Film horor selalu menjadi salah satu genre populer bagi penonton bioskop. Sensasi adrenalin yang dirasakan ketika momen-momen menegangkan dan mencekam menjadi nilai jual utama dari film horor. Tentunya, tidak berbeda dengan genre lain, kesuksesan sebuah film horor juga tidak dilewatkan oleh para pembuat film dengan menjadikannya sebuah franchise.

Mulai dari Halloween hingga Child’s Play, ini dia 10 franchise horor terbaik yang tidak hanya sadis namun juga mencekam!

1. Halloween

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 11

Film pertama: Halloween (1978) – John Carpenter

Sesuai dengan judulnya, franchise ini mengambil latar waktu pada perayaan Halloween. Adapun seri Halloween berfokus pada sosok pembunuh berantai bernama Michael Myers yang dikirim ke sanitarium ketika kanak-kanak setelah membunuh saudara perempuannya, Judith Myers. 15 tahun berselang, ia pun kabur untuk membunuh orang-orang di sebuah kota fiksi bernama Haddonfield.

Kecuali Halloween III: Season of the Witch, Michael Myers merupakan sosok antagonis utama dalam seluruh film dalam franchise Halloween tersebut. Selain Mike Myers, sosok karakter ikonik dari seri franchise ini adalah Laurie Strode yang diperankan oleh Jamie Lee Curtis.

Tahun 2018, film ke-11 dari franchise ini, Halloween (2018) dirilis dan menjadi sekuel dari film pertamanya dan mengabaikan sekuel lain yang dirilis sebelumnya. Sama seperti film pertamanya, seri terbaru yang disutradarai oleh David Gordon Green ini juga mendapat respon positif dan membuka jalan untuk melanjutkan franchise Halloween.

2. The Texas Chainsaw Massacre

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 8

Film pertama: The Texas Chain Saw Massacre (1974) – Tobe Hooper

Jika Halloween punya Mike Myers, maka Texas Chainsaw Massacre punya Leatherface. Seri yang dimulai pada tahun 1974 ini berfokus pada kisah pembunuh berantai Leatherface dan keluarga psikotiknya yang kerap meneror dengan membunuh dan melakukan tindakan kanibal terhadap pengunjung tak terduga yang datang ke wilayah mereka yaitu sisi pinggiran Texas. Adapun karakter Leatherface terinspirasi dari pembunuh di dunia nyata bernama Ed Gein.

Terlepas dari filmnya yang dilarang di beberapa negara karena terlalu sadis, The Texas Chain Saw Massacre (1974) meraih respon positif dan mendapat pengakuan sebagai salah satu film horor terbaik dan paling berpengaruh dalam sejarah perfilman. Pujian pun diberikan kepada karakterisasi pembunuh, alat hingga cara membunuh korban. Kesuksesan ini pun membawanya dibuatkan 7 film lagi termasuk yang terakhir, Leatherface (2017) — prekuel dari kisah The Texas Chainsaw Massacre.

3. Friday the 13th

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 12

Film pertama: Friday the 13th (1980) – Sean S. Cunningham

Usai kesuksesan Halloween (1974), kesempatan untuk menghasilkan film horor slasher pun digunakan oleh Sean S. Cunningham untuk mengarahkan Friday the 13th. Adapun, karakter utama dari seri ini adalah Jason Voorhees, laki-laki yang tenggelam di danau Camp Crystal saat masih kanak-kanak karena kelalaian stafnya. Beberapa dekade setelah kejadian tersebut, danau tersebut pun dirumorkan terkutuk dan dijadikan tempat untuk pembunuhan massal.

Walaupun tidak terlalu populer dari segi kritik, Friday the 13th merupakan salah satu franchise paling sukses di Amerika. Topeng hockey Jason merupakan salah satu gambar yang paling dikenali dari kebudayaan pop dan horor. Selain itu, kesuksesannya ini pun membuatnya membuat crossover dengan franchise film horor terbaik lainnya, Nightmare on Elm Street dalam film Freddy Vs. Jason (2003).

4. Nightmare on Elm Street

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 9

Film pertama: A Nightmare on Elm Street (1984) – Wes Craven

Perasaan takut yang ditimbulkan oleh film horor terkadang terbawa hingga ke mimpi sehingga membuat sulit tidur. Terutama jika kamu menonton A Nightmare on Elm Street. Bukan karena takut bermimpi buruk, namun kali ini takut dengan Freddy Krueger, si pembunuh dalam mimpi. Freddy Krueger sendiri merupakan pembunuh anak-anak yang dibunuh dengan cara dibakar hidup-hidup oleh orang tua dari korbannya. Usai kematiannya, ia pun kembali membunuh para remaja dalam mimpinya.

Secara keseluruhan, film horor ini menerima respon yang cukup beragam. Walaupun demikian, karakter Freddy Krueger sukses menjadi salah satu tokoh ikonik yang menjadikan seri lain franchise ini selalu sukses secara komersil. Saat ini, remake kedua untuk film ini sedang memasuki tahap pengembangan.

5. Insidious

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 4

Film pertama: Insidious (2010) – James Wan

Franchise film horor tidak hanya datang dari abad 20, melainkan juga baru-baru ini seperti Insidious. Berfokus pada kasus demonologi (ilmu yang mempelajari setan dan segala hal tentangnya), dua film pertama Insidious berfokus pada pasangan yang anak laki-lakinya tiba-tiba koma, terus-terusan mengalami teror oleh iblis dari tempat yang disebut the Further hingga mereka mengambil apa yang paling diinginkan keluarga tersebut: kehidupan. Sedangkan film ketiga dan keempatnya merupakan prekuelnya.

