Meramaikan liburan imlek, pekan ini bioskop tanah air kehadiran film solo dari superhero Wakanda, Black Panther. Disutradarai oleh Ryan Coogler, Black Panther akan menjadi film terakhir Marvel Cinematic Universe sebelum Avengers: Infinity Wars.

Tidak seperti superhero lainnya, Black Panther mungkin kurang familiar di kalangan penonton awam. Supaya lebih kenal dengan kisah superhero yang satu ini, berikut 5 hal yang harus diketahui tentang Black Panther, dilansir dari Cinema Blend:

1. T’Challa (Black Panther)

Black Panther- T'Challa Black Panther- T'Challa

Berbeda dari pakem biasanya, sebelum film solonya Marvel Cinematic Universe telah memperkenalkan Black Panther terlebih dahulu dalam Captain America: Civil War. Dalam film tersebut, T’Challa diceritakan bergabung dalam Tim Iron Man yang setuju dengan perjanjian Sokovia. Dalam Marvel Cinematic Universe, T’Challa diperankan oleh Chadwick Boseman.

T’Challa sendiri merupakan putra dari raja Wakanda, T’Chaka. Ia tinggal di Wakanda, sebuah negara Afrika yang menutup dirinya dari dunia. Sebagai petarung dan pelindung, ia mengenakan pakaian perang yang terbuat dari bahan yang sama dengan perisai Captain America yaitu Vibranium. Merupakan anak tertua, ia adalah pewaris tahta setelah ayahnya meninggal. Kisah pembuktian dirinya pantas mewarisi tahta tersebutlah yang menjadi premis dari film solonya, Black Panther.

2. Raja T’Chaka

Black Panther- T'Chaka Black Panther- T'Chaka

Sebelum T’Challa, identitas dari Black Panther merupakan milik ayahnya, Raja T’Chaka (John Kani). Walaupun hanya muncul sebentar sebelum akhirnya terbunuh dalam Civil War, karakter T’Chaka digambarkan sebagai ayah dan raja yang bijaksana dan siap mengubah hubungan negaranya dengan seluruh dunia. Tentunya, ia pun memperoleh rasa hormat yang besar dari T’Challa sehingga pada saat penobatannya pun ia selalu hadir dalam pikiran putranya.

3. Wakanda

Black Panther- Wakanda Black Panther- Wakanda

Wakanda merupakan negara Afrika yang menjadi tempat tinggal dan tanah kelahiran dari Black Panther. Negara yang kaya akan sumber daya Vibranium ini sempat hadir dalam peta digital yang ditandai pada adegan akhir Iron Man 2, ketika Tony Stark (Robert Downey, Jr) dan Nick Fury (Samuel L. Jackson) membicarakan tentang rencana pembentukan Avengers.

Lebih lanjut, Wakanda pun pertama kali disebutkan dalam Avengers: The Age of Ultron di mana negara tersebut digambarkan misterius dan mempunyai pengetahuan yang mampu membuat kagum Bruce Banner (Mark Rufallo). Tampilan lebih besar dari Wakanda pun akhirnya terlihat jelas dalam adegan kredit Captain America: Civil War ketika Captain America (Chris Evans) dan Winter Soldier (Sebastian Stan) mengunjungi dan memanfaatkan teknologi majunya.

4. Ulysses Klaue

Black Panther - Ulysses Klaue Black Panther - Ulysses Klaue

Sebelum Black Panther, Ulysses Klaue (Andy Serkis) pertama kali muncul dalam Avengers: Age of Ultron. Dalam film tersebut, ia diperkenalkan sebagai seorang pencuri dan agen senjata yang menjual Vibranium. Pada masa lalu, Ulysses Klaue memiliki hubungan masa lalu dengan Tony Stark sebelum ia menjadi Iron Man. Hal ini diketahui Ultron ketika ia berusaha mencari cara untuk meningkatkan kemampuannya. Sayangnya, dalam transaksi jual beli Vibranium dengan Ultron, Klaue pun kehilangan salah satu tangannya.

Alasan mengapa ia mampu memperoleh bahan langka tersebut pun adalah karena ia merupakan satu dari beberapa orang yang mengetahui tentang Wakanda dan apa rahasia yang terkubur di tempat tinggal T’Challa tersebut. Di Black Panther, Ulysses Klaue hadir menjadi penjahat yang akan mengacaukan dunia demi keuntungannya sendiri.

5. Everett Ross

everett ross Black Panther - Everett Ross

Everett Ross (Martine Freeman) merupakan agen CIA yang pertama kali muncul dalam Captain America Civil War. Dalam kemunculan perdananya, ia berusaha mengontrol dan membuat peraturan untuk aksi yang dilakukan oleh Avengers setelah penyerangan teroris yang menewaskan Raja Wakanda, T’Chaka.

Ia pun sempat memberikan impresi yang cukup tidak menyenangkan ketika ia dengan sengaja mengijinkan Helmut Zemo (Daniel Bruhl) untuk mengaktifkan brainwashing Hydra pada Winter Soldier. Walaupun demikian, dalam Black Panther, Everett Ross menunjukkan bahwa dirinya adalah agen CIA yang kompeten dan merupakan teman yang penting untuk T’Challa.