Setelah awal tahun lalu diramaikan dengan film musikal The Greatest Showman, kali ini bioskop tanah air akan kembali dimeriahkan dengan nyanyian dalam Mamma Mia! Here We Go Again. Mengambil latar waktu lima tahun setelah film pertama, sekuel yang diarahkan oleh Ol Parker mengikuti kisah Sophie (Amanda Seyfried) yang kini menjalankan hotel Donna (Meryl Streep) setelah kematiannya satu tahun yang lalu. Lewat Tanya (Christine Baranski) dan Rosie (Julie Walters), ia pun menelusuri kehidupan ibunya ketika masih muda.

Tentunya, sama seperti film pertamanya, film ini akan diiringi lagu-lagu terkenal dari ABBA. Agar nantinya pengalaman menontonmu lebih maksimal, simak dulu daftar lagu ABBA yang hadir dalam soundtrack Mamma Mia! Here We Go Again :

1. When I Kissed The Teacher

Spotify

Merupakan opening track untuk album Arrival (1976) dari ABBA, sesuai dengan judulnya When I Kissed the Teacher bercerita tentang seorang murid yang jatuh cinta kepada gurunya dan akhirnya menciumnya. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again ada sedikit perubahan lirik pada lagu ini. Salah satu anggota ABBA, Björn Ulvæus hadir dalam adegan tersebut sebagai salah satu guru. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Lily James, Jessica Keenan Wynn, Alexa Davies dan Celia Imrie.

2. I Wonder (Departure)

Spotify

Dirilis tahun 1977 dalam ABBA: The Album, I Wonder (Departure) merupakan bagian dari musikal-mini produksi ABBA yang berjudul The Girl with Golden Hair. Bercerita tentang seseorang yang meninggalkan semuanya guna mengejar impiannya, lagu ini dianggap menceritakan kehidupan salah satu personil ABBA, Frida yang meninggalkan keluarganya pada usia 20 tahun-an untuk menjadi penyanyi. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Lily James, Jessica Keenan Wynn dan Alexa Davies.

3. One Of Us

Spotify

One of Us merupakan single pertama dari album studio terakhir dari ABBA, The Visitors (1981). Lagu ini merupakan salah satu lagu ABBA yang bertema cukup gelap, adapun hal ini dianggap merupakan pengaruh perceraian dari dua penulis lagunya, Björn Ulvaeus dan Benny Andersson. One of Us bercerita tentang seorang perempuan yang mencoba memperbaiki hubungannya yang telah kandas. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Amanda Seyfried dan Dominic Cooper.

4. Waterloo

Spotify

Pada awalnya berjudul Honey Pie, Waterloo merupakan lagu yang ditulis untuk mengikuti kompetisi 1974 Eurovision Song Contest. Mengambil referensi dari menyerahnya Napoleon pada Battle of Waterloo (1815), salah satu lagu tersukses sepanjang masa ini bercerita tentang perempuan yang “menyerah” pada seorang laki-laki dan berjanji untuk mencintainya. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Lily James dan Hugh Skinner.

5. Why Did It Have To Be Me?

Spotify

Why Did It Have to be Me merupakan lagu yang terdapat dalam album sukses milik ABBA, Arrival.  Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Josh Dylan, Lily James dan Hugh Skinner.

6. I Have A Dream

Spotify

Tak hanya berisi lagu-lagu ABBA baru, soundtrack Mamma Mia! Here We Go Again juga kembali menghadirkan lagu I Have a Dream. Jika pada film pertamanya dinyanyikan oleh Amanda Seyfried, kali ini lagu yang dibawakan kembali oleh Westlife ini dinyanyikan oleh Lily James yang berperan sebagai Donna muda.

7. Kisses Of Fire

Spotify

Dirilis 23 April 1979, Kisses of Fire merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam album Voulez-Vous. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Panos Mouzourakis, Jessica Keenan Wynn dan Alexa Davies.

8. Andante, Andante

Spotify

Pada awalnya berjudul Hold Me Close, Andante, Andante hanya dirilis di dua negara yaitu El Salvador dan Argentina. Karenanya, lagu yang terdapat dalam album Super Trouper ini tidak pernah sukses dan muncul di tangga lagu global. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, Andante, Andante dinyanyikan oleh Lily James.

9. The Name Of The Game

Spotify

Selain I Have a Dream, lagu ABBA yang kembali hadir dalam sekuel Mamma Mia! adalah The Name of the Game. Merupakan single pertama dari album ABBA: The Album, pada tahun perilisannya, lagu ini memuncaki tangga lagu Inggris selama 4 pekan berturut-turut. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Lily James.

