Setiap tahunnya pada 14 Februari, hampir seluruh orang di dunia merayakan hari Valentine. Perayaan hari kasih sayang pun dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti bertukar cokelat, bunga hingga makan malam romantis dengan orang terkasih. Selain hal-hal tadi, hari Valentine juga bisa dirayakan dengan kegiatan menonton film. Mulai dari film komedi romantis hingga thriller, berikut 10 film Valentine untuk melengkapi hari kasih sayangmu!

1. Titanic (1997)

film valentine - titanic film valentine - titanic

Tak lekang oleh waktu. Itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan dari film arahan James Cameron ini. Terutama adegan di mana Rose mengucapkan ‘I’m Flying dan soundtrack My Heart Will Go On yang dinyanyikan Celine Dion masih lekat di hati hingga saat ini. Memasangkan Leonardo De Caprio dan Kate Winslet, Titanic bercerita tentang kisah cinta Jack dan Rose sebelum pada akhirnya peristiwa tenggelamnya Titanic yang memisahkan keduanya.

2. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

film valentine - eternal-sunshine-of-the-spotless-mind film valentine - eternal sunshine of the spotless mind

Bagaimana jika ada perusahaan yang mampu menghapus kenangan mengenai pasangan? Topik tersebut lah yang diangkat dalam Eternal Sunshine of Spotless Mind. Bergenre romantic science-fiction, film yang disutradarai oleh Michel Gondry tersebut bercerita tentang Joel (Jim Carrey) dan Clementine (Kate Winslet), sepasang kekasih yang menjalani proses penghapusan memori. Namun, keduanya tanpa sengaja bertemu dan jatuh cinta kembali. Sepanjang film, kita akan disuguhkan kenangan-kenangan indah pertemuan keduanya sebelum pada akhirnya hubungan mereka memburuk.

3. 10 Things I Hate About You (1999)

film valentine- 10 things i hate about you film valentine- 10 things i hate about you

Suka menonton film dengan tema cinta remaja? Kamu bisa coba menonton 10 Things I Hate About You. Merupakan modernisasi dari The Taming of the Shrew karya William Shakespeare, 10 Things I Hate About You bercerita tentang murid baru, Cameron (Joseph Gordon-Levitt) jatuh cinta pada Bianca (Larisa Oleynik), sayangnya untuk dapat berpacaran dengannya, kakak Bianca, Kat. (Julia Stiles) harus mempunyai pacar lebih dulu. Ia pun membayar Patrick (Heath Ledger) untuk mengencani Kat.

4. Blue Valentine (2010)

film valentine-blue valentine film valentine-blue valentine

Jika pada film-film romantis, pernikahan adalah akhir yang bahagia. Maka berbeda dengan Blue Valentine. Film yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Michelle Williams ini menampilkan permasalahan kompleks yang kerap kali timbul pada masa-masa pernikahan yang membuatnya berada di ambang perpisahan.

Disutradarai oleh Derek Cianfrance, Blue Valentine mengikuti kisah Dean (Gosling) dan Cindy (Williams) yang mengalami keretakan setelah Dean tidak bisa menerima Cindy yang berubah. Menggunakan narasi non linear, Blue Valentine menampilkan kejadian masa kini yang diselipkan kejadian-kejadian bagaimana keduanya akhirnya menikah.

5. Forgetting Sarah Marshall (2008)

film valentine - forgetting sarah marshall film valentine - forgetting sarah marshall

Baru saja berpisah dengan pasangan? Forgetting Sarah Marshall bisa menjadi obat untuk mengobati patah hati. Setelah 5 tahun berpacaran, Peter Bretter (Jason Segel) diputuskan oleh Sarah Marshall (Kristen Bell). Merasa sedih, Peter pun memutuskan pergi berlibur ke Hawaii untuk melupakan sakit hatinya. Namun, siapa sangka di sana ia pun bertemu Sarah dengan pacar barunya, Aldous Snow (Russell Brand). Film ini akan mengingatkan bahwa patah hati hanya sementara dan jangan takut untuk memulai kembali.

6. Annie Hall (1977)

film valentine-annie hall film valentine-annie hall

Merupakan salah satu film terbaik dari Woody Allen, Annie Hall bukan hanya film komedi romantis yang menceritakan hubungan manis antara kedua tokoh utamanya, namun juga film mengenai putus cinta. Berdurasi satu setengah jam, Annie Hall menceritakan kisah Alvy (Woody Allen) yang mencoba mencari tahu apa yang salah sehingga hubungannya dengan Annie (Diane Keaton) kandas.

7. Four Weddings and a Funeral (1994)

film valentine - four weddings and a funeral film valentine - four weddings and a funeral

Sama seperti judulnya, dua tokoh utama dalam film yang ditulis oleh Richard Curtis ini, Charles (Hugh Grant) dan Carrie (Andie Mac Dowell) harus melewati serangkaian kejadian yaitu 4 pernikahan dan 1 pemakaman sebelum pada akhirnya bersatu. Tidak hanya menghibur dan manis, Four Weddings and A Funeral juga memiliki adegan yang bisa menguras air mata.

8. Say Anything… (1989)

film valentine - say anything film valentine - say anything

Bisakah remaja laki-laki yang tidak punya masa depan mendapatkan hati perempuan yang tidak hanya cantik namun juga terpintar di sekolahnya? Itulah yang terjadi antara Llyod (John Cusack) dengan Diane (Ione Skye) dalam Say Anything. Disutradarai dan ditulis sendiri oleh Cameron Crowe, Say Anything berhasil menampilkan kisah cinta pada masa remaja yang penuh tidak kepastian namun begitu polos dan sederhana. Tak heran, film ini disebut sebagai salah satu film remaja terbaik yang pernah dibuat.

9. My Bloody Valentine (2009)

film valentine - my bloody valentine film valentine - my bloody valentine 

Merayakan hari kasih sayang bukan berarti harus menonton film-film romantis. Kamu bisa menyaksikan film bergenre lain, misalnya slasher seperti My Bloody Valentine. Mengambil latar waktu pada hari Valentine, film yang disutradarai oleh Patrick Lussier ini berkisah tentang Tom (Jensen Ackles) yang pulang ke kampung halamannya pada peringatan 10 tahun kejadian pembantaian pada malam Valentine mendapati dirinya dituduh sebagai tersangka pembunuhan.

10. Eiffel… I’m in Love 2 (2018)

film valentine - eiffel im in love 2 film valentine - eiffel im in love 2

Selain menonton film di rumah, merayakan Valentine dengan menyaksikan film di bioskop juga bisa menjadi pilihan. Tepat 14 Februari tahun ini, bioskop Indonesia dimeriahkan dengan Eiffel… I’m In Love 2. Disutradarai oleh Rizal Mantovani, Eiffel.. I’m in Love 2 akan melanjutkan kisah cinta Adit (Samuel Rizal) dan Tita (Shandy Aulia) setelah menjalani hubungan jarak jauh selama 12 tahun.

Itu dia 10 film yang dapat kamu tonton untuk Valentine tahun ini. Selain Eiffel… I’m in Love 2, kamu juga bisa nonton film Indonesia lain seperti Dilan 1990 dan London Love Story 3. Atau kalau kamu tidak ingin menonton film romantis, film terbaru Marvel Black Panther bisa kamu pertimbangkan. Selamat hari Valentine!