Kisah pahlawan rakyat yang kerap mencuri dari yang kaya dan diberikan kepada yang miskin, Robin Hood kembali hadir dalam film layar lebar. Diperankan oleh Taron Egerton, kisahnya akan berfokus pada Robin Hood yang menemukan negeri tempatnya tinggal penuh dengan pejabat korup yang menyengsarakan rakyatnya. Dibantu Little John (Jamie Foxx), ia berusaha melawan tirani Inggris yang sangat kuat.

Merupakan salah satu tokoh fiksi yang kerap diadaptasi ke layar lebar, cukup banyak versi layar lebar yang dapat kamu saksikan. Tak hanya itu, saking populernya, saat ini terdapat 7 proyek Robin Hood yang masih dalam tahap pengembangan dari berbagai studio mulai dari Disney, Sony hingga Warner Bros. Nah, supaya kamu tidak bingung mau nonton versi yang mana, berikut 5 film Robin Hood Terbaik yang bisa kamu coba!

1. The Adventures of Robin Hood (1938)

Adaptasi klasik dari Robin Hood yang satu ini bisa dibilang paling menghibur untuk ditonton. Film yang disutradarai oleh Michael Curtiz dan William Keighley ini sukses menggabungkan elemen drama, romantis dan aksinya. Tak hanya didukung naskah dan pengarahan yang baik, Errol Flynn yang memerankan Robin Hood menjadi ikonik berkat pesonanya. Bahkan, hingga saat ini, Flynn menjadi standar dari semua aktor yang memerankan karakter tersebut.

2. Robin and Marian (1976)

Jika kebanyakan kisah Robin Hood mengambil latar waktu masa-masa perjuangannya melawan orang kaya demi membantu yang miskin, Robin and Marian mencoba menggambarkan kisahnya 20 tahun setelah kisah aslinya. Disutradarai oleh Richard Lester, kisahnya berfokus pada Robin (Sean Connery) yang telah berusia separuh baya kembali bertemu dengan Marion (Audrey Hepburn) yang kini telah menjadi biarawati. Didukung chemistry yang menghipnotis, keduanya sukses menampilkan cinta yang semakin dewasa seiring berjalannya waktu.

3. Robin Hood: Prince of Thieves (1991)

Salah satu yang tersukses dari adaptasi Robin Hood, Prince of Thieves menjadi film dengan pendapatan tertinggi pada tahun perilisannya. Walaupun penampilan Kevin Costner sebagai Robin Hood tidak terlalu disukai, film yang disutradarai oleh Kevin Reynolds ini masih didukung oleh deretan pemain lainnya yang tampil cukup solid. Pujian tersebut terutama diberikan kepada Alan Rickman yang menerima BAFTA Awards untuk Aktor Pendukung Terbaik berkat perannya sebagai Sherriff Nottingham.

4. Robin Hood (2010)

Dibandingkan dengan versi lainnya, Robin Hood (2010) memiliki kisah yang lebih kelam dan brutal. Disutradarai oleh Ridley Scott, versi Robin Hood yang satu ini fokus pada perjalanan Robin Longstride (Russell Crowe) sebelum akhirnya ia mengasingkan diri ke hutan Sherwood Forest dan dikenal dengan pangeran pencuri. Dipenuhi oleh jejeran bintang yang menampilkan performa luar biasanya seperti Russell Crowe, Cate Blanchett, Mark Strong, dan Oscar Isaacs, tentunya versi yang ini tidak boleh kamu lewatkan!

5. Robin Hood (1973)

Selain sering diadaptasi ke live action, Robin Hood juga pernah dibuatkan versi animasinya oleh Disney. Kali ini, Robin Hood dibuatkan versi fabel di mana tokoh tersebut adalah seekor rubah merah yang berusaha melawan kekuasaan Pangeran John (singa). Versi klasik ini sangat menghibur untuk anak-anak maupun dewasa sehingga sangat cocok ditonton bersama keluarga. Tak ketinggalan, sebagai film musikal, tentunya lagu-lagu keren mengiringinya termasuk Love yang dinominasikan sebagai lagu original terbaik pada ajang Academy Awards.