Film horor menjadi salah satu genre yang digemari oleh kalangan penonton film. Salah satu penyebabnya adalah sensasi pacuan adrenalin yang muncul karena adegan yang menakutkan atau mengagetkan. Pekan ini, film horor terbaru siap hadir untuk menakuti para penontonnya yaitu Pet Sematary. Film remake yang diadaptasi dari novel Stephen King berjudul sama ini mengikuti kisah Dr. Louis Creed (Jason Clarke) bersama keluarganya pindah ke daerah pinggiran, Maine. Di sana, mereka pun menemukan sebuah kuburan misterius  tersembunyi di dalam hutan dekat dengan rumah baru mereka.

Untuk menyambut perilisannya, berikut 10 film horor terseram dan terbaik sepanjang masa yang harus kamu tonton untuk menguji nyali! Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini!

1. The Exorcist (1973)

Loading...

Terinspirasi dari buku berjudul sama rilisan tahun 1971, The Exorcist mengikuti kisah seorang anak perempuan 12 tahun dari seorang aktris yang mengalami kerasukan oleh setan bernama Pazuzu. Sang aktris pun memanggil dua orang pendeta untuk mengusir iblis dalam tubuh putrinya dengan praktik eksorsisme. Disebut-sebut sebagai film horor terbaik dan terseram, ketika masa perilisannya, beberapa penonton yang telah menyaksikan film yang disutradarai William Friedkin ini dikabarkan muntah hingga pingsan. Tak hanya itu, beberapa laporan bahkan menyebutkan ada juga penonton yang mengalami serangan jantung dan keguguran usai menonton film ini.

2. The Shining (1980)

The Shining bercerita tentang Jack Torrance (Jack Nicholson) menerima pekerjaan sebagai juru kunci di hotel terpencil di Colorado Rockies. Ia pun pergi bersama istri dan anaknya, Danny Torrance (Danny Lloyd), yang memiliki kekuatan ‘The Shining‘, yaitu kemampuan psikis yang memungkinkan Danny melihat masa lalu mengerikan dari hotel tersebut. Berhasil membangun atmosfer yang menegangkan dan mengerikan di sepanjang film, film yang disutradarai oleh Stanley Kubrick ini sukses dipuji sebagai salah satu horor terbaik dan terseram yang pernah dibuat. Bahkan saking seramnya, film ini dikatakan dapat meninggalkan mimpi buruk yang cukup lama bagi para penontonnya.

3. Poltergeist (1982)

Disutradarai oleh Tobe Hooper, Poltergeist mengikuti kisah keluarga Freeling yang diikuti dan diteror oleh sekelompok hantu yang dipimpin oleh iblis yang dikenal sebagai Beast. Adapun, dikisahkan Beast tertarik pada anak perempuan termuda dari keluarga tersebut, Carol Anne. Menghadirkan adegan yang mendebarkan seperti serangan badut, Poltergeist pun masuk ke daftar film terseram versi Chicago Film Critics Association hingga film paling mendebarkan versi American Film Institute.

4. The Conjuring (2013)

Selain film horor klasik, film horor masa kini yang sukses menakuti penonton tidak lain dan tidak bukan adalah The Conjuring. Film yang disutradarai oleh James Wan ini berfokus pada investigator paranormal, Ed dan Lorraine Warren yang kerap membantu orang-orang yang menemukan diri mereka dihantui dan dirasuki oleh roh jahat. Menghadirkan kengerian lewat gaya penceritaan horor rumah tua, film ini pun menjadi salah satu franchise film horor terbaik yang pernah dibuat.

5. Ring (1998)

Film horor terseram sepanjang masa tidak melulu datang dari Hollywood, namun juga Asia yaitu Ring. Film Jepang yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Koji Suzuki ini fokus kepada kisah seorang reporter yang menginvestigasi misteri di balik videotape terkutuk yang menyebabkan siapa saja terbunuh setelah tujuh hari menyaksikannya. Gabungan elemen supranatural dengan teror yang terjadi lewat teknologi membuat film ini berhasil menakuti dan meninggalkan imajinasi liar pada pikiran penonton. Kesuksesannya pun menjadikan film ini dibuat sekuel dan versi remake oleh Hollywood.