10. Knowing Me, Knowing You

Spotify

Merupakan hits tersukses dari ABBA, Knowing You, Knowing Me merupakan lagu pertama dari grup pop asal Swedia tersebut yang mengangkat tema tentang menghadapi perpisahan. Dirilis pada tahun 1977 lewat album Arrival, lagu ini merupakan single terbesar di Inggris pada saat itu. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Jeremy Irvine, Lily James, Pierce Brosnan dan Amanda Seyfried.

11. Angel Eyes

Spotify

Dirilis tahun 1979, Angel Eyes merupakan salah satu lagu dalam album Voulez-Vous. Sebagai salah satu lahgu populer ABBA, pada masa perilisannya lagu ini sempat mencapai posisi ketiga tangga lagu Inggris.

Angel Eyes bercerita tentang protagonis yang meminta para perempuan untuk menghindari pria tampan dengan tatapan lugu namun penuh dengan tipu daya, memperingatkan tentang permainan yang suka dimainkannya. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Christine Baranski, Julie Walters dan Amanda Seyfried.

12. Mamma Mia

Spotify

Soundtrack Mamma Mia! Here We Go Again tentunya akan tidak lengkap tanpa kehadiran lagu Mamma Mia. Merupakan opening track dari album ketiga, ABBA, judul lagu ini diambil dari kata dalam bahasa Italia yang menunjukkan rasa kaget, penderitaan, atau kegembiraan. Pada awalnya, lagu ini tidak akan dirilis dalam bentuk single, namun pada akhirnya Mamma Mia menjadi satu dari empat lagu yang dibuatkan video klip untuk promosi.

Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Lily James, Jessica Keenan Wynn dan Alexa Davies.

13. Dancing Queen

Spotify

Merupakan single utama untuk album Arrival, Dancing Queen menjadi satu-satunya lagu ABBA yang sukses memuncaki tangga lagu di Amerika Serikat. Selain Mamma Mia!, lagu ini juga menjadi salah satu soundtrack dalam film Australia, Muriel’s Wedding.

Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Colin Firth, Stellan Skarsgard, Amanda Seyfried, Christine Baranski, Julie Walters dan Pierce Brosnan

14. I’ve Been Waiting For You

Spotify

Dirilis tahun 1975, I’ve Been Waiting For You merupakan salah satu lagu pada album ABBA. Dirilis pada Side B, di Australia dan Selandia Baru lagu ini berada pada Side A. Tahun 1977, lagu ini dinyanyikan kembali dalam versi baru oleh  grup pop asal Irlandia Gina, Dale Haze, and the Champions dan masuk ke 10 besar tangga lagu negara tersebut.

Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Amanda Seyfried, Christine  Baranski dan Julie Walters

15. Fernando

Spotify

Fernando merupakan satu-satunya single dari ABBA yang tidak terdapat di dalam album sebelum pada akhirnya masuk ke dalam album kompilasi Greatest Hits dan Arrival (rilisan Australia dan Selandia Baru). Menjadi salah satu single terlaris sepanjang masa, pada tahun perilisannya (1976) saja lagu ini terjual sebanyak 6 juta kopi.

Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Cher dan Andy Garcia.

16. My Love, My Life

Spotify

Pada awalnya berjudul Monsieur, Monsieur, My Love, My Life merupakan salah satu lagu yang direkam terakhir untuk album Arrival. Ketika lagu ini tidak dirilis dalam bentuk single, penyanyi asal Inggris, Jonathan King pun menyanyikan kembali lagu ini. Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Amanda Seyfried, Lily James dan Meryl Streep.

17. Super Trouper

Spotify

Lagu terakhir dari soundtrack Mamma Mia yang kembali hadir dalam sekuelnya adalah Super Trouper. Berasal dari album berjudul sama, kata Super Trouper sendiri merujuk kepada lampu sorot yang digunakan pada konser yang diadakan di stadium. Dalam video klipnya, lagu ini menampilkan artis terbanyak yang pernah hadir dalam klip ABBA.

Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Cher, Meryl Streep, Christine Baranski, Julie Walters, Pierce Brosnan, Colin Firth, Stellan Skarsgard, Andy Garcia, Amanda Seyfried, Dominic Cooper, Lily James, Jessica Keenan Wynn, Alexa Davies, Josh Dylan, Jeremy Irvine dan Hugh Skinner

18. The Day Before You Came

Spotify

Merupakan lagu terpanjang kedua ABBA setelah Eagle, The Day Before You Came adalah lagu terakhir yang direkam band Swedia ini sebelum 2018. Walaupun pada perilisannya lagu ini tidak memuncaki tangga lagu seperti yang lainnya, namun pada 2010 lewat sebuah survei dari British TV mengenai ‘lagu ABBA terfavorit masyarakat’, The Day You Before You Came menempati posisi ketiga.  Dalam Mamma Mia! Here We Go Again, lagu ini dinyanyikan oleh Meryl Streep.