Pertama kali dirilis pada tahun 2004, Saw merupakan franchise film horor yang diciptakan oleh James Wan dan Leigh Whannnell. Kesuksesan film pertamanya dalam Sundance Film Festival pun mau tak mau membawa Saw menjadi salah satu franchise film horor tersukses sepanjang masa. Tak hanya itu, kedelapan instalmen Saw juga selalu menjadi film yang diputar untuk menyambut Halloween.

Pekan ini, sekuel ketujuhnya ‘Jigsaw‘ pun kembali hadir di bioskop tanah air. Berlatar 10 tahun setelah kematian John Kramer (Tobin Bell), polisi kembali menemukan suksesor baru yang menggunakan metode sama dengan Kramer dalam investigasinya.

Hadir 7 tahun setelah film terakhirnya ‘Saw 3D‘, tak dapat dipungkiri Saw merupakan franchise yang cukup kompleks. Untuk menyegarkan ingatan sebelum menyaksikan Jigsaw, kali ini Movieden akan merangkum apa saja yang telah terjadi pada 7 film sebelumnya. Yuk, simak di bawah ini!

Saw (2004)

Merupakan film yang mengawali semuanya, Saw bercerita tentang dua orang pria yang terbangun dan menemukan diri mereka terjebak dalam keadaan dirantai di sebuah kamar mandi besar. Keduanya adalah Adam (Leigh Whannell) seorang fotografer dan Lawrence Gordon (Cary Elwes), seorang dokter yang dikuntitnya karena Adam meyakini Gordon berselingkuh dari istrinya.

Keduanya masing-masing memiliki tape dan diberikan instruksi. Tape Adam memerintahkannya untuk kabur, sedangkan milik Lawrence adalah ia harus membunuh Adam sebelum pukul enam atau istri dan anaknya akan dibunuh. Nyatanya, semua itu adalah perangkap yang dibuat oleh John Kramer/Jigsaw, pria yang didiagnosa kanker oleh dokter Lawrence. Pada akhirnya, Lawrence berhasil menyelamatkan diri dengan menggergaji kakinya dan Adam tewas setelah mencoba membunuh John dengan pistol Zep (Michael Emerson).

Saw II (2005)

Melanjutkan kisah sebelumnya, kali ini Jigsaw yang semakin lemah karena penyakit kankernya berhasil dibekuk oleh polisi. Walaupun demikian, ia berhasil menjebak salah satu petugas yang menangkapnya, Eric (Donnie Wahlberg) ke dalam permainan yang ia buat ketika ia menunjukkan 8 orang yang terjebak dalam perangkap buatan Jigsaw.

Selain menunjukkan permainan Jigsaw, Saw II juga mengeksplorasi alasan mengapa John Kramer memulai permainan tersebut. Dalam film tersebut, ia memberitahu Eric bahwa dirinya yang selamat setelah mencoba bunuh diri karena diagnosa kankernya adalah alasan sebenarnya diciptakan permainan tersebut. Dengan sisa waktunya yang semakin menipis, Jigsaw ingin menginspirasi orang lain tentang apresiasi baru yang ia temukan mengenai hidup.

Lewat film ini pula, Amanda Young (Shawnee Smith) yang merupakan satu dari delapan orang dalam permainan Jigsaw terungkap sebagai salah satu kaki tangan John. Amanda bertekad akan melanjutkan pekerjaan Jigsaw setelah ia meninggal.

Saw III (2006)

Semakin lemah, John Kramer kini hanya bisa terbaring di tempat tidur. Ia pun memberi tes kepada Jeff Denlon (Angus Macfadyen), seorang pria yang ingin membalas dendam kepada pria yang menabrak putranya hingga tewas. Di satu sisi, ia juga meminta penerusnya, Amanda Young untuk menculik istri Jeff, Lynn (Bahar Soomekh) sebagai tes terakhir sebelum dirinya meninggal.

Sayangnya, Amanda Young gagal menyelesaikan tes terakhirnya, yaitu menjaga seseorang untuk tetap hidup. Begitu pula dengan Jeff, yang diberikan ujian terakhir yaitu untuk membunuh atau memaafkan John. Memilih membunuhnya, Jeff pun harus menjalani satu permainan lagi karena John merupakan satu-satunya orang yang tahu di mana putrinya berada.

Saw IV (2007)

Walaupun telah meninggal pada film sebelumnya, diceritakan dalam Saw IV, Jigsaw berhasil mempengaruhi orang-orang untuk melanjutkan pekerjaannya. Kali ini, Letnan Daniel Rigg (Lyriq Bent) orangnya. Ia diletakkan dalam berbagai tes guna melepaskan dirinya dari obsesi menyelamatkan semua orang sambil mencoba menolong pasangannya.

