Aku ingin begini, aku ingin begitu. Lirik tersebut tentu terdengar sangat familiar. Tidak salah lagi, lirik tersebut datang dari salah satu karakter kartun Jepang paling dicintai yaitu Doraemon. Robot kucing dari masa depan yang kerap membantu Nobita ini terkenal dengan berbagai alat canggih yang keluar dari kantong ajaibnya. Mulai dari baling-baling bambu, konyaku penerjemah hingga pintu ke mana saja, semua alat tersebut membuat petualangan Doraemon, Nobita dan kawan-kawannya semakin seru untuk diikuti.

Pertama kali dirilis tahun 1969 dalam bentuk manga, kesuksesan Doraemon pun membawanya diadaptasi ke berbagai media termasuk serial televisi dan film. Hingga saat ini, karakter yang diciptakan oleh Fujiko F. Fujio ini telah memiliki total 38 seri film dan 1 film spesial. Buat kamu yang kangen dengan petualangan Doraemon dan Nobita, ini 5 film Doraemon terbaik yang harus kamu saksikan!

1. Doraemon: Nobita’s Dinosaur (1980)

film doraemon terbaik

Merupakan film panjang pertama dari seri Doraemon, Nobita’s Dinosaur mengikuti kisah Nobita yang menggunakan mesin waktu untuk mengambil telur dinosaurus untuk dipamerkan ke teman-temannya. Tumbuh terlalu besar, Nobita dan Doraemon pun dengan cepat mengembalikannya ke 100 juta tahun yang lalu. Sayangnya, diserang oleh kelompok yang tak dikenal, dinosaurus yang diberi nama Piisuke itu pun terdampar di pantai Amerika Utara.

Disutradarai oleh Hiroshi Fukutomi, Nobita’s Dinosaur mengusung kisah persahabatan manusia dan dinosaurus. Adapun pada tahun perilisannya, film ini sukses menjadi  animasi dengan pendapatan tertinggi  dan menduduki posisi kelima untuk keseluruhan dengan perolehan ¥1.5 miliar.

2. Doraemon: Nobita and the Legend of the Sun King (2000)

film doraemon terbaik

Memiliki tokoh utama yang bertukar tempat, Nobita and the Legend of the Sun King merupakan alterasi dari kisah The Prince and the Pauper karya Mark Twain. Adapun film ke 21 seri Doraemon ini mengikuti kisah petulangan Doraemon dan kawan-kawannya ke sebuah wilayah bernama Mayana, sebuah peradaban Mayan yang telah punah. Nobita dan pangeran Tio yang bertukar tempat ini berjuang bersama guna menyelamatkan Mayan dari penyihir jahat bernama Ledina. Kisah yang diputar di stasiun televisi Indonesia dengan judul Nobita dan Legenda Raja Matahari ini merupakan seri yang tersukses dari seri film Doraemon orisinil dengan pendapatan ¥3.42 miliar.

3. Doraemon: Nobita and the New Steel Troops – Winged Angels (2011)

film doraemon terbaik

Sejak tahun 2005, film-film Doraemon yang dirilis setelahnya disebut sebagai New Generation (Generasi Baru). Beberapa di antaranya pun merupakan remake dari versi originalnya termasuk Nobita and the New Steel Troops – Winged Angels. Dibuat ulang dari versi tahun 1986, film yang disutradarai oleh Yukiyo Teramoto ini menceritakan kisah Nobita dan Doraemon yang kini bekerja sama dengan Zanda Claus, robot dari luar angkasa untuk menyelamatkan bumi dari serangan invasi oleh mahluk asing. Tidak hanya menghibur dengan aksi seru pertarungan robot, tentunya kisah persahabatan yang menyentuh juga mewarnai kisahnya.

4. Doraemon: Stand By Me (2014)

film doraemon terbaik

Berbeda dengan film seri Doraemon lainnya yang berfokus pada suatu kejadian yang berakhir dengan petualangan menyelamatkan bumi atau suatu tempat, Stand By Me merupakan sebuah film spesial yang menceritakan awal pertemuan hingga perpisahan antara Nobita dan Doraemon. Menceritakan kenangan akan persahabatan keduanya, kisahnya tidak hanya akan membuat terenyuh, namun juga tersenyum bahagia. Tak heran, film ini pun menjadi yang tersukses dari semua serinya di Jepang dan beberapa negara asing termasuk Indonesia.

5. Doraemon: Great Adventure in the Antarctic Kachi Kochi (2017)

film doraemon terbaik

Disutradarai oleh Atsushi Takahashi, kali ini seri ke 37 Doraemon ini membawa penonton menjalani petualangan di gunung es besar di kawasan Pasifik Selatan. Tidak tahan dengan teriknya musim panas, Doraemon dan kawan-kawan yang berlibur di kawasan es menemukan cincin misterius yang telah terpendam selama 100 ribu tahun lamanya. Sarat dengan pesan mengenai perubahan iklim dan dampaknya terhadap bumi, Great Adventure in the Antarctic Kachi Kochi berhasil menjadi hit pada saat perilisannya dan menjadi yang tercepat meraih film Doraemon tercepat yang mengumpulkan pundi-pundi ¥4 miliar (37 hari penayangan). Saat ini (23/10), petualangan Doraemon dan kawan-kawannya ini dapat disaksikan di bioskop tanah air.