Pekan ini, kisah grup akapela Barden Bellas kembali berlanjut dalam Pitch Perfect 3. Masih dibintangi jajaran pemain utamanya seperti Anna Kendrick dan Rebel Wilson, Pitch Perfect 3 akan mengikuti kisah anggota Bellas yang sebelumnya berpisah setelah lulus bersatu kembali untuk perlombaan terakhirnya dalam USO Tour.

Baca Juga: Review Pitch Perfect 3 – Ajang Reuni Grup Musik Akapela The Barden Bellas

Tentunya, selain filmnya, satu hal lagi yang bakal ditunggu-tunggu oleh penggemarnya yaitu soundtrack Pitch Perfect 3. Nah, mau tau lagu apa saja yang ada di dalam soundtrack Pitch Perfect 3? Simak di bawah ini!

1. Universal Fanfare – The Bellas

Hampir setiap studio memiliki musik tema masing-masing yang menjadi ciri khasnya termasuk Universal Studios. Tahun ini setelah variasi pembuka Dark Universe dalam The Mummy dan time-loop pada Happy Death Day, Pitch Perfect 3 meramaikan musik tema tersebut dengan akapela. Setelah sebelumnya pada Pitch Perfect 2 ‘Universal Fanfare’ dinyanyikan oleh Elizabeth Banks dan John Michael Higgins, kali ini musik tema Universal Studios diisi oleh The Bellas.

2. Toxic – The Bellas

Sama seperti dua film sebelumnya, The Bellas kembali menyertakan versi akapela dari lagu pop klasik. Kali ini, giliran lagu Toxic dari album Britney Spears, Into the Zone. Pada tahun perilisannya, lagu ini langsung memuncaki tangga lagu di 15 negara dan menerima respon positif dari kritikus musik. Tak hanya itu, lagu ini juga dianggap sebagai yang terkuat dari semua lagu pada album Into the Zone.

Memiliki lirik yang merupakan metafora bahwa kekasih sebagai hal yang berbahaya namun juga merupakan obat yang adiktif, Toxic memberikan Grammy yang pertama dan satu-satunya untuk Britney Spears.

3. Sit Still, Look Pretty – The New Barden Bellas

Sit Still, Look Pretty merupakan lagu kedua dari album debut berjudul sama dari Daya, penyanyi asal Amerika. Ditulis oleh Gino Barletta, Mike Campbell dan Britten Newbill, lirik lagu ini memuat tema mengenai women empowerment.

Dalam wawancaranya dengan EW, Daya mengungkapkan bahwa lagu ini adalah tentang perempuan yang mengejar mimpinyadan benar-benar berusaha untuk mendapatkannya serta tidak membiarkan orang lain menghalanginya. Lagu ini berada di posisi ke-47 Billboard dalam daftar 100 lagu terbaik pada tahun 2016.

4. Riff Off – The Bellas, Evermoist, Saddle Up, Young Sparrow and DJ Dragon Nutz, Soldiers

Satu lagi yang bakal dinantikan dari soundtrack Pitch Perfect 3 yaitu lagu dengan format Riff-Off. Riff-Off merupakan lagu yang dinyanyikan berdasarkan kategori tertentu oleh grup akapela yang sedang berkompetisi.

Pada seri ketiganya, Riff-Off dalam soundtrack Pitch Perfect 3 ini akan berisi lagu Get the Party Started (Pink), Shut Up and Dance (Walk The Moon), Ignition (R. Kelly), Let Me Ride (Dr Dre), Fly Away (Lenni Kravitz), One More Night (Maroon 5), Call me (Blondie), Love Me Harder (Ariana Grande ft The Weeknd), If I Were a Boy- (Beyonce), Zombie (The Cranberries), Stronger (Kelly Clarkson), Grenade (Bruno Mars), Human- (Christina Perri), dan Wake Me Up (Avicii).

