Membangun semesta dari film layar lebar bukanlah fenomena baru di dunia perfilman. Tahun 2008, Marvel bersama Disney membuat proyek berjudul Marvel Cinematic Universe yang diawali dengan Iron Man (2008). 5 tahun berselang, lewat Man of Steel, DC dengan Warner Bros pun ikut membangun semestanya sendiri, DC Extended Universe.

Tidak mau ketinggalan, 22 Mei 2017 lalu Universal Pictures pun mengumumkan lewat akun twitternya universe baru dari film-film monster bertajuk Dark Universe. Universe tersebut akan terdiri dari monster-monster klasik milik Universal yang diproduksi kembali menjadi versi modern. Pekan ini, The Mummy yang dibintangi oleh Tom Cruise dan Sofia Boutella tayang di bioskop seluruh dunia dan menjadi film pembuka dari Dark Universe.

Disutradarai oleh Alex Kurtzman, The Mummy menceritakan tentang tim Navy SEALs yang sedang dalam misi menyusup ke dalam makam yang diduga sebagai tempat persembunyian teroris. Tanpa sengaja, mereka menemukan makam Putri Ahmanet (Sofia Boutella), putri pada masa Mesir Kuno yang dikubur hidup-hidup setelah membunuh keluarganya untuk menjadi ratu.

Setelah The Mummy, Universal Pictures telah merencanakan 7 film lain yang akan bergabung di dalam Dark Universe. Nah, apakah saja itu?

1. Bride of Frankenstein Bride-of-Frankenstein

Selain The Mummy yang telah tayang sejak 7 Juni lalu di bioskop, Bride of Frankenstein menjadi satu-satunya film yang sudah memiliki tanggal rilis. Karakter ini pertama kali diperkenalkan di dalam sekuel film klasik Frankenstein milik James Whale. Peran utama dalam film ini belum ditentukan, namun bukan rahasia lagi bahwa Angelina Jolie telah menjadi incaran Universal untuk peran tersebut.

Direncanakan tayang 14 Februari 2019, film ini akan diarahkan oleh sutradara Beauty and the Beast, Bill Condon. Menariknya, pria yang juga menyutradarai film keempat dan kelima Twilight Saga ini memenangkan Oscar untuk skenario film Gods and Monsters. Film tersebut merupakan film yang ia sutradarai dan tulis mengenai James Whale, sutradara Frankenstein dan Bride of Frankenstein (1935).

2. Frankenstein

frankenstein

Frankenstein merupakan tokoh yang diadaptasi dari pertunjukkan Peggy Webling (yang diangkat dari novel milik Mary Shelley yang berjudul sama). Alkisah seorang ilmuwan dan asistennya yang mencuri mayat untuk menghidupkannya dengan listrik. Namun tanpa sengaja, sang asisten menggunakan otak abnormal dari seorang pembunuh untuk ciptaan mereka. Dari hasil ciptaan mereka tersebut, lahirlah Frankenstein.

Untuk memerankan karakter Frankenstein, Universal Pictures sendiri telah menunjuk Javier Bardem. Walaupun demikian, belum diketahui kapan film ini akan dirilis dan siapa saja yang akan terlibat di dalam pengerjaannya.

3. The Invisible Man

0955d25e9fe219c92d1136ad94ec7f90579574766a0e7e337fc09b9e3d8f09fd

Selain Javier Bardem yang telah dipastikan bermain sebagai Frankenstein, The Invisible Man juga telah menemukan pemerannya. Karakter yang diadaptasi dari novel H.G. Wells tersebut akan dibintangi oleh Johnny Depp. The Invisible Man berkisah tentang seorang ilmuwan bernama Jack Griffin yang menemukan cara untuk menjadi tak kasat mata (invisible). Film ini akan diproduseri oleh Alex Kurtzman dan Chris Morgan sedangkan naskahnya akan ditulis oleh Ed Solomon (Now You See Me).

4. Dracula

Dracula-and-Mina

Sebagai salah satu karakter paling terkenal, tidak mengejutkan bahwa Dracula juga akan memiliki filmnya sendiri. Sebelumnya pada tahun 2013, Dracula Untold milik Universal Pictures direncanakan akan dirilis sebagai bagian dari Dark Universe. Namun karena kritik negatif dan kegagalan di box office maka hal tersebut dibatalkan. Belum diketahui apakah mahluk penghisap darah tersebut akan kembali diperankan oleh Luke Evans (pemeran Vlad Tepes aka Dracula di Dracula Untold).

5. Creature From the Black Lagoon

4.0.1

Walaupun bukan berasal dari era keemasan produksi film monster Universal, Creature From the Black Lagoon juga memiliki penggemarnya tersendiri. Alex Kurtzman mengatakan bahwa karakter monster amfibi yang diberi sebutan Gillman ini akan berasal dari Amazon. Cerita film ini akan ditulis oleh Jeff Pinkner (The Amazing Spiderman 2) dan naskahnya akan dikerjakan oleh Will Beall (Gangster Squad)

Pada tahun 2012, Universal sempat mengumumkan akan memproduksi Creature From the Black Lagoon. Bahkan, film ini direncanakan akan rilis pada Mei 2014 sebelum pada akhirnya dibatalkan. Beberapa tahun lalu, Guillermo del Toro juga sempat menunjukkan keinginannya untuk menggarap film ini.

6. Phantom of the Opera

phantom-of-the-opera_event2

Diadaptasi dari novel milik Gaston Leroux berjudul sama, The Phantom of the Opera berkisah tentang hantu yang membayangi rumah Opera di Paris. Hantu tersebut melakukan penganiayaan dan pembunuhan agar perempuan yang ia ‘cintai’ dapat menjadi seorang bintang. Untuk proyek Dark Universe, belum banyak hal yang diketahui mengenai proyek film ini.

7. Hunchback of Notre Dame

06HOBERMAN1_SPAN-master1050

Sama seperti The Phantom of the Opera, Hunchback of the Notre Dame juga merupakan film yang baru diumukan akan bergabung dengan Dark Universe. Merupakan drama romantis dengan elemen horror di dalamnya, Hunchback of the Notre Dame adaptasi dari novel karangan Victor Hugo. Film ini berkisah tentang Quasimodo, pria bungkuk cacat yang merupakan penjaga pintu Notre Dame yang berusaha melawan menteri pemerintahan yang kejam demi menyelamatkan perempuan Gipsi bernama Esmeralda.