6. Suspiria (1977)

Diadaptasi dari essay berjudul Suspiria de Profundis (Sighs from the Depths), film ini mengikuti kisah seorang penari balet Amerika (Jessica Harper) pindah ke sebuah akademi tari terkenal di Jerman. Namun tak lama kemudian, ia menemukan bahwa setelah pembunuhan sadis yang terjadi berulang kali, akademi tersebut ternyata adalah sebuah tempat konspirasi supranatural. Film ini menjadi salah satu horor berpengaruh berkat jalinan kisahnya supranaturalnya dan adegan sadis berdarah-darah yang meninggalkan mimpi buruk untuk penontonnya.

7. Rosemary’s Baby (1968)

Disutradarai oleh Roman Polanski, Rosemary’s Baby mengikuti kisah seorang perempuan hamil bernama Rosemary yang mencurigai sebuah kelompok ajaran sesat ingin mengambil bayinya untuk ritual mereka. Film horor psikologis ini berhasil menakuti penonton dengan kisah tentang pemuja setan dan kehamilan. Film ini semakin sukses menjadi yang terseram berkat akting meyakinkan dari dua bintang utamanya, Mia Farrow dan Ruth Gordon. Salah satu adegan paling menakutkan yang muncul dalam film ini adalah ketika Rosemary diperkosa oleh Setan.

8. The Texas Chain Saw Massacre (1974)

Terinspirasi dari pembunuh di dunia nyata bernama Ed Gein, lahirlah kisah pembunuh berantai bernama Leatherface dalam film The Texas Chainsaw Massacre. Dalam film ini diceritakan Leatherface dan keluarga psikotiknya kerap meneror dengan membunuh dan melakukan tindakan kanibal terhadap para pengunjung tanpa sengaja datang ke wilayah mereka yaitu sisi pinggiran Texas. Pada masa perilisannya, film ini dipuji menjadi salah satu film horor paling menyeramkan dan berpengaruh dalam sejarah perfilman. Pujian pun diberikan kepada karakterisasi pembunuh, alat hingga cara membunuh korban. Saking sadis dan menyeramkan, film ini pun dilarang tayang di beberapa negara.

9. Psycho (1960)

Film horor terseram sepanjang masa rasanya kurang jika tidak menyebut sang ahli, Alfred Hitchcock yang sukses meneror penontonnya lewat Psycho. Kisahnya sendiri fokus pada seorang sekretaris, Marion Crane (Janet Leigh) yang berakhir di sebuah motel setelah mencuri uang dari bosnya, Norman Bates (Anthony Perkins). Digadang-gadang sebagai film terbaik Hitchcock, film ini menjadi pionir dalam menghadirkan level baru kekerasan dalam sebuah film terutama adegan kamar mandinya yang terkenal. Tak heran, Psycho sendiri disebut-sebut sebagai film yang memberikan kontribusi besar untuk genre horor.

10. The Blair Witch Project (1999)

The Blair Witch Project menjadi film horor yang inovatif dalam menakuti penonton dengan menghadirkan nuansa dokumenter hampir di sepanjang filmnya. Film yang disutradarai oleh Daniel Myrick dan Eduardo Sánchez ini mengikuti kisah tiga mahasiswa pembuat film yang menghilang setelah membuat dokumenter tentang sebuah legenda yang dikenal dengan nama Blair Witch. Dengan pengambilan gambar menggunakan teknik kamera tangan yang dipegang oleh aktornya masing-masing, nuansa teror pun terbangun karena penonton hanya bisa melihat mahasiswa yang berlari ketakutan tanpa tahu apa yang mengejar mereka. Akibat gambarnya yang bergoyang terutama sekuen finalnya, beberapa penonton dikabarkan mengalami motion sickness dan muntah.

Loading...