Dalam sekuel ketiga ini juga dijelaskan akar dari serial Saw lewat wawancara yang diajukan seorang agen kepada mantan istri John, Jill Tuck (Betsy Russell). John Kramer, pada awalnya adalah pekerja sukses yang bekerja di bidang teknik sipil dan pengembangan properti. Suatu hari, Jill keguguran pada bulan ketujuhnya mengandung setelah Cecil Adams (Billy Otis), seorang pecandu membanting pintu ke perutnya ketika mencuri di klinik kesehatan miliknya.

Sejak kematian Gideon, hubungan John dan Jill pun merenggang yang mengakibatkan keduanya bercerai. Terjebak dalam depresi, ia pun didiagnosa kanker yang tidak dapat disembuhkan.

 

Selain mengungkapkan latar belakang Jigsaw, dalam film ini terungkap pula siapa kaki tangan baru Jigsaw  yaitu Mark Hoffman (Costas Mandylor).

Saw V (2008)

Setelah menjadi penerus Jigsaw, Mark Hoffman dipromosikan menjadi letnan detektif setelah menyelesaikan kasus yang terjadi dalam Saw IV. Di kantornya, ia menemukan kertas yang bertuliskan, “Saya tahu siapa kamu“. Tak hanya itu, ia pun dicurigai oleh Peter Strahm (Scott Patterson), agen FBI yang juga merupakan korban yang selamat dari permainan sebelumnya. Mau tak mau, ia pun harus melakukan berbagai cara untuk mencegah rahasianya diketahui.

Dalam Saw V juga diungkapkan apa hubungan Hoffman dengan Jigsaw. Saudari perempuan Hoffman dibunuh oleh kekasihnya, Seth Baxter (Joris Jarsky), namun sayangnya ia berhasil lolos dari hukuman. Ingin balas dendam, Hoffman pun membuat perangkap yang sama seperti Jigsaw untuk melempar tuduhan padanya. Jigsaw pun kemudian menculik dan meneror Hoffman untuk menjadi penerusnya. Pada akhirnya, Hoffman pun menjadi penerus secara sukarela dan membantu John menyiapkan perangkap dari awal.

Saw VI (2009)

Kembali memfokuskan pada tokoh utama pada film sebelumnya, Mark Hoffman, kali ini dirinya menyiapkan perangkap terbaru sesuai dengan instruksi yang ditinggalkan oleh John dalam kotak yang diserahkan Jill. Korban selanjutnya adalah eksekutif asuransi, William Easton (Peter Outerbridge) dan para pegawainya. Di satu sisi, Peter Strahm yang mengejar Hoffman menemukan dirinya dituduh sebagai kaki tangan Jigsaw.

Selain menceritakan kelanjutan kisah Hoffman, Saw VI juga mengungkapkan pada penonton bahwa Amanda Young juga tanpa sengaja memiliki andil atas kematian Gideon. Hoffman yang mengetahui hal tersebut pun mengancam Amanda dengan menyuruhnya membunuh Lynn. Hal itu diketahui Jill dan ia pun menyerang Hoffman sebagai permintaan terakhir John. Di akhir film, Hoffman berhasil lolos dari perangkap tersebut.

Saw 3D (2010)

Jill dan Hoffman saling bertarung untuk mengambil kontrol dari peninggalan Jigsaw. Setelah identitasnya diungkap ke publik oleh Jill, Hoffman menyiapkan permainan baru yang melibatkan kulit kepala untuk Jill. Sementara itu Bobby Dagen (Sean Patrick Flanery), penipu yang menulis buku tentang melarikan diri dari jebakan Jigsaw ditangkap dan dipaksa untuk menghadapi orang yang mengetahui kebohongannya.

Hoffman yang mencoba membunuh Jill ditangkap oleh Lawrence Gordon yang ternyata diselamatkan oleh John Kramer setelah melarikan diri pada akhir film Saw. Di akhir film, Gordon berhasil membawa Hoffman ke kamar mandi yang tidak digunakan dan membelenggu kakinya. Ia pun pergi meninggalkan Hoffman untuk mati.

 

Nah, itu dia ringkasan kejadian yang terjadi pada film sebelumnya. Sesudah membaca ini, pastinya kamu sudah siap dong menyaksikan kelanjutan kisah ini dalam Jigsaw! Selamat menonton!