Ikon legendaris Marvel, Stan Lee baru saja meninggal dunia pada usianya yang ke-95. Sepanjang karirnya, bersama rekannya ia telah menciptakan berbagai karakter yang ikonik seperti Spider-Man, Iron Man, X-Men, Hulk dan lainnya. Tak hanya karyanya, pria kelahiran tahun 1922 ini juga dikenal berkat penampilan cameonya. Tak heran, setiap perilisan film Marvel, cameo Stan Lee menjadi salah satu yang paling dinantikan.

Untuk mengenang Stan Lee, Movieden akan membagikan 10 cameo terbaik Stan Lee dan paling berkesan. Mau tahu yang mana saja? Simak di bawah ini!

1. Iron Man (2008)

Dikelilingi oleh gadis-gadis, penampilan cameo Stan Lee dalam Iron Man membuatnya terlihat seperti mendiang Hugh Hefner. Tidak heran, Tony Stark dalam film ini salah mengenalinya sebagai bos Playboy tersebut.

2. The Amazing Spider-Man (2012)

Salah satu cameo Stan Lee yang bisa dibilang sangat berkesan adalah saat ia tampil sebagai penjaga perpustakaan. Terlalu fokus mendengarkan musik klasik, ia sampai tidak sadar di belakangnya sedang terjadi pertarungan antara Spider-Man dan Lizard.

3. Big Hero 6 (2014)

Penampilan cameo Stan Lee yang satu ini bisa saja terlewat olehmu jika kamu tidak menyaksikan Big Hero 6 hingga adegan kredit yang benar-benar terdapat di ujung film. Merupakan penampilan cameo pertamanya di film animasi, Kali ini Stan Lee adalah ayah dari salah satu anggota Big Hero 6, Fred yang pulang ke rumah setelah sekian lama.

4. Captain America: Civil War (2016)

Pada salah satu adegan final Civil War, Stan Lee muncul sebagai seorang pekerja FedEx yang mengantarkan paket untuk Tony Stark. Lucunya, ia menyebut paket tersebut untuk Tony Stank!

5Guardians of the Galaxy 2 (2017)

Tidak melulu muncul di Bumi, kali Stan Lee muncul di luar angkasa. Adapun, dalam penampilan cameo ini ia membuat referensi tentang ia sempat bekerja sebagai pegawai FedEX. Karena pernyataan ini, penggemar pun mulai berspekulasi bahwa seluruh cameo yang dilakukan oleh Stan Lee adalah penampilan dari orang yang sama, Informan Watcher yang misterius.

6. Thor: Ragnarok (2017)

Selain Guardians of the Galaxy 2, Stan Lee berada di luar Bumi lewat cameonya di Thor: Ragnarok. Kali ini, ia ia bertugas untuk memotong rambut Thor yang panjang!

7. X-Men: Apocalypse 

Lain dari biasanya di mana ia selalu melakukan penampilan cameo seorang diri, kali ini ia didampingi oleh istrinya Joan Lee dalam film X-Men: Apocalypse. Adapun keduanya muncul pada adegan ketika Apocalypse menggunakan kekuatannya untuk meluncurkan nuklir dari seluruh dunia.

8. Avengers: Age of Ultron (2015)

Cameo dalam Avengers: Age of Ultron bisa disebut spesial karena Stan Lee menjadikan penampilan tersebut yang terfavorit dari semua yang telah dilakukannya. Adapun, alasan ini memilihnya pun sederhana saja, karena adegan ini memiliki durasi terpanjang dibandingkan yang lain.

“Baik, saya pikir cameo yang menjadi favoritku adalah yang saya lakukan dengan Thor. Saya berdiri di bar dengannya dan dia meminum minuman Asgardian, yang mana sangat kuat, dan saya meminta seteguk dan ia berkata, ‘Tidak, itu akan membunuhmu,’ dan saya memaksanya. Dan dia memberikanku seteguk dan adegan selanjutnya, mereka membwa saya pergi. Sekarang kamu berkata kepada dirimu sendiri, ‘Mengapa ini camoe favorit Stan?’ dan kamu belum memikirkan alasan sesungguhnya. Itu adalah satu-satunya yang saya lakukan yang memiliki dua adegan. Jadi, saya berharap itu berhasil. Lain kali, mereka akan memberikan saya tiga adegan. Kamu tidak tahu kapan itu akan berakhir,” ungkapnya pada Marvel HQ.

9. Avengers (2012)

Kemunculan superhero secara terang-terangan pertama kali setelah Battle of New York pun memancing perdebatan. Stan Lee pun tersorot sebagai salah satu warga yang ditanyai pendapatnya dengan mengatakan, “Pahlawan super di New York? Jangan ganggu saya.”

10. Teen Titans! Go To the Movies (2018)

Tidak hanya film yang berhubungan dengan Marvel, salah satu penampilan cameo terbaik Stan Lee juga ada yang berasal dari film DC, Teens Titans! Go To the Movies. Muncul sebanyak dua kali, tokoh legendaris Marvel ini pertama kali diceritakan melakukan cameo tanpa sadar bahwa ia sedang berada di film DC. Kemudian, pada adegan puncak film, ia kembali muncul dan mengatakan ia tidak peduli ini film DC karena ia sangat suka melakukan penampilan cameo. Tak lupa, ia juga mengatakan kata andalannya, Excelsior!

Walaupun telah tiada, penampilan cameo Stan Lee dalam waktu dekat masih bisa disaksikan lewat Ralph Breaks the Internet yang akan tayang mulai pekan depan. Sayangnya, penampilan cameo singkatnya tersebut ini tidak sempat ia saksikan. Selain itu, cameo lainnya yang masih dapat disaksikan adalah di film animasi Spider-Man: Into the Verse dan dua film MCU, Captain Marvel dan Avengers 4.