wright sendiri mengaku telah memiliki ide untuk membuat film dengan pengemudi penyuka musik yang membantu pelarian dan ia memang menyukai lagu tersebut.

“Saya telah memiliki ide film mengenai seorang pengemudi yang membantu pelarian yang juga dirinya didorong oleh musik, dan saya selalu menyukai lagu tersebut, Orangtuaku hanya memiliki koleksi rekaman yang sedikit, tetapi “Bridge Over Troubled Water adalah salah satu album tersebut, dan saya mengetahui setiap lagu dalam album tersebut. Sejak awal, saya berpikir, “Oh, Baby Driver, seorang supir getaway muda – itu judulnya,” dan itu semacam terjebak dari sana.” Edgar Wright ke Variety.

29. Kid Koala – “Was He Slow (Credit Roll Version)”

Selain hobi mendengarkan musik, Baby diceritakan juga sering membuat rekaman sendiri dari dialog sehari-hari. Salah satu remix yang ia buat adalah Was He Slow yang mana ia rekam dari ucapan Doc ketika bertanya pada Griff. Tentunya, lagu tersebut dibuat oleh seorang profesional yaitu Kid Koala. Edgar Wright yang merupakan fansnya, mengirimkan dialog pada film untuknya dan meminta ia untuk membuatkan lagu dari kalimat-kalimat itu. Tak hanya membuatkan lagu, namun Kid Koala juga meminjamkan peralatan pribadinya pada saat pengambilan gambar.

30. Danger Mouse (feat. Run The Jewels and Big Boi) – “Chase Me”

Lagu terakhir dari soundtrack Baby Driver adalah Chase Me yang juga merupakan lagu original yang dibuat khusus untuk film yang dibintangi Ansel Elgort tersebut. Lagu ini dirilis pada 23 Juni 2017 lalu, atau satu pekan sebelum film tersebut rilis di Amerika Serikat. Mike (Run The Jewels) dan Big Boi yang terlibat dalam lagu ini juga hadir sebagai cameo dalam Baby Driver.