Meraih kritik beragam, Insidious sukses secara komersil dan memiliki kalangan fans yang cukup besar. Adapun film kelimanya saat ini sedang dalam tahap pengembangan dan direncanakan akan rilis pada 2021 mendatang.

6. The Conjuring

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 5

Film pertama: The Conjuring (2012) – James Wan

Selain Insidious, film horor masa kini yang menempati daftar franchise horor terbaik adalah The Conjuring. Adapun  seri The Conjuring berfokus pada investigator paranormal, Ed dan Lorraine Warren yang kerap membantu orang-orang yang menemukan diri mereka dihantui dan dirasuki oleh roh jahat. Kesuksesannya menghadirkan kengerian lewat gaya penceritaan horor rumah tua ini pun membuatnya semakin sukses.

Roh-roh yang ditemui oleh pasangan Warren ini pun begitu ikonik hingga dibuatkan film solonya sendiri seperti Annabelle dan The Nun. Digadang-gadang sebagai calon franchise film horor tersukses sepanjang masa, saat ini The Conjuring Universe tengah menggarap dua film lagi yaitu The Conjuring 3 dan The Crooked Man.

7. Saw

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 8

Film pertama: Saw (2004) – James Wan

Sebelum Insidious dan The Conjuring, franchise film horor yang diawali dengan penyutradaraan James Wan adalah Saw. Franchise ini berfokus pada kisah John Kramer yang dikenal sebagai Jigsaw. Berbeda dengan film horor kebanyakan di mana karakter utamanya menjadi pembunuh langsung korbannya, Jigsaw menjebak para korbannya dengan situasi yang ia sebut tes atau permainan untuk mengetahui sejauh mana keinginan mereka untuk hidup lewat penyiksaan fisik dan psikologis. Walaupun telah terbunuh di Saw III, franchise ini tetap fokus pada pengaruh dari Jigsaw dan penerusnya yang dieksplorasi lewat flashback.

Memiliki keterbatasan budget untuk film pertamanya, respon positif pada Sundance Film Festival membuat hak ciptanya oleh Lionsgate. Kesuksesan ini pun turut berlanjut ketika perilisannya di layar lebar sukses mengumpulkan lebih dari 100 juta dolar yang mana berkali-kali lipat dari biaya pembuatannya ($1,2 juta)

8. The Exorcist

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 6

Film pertama: The Exorcist (1973) – William Friedkin

Kerasukan yang dialami oleh berbagai orang dan ritual keagamaan untuk memberantasnya menjadi tema utama dari seri The Exorcist. Adapun tokoh antagonis yang merasuki korbannya adalah Pazuzu. Versi original dari seri The Exorcist terinspirasi dari buku tahun 1971 berjudul sama berkisah tentang kerasukan yang dialami oleh anak perempuan berusia 12 tahun dari seorang aktris dan dua pendeta yang berusaha mengusir iblis tersebut dari tubuhnya dengan praktik eksorsisme.

Mengalami banyak masalah dalam proses pembuatannya hingga disebut sebagai proyek terkutuk, The Exorcist sukses meraih 10 nominasi Oscar dan memenangkan dua di antaranya (Naskah Adaptasi Terbaik dan Penataan Suara Terbaik). Tak hanya itu, The Exorcist pun disebut-sebut sebagai film horor terbaik sepanjang masa dan tersukses pada masanya.

9. Poltergeist

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 4

Film pertama: The Poltergeist (1982) – Tobe Hooper

Trilogi orisinal dari Poltergeist mengikuti kisah keluarga Freeling yang diikuti dan diteror oleh sekelompok hantu yang dipimpin oleh iblis yang dikenal sebagai Beast. Adapun, dikisahkan Beast tertarik pada anak perempuan termuda dari keluarga tersebut, Carol Anne.

Walaupun menulis naskah dan memproduseri seri pertama Poltergeist, Steven Spielberg tidak diperbolehkan menyutradarai film ini karena kontraknya saat mengerjakan E.T the Extra-Terrestrial. Maka itu, Tobe Hooper pun dipilih sebagai sutradara dari Poltergeist usai kesuksesannya mengarahkan The Texas Chain Saw Massacre.

Selain film pertamanya, dua sekuel maupun remake dari Poltergeist mendapat respon yang beragam hingga negatif.

10. Child’s Play

franchise film horor terbaik

Jumlah film: 7

Film pertama: Child’s Play (1988) – Tom Holland

Sosok pembunuh berantai dalam film horor bisa hadir dalam wujud apapun, mulai dari bertopeng, dalam mimpi, hingga dalam bentuk boneka seperti dalam Child’s Play. Adapun, seri ini fokus pada Chucky, pembunuh berantai yang rohnya berpindah ke boneka Good Guy setelah melakukan ritual voodoo guna menghindari kehidupan setelah kematian dan neraka.

Pada awalnya film ini dibuat dengan elemen horor psikologis sebelum pada akhirnya perlahan berubah menjadi film slasher dengan humor gelap. Perlahan seri ini pun sempat menjadi horor-komedi dengan Bride of Chucky (1998) dan Seed of Chucky (2004). Tahun 2012, Curse of Chucky pun dibuat dengan horor yang memiliki nafas yang sama dengan tiga instalmen pertamanya.