Belum lama ini, Warner Bros dan DC  mengumumkan proyek spin-off baru dari The Batman yaitu kisah asal mula The Joker. Dilansir dari Deadline, Todd Phillips (Hangover) akan mengarahkan film tersebut sekaligus menulis naskahnya dengan Scott Silver. Selain itu, Martin Scorsese akan menduduki bangku produser.

Menariknya, proyek film solo The Joker ini dikatakan akan terpisah dari DCEU dan akan diperankan oleh aktor yang berbeda. Sebelumnya, karakter  Joker dalam DCEU pertama kali muncul dalam Suicide Squad dan akan melanjutkan perannya dalam Suicide Squad 2 dan film solo Harley Quinn and Joker. The Joker kemungkinan akan diperankan oleh aktor yang lebih muda dan mengambil latar waktu tahun 1980-an.

Tentunya, pengumuman ini mau tak mau memicu kontroversi yang mana fans tidak terlalu ingin tahu kisah asal mula dari musuh ikonik Batman tersebut. Tak hanya itu, hal ini juga memperpanjang deretan proyek WB Pictures dan DC, lalu apa saja sih proyek masa depan DCEU yang telah ada? Simak di bawah ini!

YANG RILIS TAHUN INI

wonder woman - proyek masa depan dceu Justice League - Proyek masa depan DCEU

DCEU memiliki dua judul film yang dirilis pada tahun 2017 yaitu Wonder Woman dan Justice League. Wonder Woman sendiri telah tayang pada akhir Mei lalu dan menjadi film pertama DCEU yang memperoleh respon sangat positif. Dan juga, film yang dibintangi Gal Gadot ini juga menjadi film dengan pendapatan tertinggi dengan sutradara perempuan.

Sedangkan Justice League direncanakan akan rilis di Amerika Serikat pada 16 November 2017 mendatang. Film ini akan menghadirkan Batman, Superman, Wonder Woman, Flash, Aquaman dan Cyborg yang bersatu dalam satu tim untuk melindungi bumi dari Darkseid.

PROYEK MASA DEPAN DCEU

Tahun 2018, hanya ada 1 film dari proyek masa depan DC Extended Universe yang akan rilis yaitu Aquaman pada 21 Desember. Film keenam DCEU yang disutradarai oleh James Wan tersebut akan bercerita tentang Arthur Curry (Jason Momoa) menemukan dirinya adalah keturunan dari Kerajaan bawah laut Atlantis, ia harus maju untuk memimpin orang-orangnya dan menjadi pahlawan untuk dunia.

Selain Aquaman, dari panel Warner Bros di San Diego Comic Con 2017, diketahui akan ada 8 film resmi dari DC Extended Universe yaitu

Shazam 

Shazam - Proyek Masa depan DCEU Shazam - Proyek Masa depan DCEU

Proyek Shazam pertama kali terdengar ketika Dwayne Johnson mengumumkan dirinya akan terlibat di dalam film ini sebagai antihero Black Adam. Walaupun demikian, Dwayne Johnson tidak akan tampil di dalam film ini melainkan pada film solonya sendiri. Shazam sendiri direncanakan akan rilis pada 5 April 2019.

Film yang akan disutradarai oleh David F. Sanberg (Annabelle: Creation) akan berfokus pada kisah anak laki-laki yang diberikan kemampuan untuk berubah menjadi superhero dewasa ketika dibutuhkan dengan satu kata ajaib. Maka dari itu, karakter tersebut akan diperankan oleh dua aktor yang berbeda.

Wonder Woman 2 

Wonder Woman 2 - Proyek Masa depan DCEU Wonder Woman 2 - Proyek Masa depan DCEU

Kesuksesan Wonder Woman dari segi kritik maupun box office tentunya membuat Warner Bros dan  DC melanjutkan proyek sekuelnya. Patty Jenkins akan kembali mengarahkan dan menulis naskah bersama Geoff Johns untuk film yang dibintangi Gal Gadot tersebut. Sekuel Wonder Woman ini akan rilis pada 13 Desember 2019. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai alur cerita maupun pemain yang akan bergabung.

Green Lantern Corps 

Green Lantern Corps - Proyek Masa depan DCEU Green Lantern Corps - Proyek Masa depan DCEU

Merupakan salah satu pendiri Justice League, Green Lantern menjadi satu-satunya karakter yang tidak hadir di dalam film Justice League (2017). Karakter yang akan hadir dalam film tersebut adalah Hal Jordan (Lantern kedua) dan John Stewart (Lantern keempat). Green Lantern Corps direncanakan akan rilis pada tahun 2020.

Hingga saat ini belum ada jajaran pemain yang diumumkan. David S. Goyer dan Justin Rhodes akan menulis naskah untuk film ini. Selain menulis skrip, Goyer juga akan duduk di bangku produser.

