Mulai hari ini, A Star is Born siap mengguncang bioskop dengan kisah dan lagu romantisnya! Merupakan remake keempat dari film tahun 1937 berjudul sama, A Star is Born mengikuti kisah Jackson Maine (Bradley Cooper), musisi country alkoholik yang jatuh cinta dengan penyanyi muda, Ally (Lady Gaga).

Selain kisahnya, satu hal yang patut dinantikan dari filmnya adalah deretan lagu romantis yang hadir dalam soundtrack A Star is Born. Dirilis mulai pekan lalu, soundtrack A Star is Born sukses memuncaki Billboard 200. Tak hanya itu, beberapa lagu di antaranya seperti Shallow dan I’ll Never Love Again digadang-gadang akan menjadi kontender kuat untuk masuk nominasi lagu orisinil pada ajang Oscar mendatang.

Memiliki total tracklist sebanyak 34 buah (19 lagu dan 15 dialog), kali ini Movieden hanya akan membahas lagunya saja. Mau tau apa saja? Simak deretan soundtrack A Star is Born di bawah ini!

SPOILER ALERT: Penjelasan mengenai lagu di bawah ini dilengkapi dengan adegannya di dalam film. Pastikan kamu sudah menonton film ini atau tidak masalah dengan deskripsi adegan sebelum membacanya!

1. Black Eyes – Bradley Cooper

Lagu pertama yang hadir dan mengawali film A Star is Born adalah Black Eyes. Ditulis oleh Bradley Cooper dan Lukas Nelson, lagu ini dinyanyikan oleh karakter Jackson Maine di awal film ketika sedang menggelar konser di California.

2. La Vie En Rose by Lady Gaga

Dirilis sebagai single pada tahun 1947, La Vie En Rose merupakan lagu andalan dari penyanyi populer asal Prancis, Edith Piaf. Dalam film A Star is Born, lagu yang sangat populer di Amerika Serikat pada tahun 1950 ini dinyanyikan oleh Lady Gaga pada adegan pertemuan pertama antara Jackson Maine dan Ally.

3. Maybe It’s Time by Bradley Cooper

Maybe It’s Time merupakan salah satu lagu yang tidak hanya hadir dalam film namun juga diputar bersama dalam trailer A Star is Born. Ditulis oleh Jason Isbell, lagu ini diputar beberapa kali di dalam film termasuk adegan ketika hubungan romantis antara Jackson Maine dan Ally dimulai.

4. Out Of Time by Bradley Cooper

Out of Time bisa dibilang cukup berbeda dengan lagu-lagu lainnya karena hanya berisi alunan instrumental. Adapun instrumental yang dimainkan untuk lagu ini terdiri dari perkusi, gitar lap steel, gitar akustik, keyboard, bass dan drum.

5. Alibi by Bradley Cooper

Lagu selanjutnya yang hadir dalam soundtrack adalah Alibi. Lagu ini merupakan satu-satunya lagu yang ditulis bersama oleh Lady Gaga, Bradley Cooper dan Lukas Nelson.

6. Shallow by Lady Gaga & Bradley Cooper

Dirilis sebagai single pertama, Shallow merupakan lagu terpopuler dari soundtrack A Star is Born. Shallow diyanyikan dalam film pada sekuen di mana Jackson menampilkan lagu tersebut di Greek Theater setelah memberitahu Ally dirinya akan menyanyikan lagu yang mereka tulis bersama. Untuk pengambilan gambar pada sekuen ini, Cooper memenuhi Greek Theater dengan sekitar 2000 fans Lady Gaga dan merekamnya.

7. Music To My Eyes by Lady Gaga & Bradley Cooper

Memiliki rentang genre yang cukup beragam, Music to My Eyes menjadi wakil dari musik country yang dinyanyikan dengan romantis oleh dua pemeran utamanya, Lady Gaga dan Bradley Cooper. Dalam film lagu ini diputar saat Jack menjemput Allu untuk pergi tur bersamanya.