5. You Got It – Young Sparrow and DJ Dragon Nutz

Selain berisikan lagu-lagu cover, soundtrack Pitch Perfect 3 juga berisikan lagu orisinal, salah satunya You Got It. Ditulis oleh Nicholas Williams, Harvey Mason Jr., Ray Davies & Da Internz, lagu ini dinyanyikan oleh grup duo laki-laki Young Sparrow and DJ Dragon Nutz (Trinidad James dan D.J.Looney). Ini merupakan penampilan pertama grup ini dalam seri Pitch Perfect.

6. Ex’s And Oh’s – Saddle Up

Bergenre rock, Ex’s and Oh’s merupakan lagu debut dari penyanyi dan penulis lagu asal Amerika, Elle King. Dirilis pada tahun 2014, lagu ini memperoleh kesuksesannya dengan memuncaki tangga Billboard untuk kategori Hot Rock Songs. Tak hanya itu, lagu ini juga menjadi lagu kedua yang dinyanyikan oleh penyanyi perempuan sejak tahun 1996 yang memuncaki tangga lagu Alternative Songs setelah Royals (Lorde). Pada ajang Grammy Awards ke 58, Ex’s and Oh’s meraih dua nominasi yaitu Best Rock Performance dan Best Rock Song.

7. How A Heart Unbreaks – Evermoist

Selain You Got It, How A Heart Unbreaks juga merupakan lagu orisinil dalam soundtrack Pitch Perfect 3. Lagu rock ini dinyanyikan oleh band rock yang seluruh anggotanya perempuan, Evermoist yang juga ikut tergabung dalam USO Tour. Ditulis oleh BC Jean, Kara DioGuardi & Dave Bassett, How A Heart Unbreaks merupakan lagu yang menggambarkan apa yang harus dilakukan setelah mengalami putus cinta.

8. Cheap Thrills – The Bellas

Cheap Thrills merupakan lagu yang versi orisinalnya dinyanyikan oleh Sia. Pada awalnya, lagu ini akan dinyanyikan oleh Rihanna untuk album Anti (2016), namun ditolaknya. Pada saat perilisannya, lagu ini sempat memuncaki posisi pertama Billboard Hot 100. Ini merupakan yang pertama untuk Sia. Tak hanya itu, versi duet dengan penyanyi Jamaika, Sean Paul bahkan memperoleh nominasi Grammy Awards untuk kategori Best Pop Duo/Group Performance.

9. I Don’t Like It, I Love It – The Bellas

Dirilis pada tahun 2015, I Don’t Like It, I Love It merupakan lagu yang dinyanyikan oleh rapper asal Amerika Serikat Flo Rida dengan Robin Thicke dan Verdine White. Lagu ini merupakan single ketiga dari album My House.

10. Cake By The Ocean – The Bellas

Cake By the Ocean merupakan lagu debut dari band asal Amerika, DNCE. Dirilis pada September 2015, lagu ini menempati 10 besar tangga lagu di berbagai negara. Bahkan, di Kanada lagu ini merupakan yang paling sering diputar setelah Love Yourself (Justin Bieber). Billboard sendiri menempatkan Cake By the Ocean pada posisi ke 44 dalam daftar 100 Best Pop Songs 2016.

11. Freedom! ’90 – The Bellas

Dirilis pada tahun 1990, Freedom! ’90 merupakan lagu yang dinyanyikan, ditulis dan diproduseri oleh mendiang George Michael. Angka 90 sendiri selain mewakili tahun perilisannya, juga digunakan untuk menghindari kebingungan dengan lagu terkenal berjudul ‘Freedom’ yang dirilis oleh band Michael, Wham!.

Lagu ini menunjukkan sisi baru dari George Michael yang lebih sinis terhadap industri musik daripada sebelumnya. Bahkan, ia menolak tampil dalam video klip lagu ini dan menggunakan para model untuk hal tersebut. Lagu ini juga sempat dinyanyikan George Michael pada upacara penutupan Olimpiade London 2012.

12. Soy Yo – Bomba Estereo

Dinyanyikan oleh band asal Kolombia, Bomba Estereo, Soy Yo merupakan lagu latin yang terdapat pada album keempat mereka, Amanecer. Merilis video klip pada tahun 2016 dengan menampilkan debut dari Sarai Gonzalez, Soy Yo menjadi salah satu lagu terkenal dari Bomba Estereo. Lagu ini juga dipilih sebagai soundtrack permainan FIFA 16.