The Batman

The Batman - Proyek Masa depan DCEU The Batman - Proyek Masa depan DCEU

Pada Oktober 2016, Ben Affleck mengonfirmasikan pengerjaan film solo The Batman. Selain itu ia juga mengumumkan dirinya telah menulis skrip dan akan mengarahkan film tersebut. Namun, pada awal tahun 2017, Ben Affleck memutuskan mundur dari bangku sutradara dan digantikan oleh Matt Reeves, sutradara War of the Planet of the Apes.

Tak hanya itu, naskah yang digunakan akan kembali ditulis oleh Chris Terrio dan Geoff Johns. Sempat beredar kabar bahwa Ben Affleck akan meninggalkan peran Batman dan DCEU, namun hal tersebut dibantahnya ketika ia hadir di panel Warner Bros pada San Diego Comic Con.

“Saya adalah pria paling beruntung di dunia. Batman adalah yang paling keren. Sungguh luar biasa. Saya tahu ada spekulasi dan rumor tentang saya yang tidak jadi mengarahkan [The Batman]. Saya akan menjadi ape di tanah untuk Matt Reeves. Saya benar-benar terpukau dan bersemangat, dan ini adalah waktu yang tepat untuk [DCEU].”

Batgirl

Batgirl - Proyek Masa depan DCEU Batgirl - Proyek Masa depan DCEU

Film kedua superheroine dari DC Extended Universe ini pertama kali diumumkan pada Maret 2017 lalu. Dilansir dari Variety, Batgirl akan disutradarai oleh sutradara Avengers, Joss Whedon. Joss Whedon mengaku ia tertarik pada karakter tersebut memilih untuk menjadi seorang penegak keadilan, walaupun ia tidak memiliki masa kecil yang tragis seperti Bruce Wayne (Batman). Batgirl akan memulai proses produksinya pada 2018 mendatang.

Suicide Squad 2

Suicide Squad 2 - Proyek Masa depan DCEU Suicide Squad 2 - Proyek Masa depan DCEU

Walaupun memperoleh kritik pedas, namun tak dapat dipungkiri angka pendapatan yang diperoleh Suicide Squad cukup memuaskan. Tak hanya itu, film ini bahkan meraih piala Oscar 2017 untuk kategori Best Makeup and Hairstyling. Tentunya, Suicide Squad 2 menjadi pilihan yang aman untuk proyek masa depan DCEU. Hingga saat ini, film ini belum menemukan sutradara namun dirumorkan akan memulai proses produksi pada pertengahan 2018 mendatang.

Flashpoint

Flashpoint - Proyek Masa depan DCEU Flashpoint - Proyek Masa depan DCEU

Flashpoint adalah film mengenai Flash yang diadaptasi dari komik berjudul sama. Karakter yang merupakan alter ego dari Barry Alden tersebut akan diperankan oleh Ezra Miller. Film yang akan mengambil latar waktu setelah kejadian Justice League ini pada awalnya direncanakan akan rilis pada tahun 2018. Namun, sejak pengerjaannya mengalami kendala yaitu pergantian sutradara dan penulis skrip. Bulan Juni lalu, The Wrap melaporkan bahwa Phil Lord dan Chris Miller sedang dalam tahap negosiasi untuk mengarahkan Flashpoint.

Justice League Dark

Justice League Dark - Proyek Masa depan DCEU Justice League Dark - Proyek Masa depan DCEU

 

Keinginan Warner Bros untuk mengangkat karakter dari Justice League Dark sudah ada sejak tahun 2013 ketika Guillermo del Toro mengumumkan ia mengerjakan proyek berjudul Dark Universe. Sayangnya, pada Juni 2015, del Toro mengungkapkan ia sama sekali tidak terkait lagi dengan proyek ini. Agustus 2016, Doug Liman ditunjuk untuk mengarahkan film ini sebelum pada akhirnya ia mengundurkan diri karena jadwal yang bertentangan. Saat ini, belum diketahui siapa yang akan duduk di bangku sutradara.

Karakter yang akan muncul dalam film ini adalah Dr. Alec Holland / Swamp Thing, John Constantine / Hellblazer, Jason Blood / Etrigan The Demon, Jim Corrigan / The Spectre, Nimue Inwudu / Madame Xanadu, Boston Brand / Deadman, dan Zatanna Zatara.

 

Selain kedelapan film yang diumumkan di atas, setidaknya ada 6 film lain yang juga dilaporkan akan masuk ke dalam proyek masa depan DCEU. Keenam film tersebut adalah NightwingMan of Steel 2Gotham City Sirens, Black Adam, CyborgLobo, dan Harley Quinn and Joker. Hingga saat ini tidak ada kejelasan apakah film ini akan ditinggalkan atau nantinya memperoleh konfirmasi lebih lanjut.

Dengan demikian, berdasarkan pada yang telah dijabarkan di atas setidaknya, akan ada 16 proyek (termasuk The Joker) yang akan dikerjakan oleh WB Pictures dan DC. Adakah dari proyek tersebut yang kamu nantikan? Lalu, kira-kira apakah nantinya proyek ambisius ini nantinya akan menyamai kesuksesan MCU? Ya, kita lihat saja nanti.