8. Diggin’ My Grave by Lady Gaga & Bradley Cooper

Selain Music to My Eyes, Cooper dan Gaga kembali berduet untuk soundtrack A Star is Born lewat lagu Diggin’ My Grave. Ditulis oleh Paul Kennerley, lagu ini menjadi salah satu yang sama sekali tidak melibatkan Lady Gaga dalam penulisannya.

9. Always Remember Us This Way by Lady Gaga

Ditulis oleh Lady Gaga, Natalie Hemby, Hillary Lindsey, dan Lori McKenna, Always Remember Us This Way adalah lagu ballad country yang diiringi dengan piano. Dalam film, karakter Ally menyanyikan lagu ini ketika dalam tur bersama Jackson.

10. Look What I Found by Lady Gaga

Genre lain yang turut hadir dalam soundtrack film musikal ini adalah pop. Look What I Found merupakan penanda karakter Ally yang telah memiliki karir dan label mulai merambah ranah pop lewat lagu tersebut dengan dukungan Jackson.

11. Heal Me by Lady Gaga

Single kedua yang ia nyanyikan setelah beralih ke pop adalah Heal Me. Adapun, dalam film diceritakan Ally menyanyikan lagu ini ketika tampil di acara I Heart Radio.

12. I Don’t Know What Love Is by Lady Gaga & Bradley Cooper

Sesuai dengan tema musikal romantis, lagu lain dalam soundtrack yang menggambarkan perjalanan cinta romantis antara Jackson dan Ally adalah duet Cooper-Gaga dalam lagu I Don’t Know What Love Is. Lagu ini diputar saat adegan pernikahan antara Jackson dan Ally.

13. Is That Alright? by Lady Gaga

Jika kamu sudah menonton A Star is Born, mungkin lagu ini terdengar kurang familiar. Adapun hal ini dikarenakan lagu ballad ini tidak diputar pada bagian utama film melainkan pada kredit A Star is Born.

14. Why Did You Do That? by Lady Gaga

Selain lagu romantis, soundtrack A Star is Born juga memuat lagu yang menggambarkan konflik antara keduanya seperti Why Did You Do That. Menggambarkan perbedaan kreatif antara keduanya dalam bermusik, lagu ini dibawakan Ally ketika ia tampil dalam acara Saturday Night Live.

15. Hair Body Face by Lady Gaga

Hair Body Face menceritakan kisah Ally yang memiliki ketidaknyamanan karena wajahnya. Walaupun demikian, di bagian chorus, Ally dengan percaya diri menyanyikan bahwa orang yang dicintainya mengatakan untuk menghiraukan kata-kata orang lain. Dalam film ini, lagu ini dinyanyikan ketika Ally latihan bersama dengan penari latarnya.

16. Before I Cry by Lady Gaga

Ditulis oleh Lady Gaga, Mark Nilan Jr, Nick Monson dan Paul “DJWS” Blair, Before I Cry menggambarkan dampak setelah terjadinya sebuah argumen dalam bentuk lirik musikal.

17. Too Far Gone by Bradley Cooper

Lagu terakhir yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Bradley Cooper dalam film adalah Too Far Gone. Adapun lirik lagu ini berisi permintaan karakter Jackson yang berharap diberitahu bahwa ia tidak pergi telalu jauh.

18. I’ll Never Love Again (Film Version) by Lady Gaga & Bradley Cooper

Ditampilkan pada adegan final A Star is Born, I’ll Never Love Again menjadi lagu emosional yang menjadi penutup dari kisah cinta Jackson dan Ally. Tak hanya lagunya yang emosional, kisah di balik pengambilan gambar untuk lagu ini juga cukup menyedihkan. Lady Gaga yang sedang bernyanyi untuk adegan ini menerima telepon bahwa temannya sedang dalam momen akan meninggal. Sayangnya, ketika ia tiba di rumah sakit, temannya telah pergi. Walaupun mengalami kejadian buruk, ketika ia kembali ke lokasi syuting ia tetap melanjutkan pengambilan gambar untuk adegan ini.

19. I’ll Never Love Again (Extended Version) by Lady Gaga

Selain versi film, I’ll Never Love Again juga dirilis dalam versi lebih panjang yang hanya dinyanyikan oleh Lady Gaga dalam soundtrack A Star is Born.