13. Boom Boom – Iggy Azalea & Zedd

Boom Boom merupakan lagu yang terdapat dalam album kedua Iggy Azalea, Digital Distortion. Sebelum Pitch Perfect 3, Boom Boom belum melakukan perilisan versi resminya. Versi demo lagu ini bocor pada 31 Mei 2017 lalu setelah perselisihan yang terjadi antara Iggy Azalea dan perusahaan rekamannya, Def Jam Recordings Inc. Sebelumnya, lagu ini juga sempat muncul dalam film Baywatch.

14. Tribe – Kim Viera

Dinyanyikan oleh Kim Viera, Tribe juga merupakan lagu orisinal yang ditulis oleh Heidi Rojas. Lagu ini merupakan lagu tentang perempuan yang saling mendukung perempuan lainnya dan berfokus pada persahabatan para perempuan yang merupakan pesan dari girl power dan woman empowerment.

15. Score Suite From Pitch Perfect 3 – Christopher Lennertz

Tak hanya lagu, soundtrack juga biasanya berisi skor musik dari film tersebut. Diproduksi oleh Christopher Lennertz, Score Suite From Pitch Perfect 3 berisi seluruh musik skor untuk latar belakang yang mengiringi sepanjang film yang disutradarai oleh Trish Sie ini diputar.

16. Silent Night – Hana Mae Lee & 80Fitz

Sebagai film untuk menyambut libur natal dan tahun baru, Pitch Perfect 3 tidak lupa menambahkan sentuhan lagu natal pada soundtracknya yaitu Silent Night. Dideklarasikan sebagai peninggalan budaya oleh UNESCO pada tahun 2011, Silent Night merupakan lagu yang dikomposisikan oleh Franz Xaver Gruber. Versi asli lagu ini sendiri adalah dalam bahasa Jerman dan telah diterjemahkan ke dalam 140 bahasa.

17. Baby, It’s Cold Outside – Kelley Jakley & Shelley Regner

Ditulis oleh Frank Loesser pada tahun 1944, Baby, It’s Cold Outside merupakan lagu yang dirilis untuk soundtrack Neptune’s Daughter. Lagu merupakan duet yang berisi dialog tentang seorang pemilik rumah (laki-laki) yang membujuk tamu (perempuan) untuk tetap bersama dan tidak pulang di sore yang romantis karena cuacanya sedang dingin dan perjalanan pulang akan sulit dilakukan.

Memenangkan Academy Award untuk kategori Best Original Song, sejak perilisannya lagu ini telah dinyanyikan kembali untuk film maupun penyanyi seperti Rod Stewart, Lady Antebellum dan Michael Buble.

18. Feliz Navidad – Chrissie Fit

Menambah semarak liburan, satu lagi lagu natal yang terdapat dalam soundtrack Pitch Perfect 3 yaitu Feliz Navidad. Ditulis dan dinyanyikan oleh Jose Feliciano, Feliz Navidad memiliki chorus dalam bahasa Spanyol yang sangat sederhana yang berarti ‘saya ingin mengucapkan Selamat Hari Natal dari lubuk hati yang terdalam‘.

Hingga saat ini, lagu ini telah menjadi lagu natal klasik dan dinyanyikan oleh banyak penyanyi terkenal seperti Boney M, Michael Buble ft Thalia, Celine Dion dan David Hasselhoff.

19. Freedom! ’90 x Cups –  The Bellas, The Voice Season 13 Top 12 Contestants

Selain menyanyikan versi akapela dari Freedom! 90, soundtrack Pitch Perfect 3 juga memuat versi mash up lagu ini dengan Cups (Pitch Perfect). Diluncurkan pertama kali dalam acara The Voice pada episode eliminasi pertama, lagu ini dinyanyikan oleh The Bellas dengan 12 besar kontestan The Voice Season 13. Sayangnya, Rebel Wilson yang berperan sebagai Fat Amy tidak ikut serta dalam menyanyikan lagu ini.