Loading...

Marvel Cinematic Universe kembali hadir di tahun 2019 dengan Captain Marvel. Menjadi film terakhir sebelum babak pamungkasnya, Avengers: Endgame yang akan tayang pada akhir bulan April mendatang, sesuai judulnya film ini akan mengangkat kisah dari pahlawan super terkuat dari jagat MCU, Captain Marvel (Brie Larson).

Sebelum menyaksikan filmnya yang akan tayang mulai 6 Maret ini, baca dulu 5 hal yang harus kamu tahu tentang Captain Marvel ini!

1. Sosok Captain Marvel

baca sebelum nonton captain marvel

Bernama asli Carol Danvers, pada awalnya ia adalah pilot Angkatan Udara Amerika Serikat yang juga merupakan petugas keamanan NASA. Tanpa sengaja menyaksikan pertarungan antara Mar-Vell dan Yon Rogg, ia terkena paparan Psyche-Magnetron, sebuah alat milik Kree yang bisa mengubah imajinasi menjadi kenyataan. Ketika dirinya iri dengan kekuatan Mar-Vell, mesin tersebut pun merespon keinginannya dengan membuat ulang DNA yang membuatnya hybrid Kree/manusia dengan kemampuan yang mirip dengannya.

Dalam film, DNA miliknya bercampur dengan Kree karena sebuah kecelakaan. Setelah kecelakaan tersebut, ia pun bergabung dengan unit militer Kree bernama Starforce. Pada awalnya menggunakan nama Ms. Marvel, Carol menggunakan nama Captain Marvel setelah kematian Mar-Vell. Merupakan karakter terkuat MCU, Captain Marvel memiliki kekuatan yang luar biasa, terbang (termasuk dapat bertahan hidup di ruang hampa udara), menyerap energi dan menembakkannya kembali.

2. Latar Waktu Kisahnya

baca sebelum nonton captain marvel

Hampir semua film MCU mengambil latar waktu masa kini, namun tidak dengan Captain Marvel. Film yang disutradarai oleh Ryan Fleck dan Anna Boden ini makan mengambil latar tahun 1990-an. Ini artinya dalam timeline MCU, latar kejadian ini setelah Captain America: The First Avenger dan jauh sebelum film-film Marvel lainnya. Kisahnya sendiri menyorot perjalanan Captain Marvel menjadi pahlawan super terkuat, ketika Bumi menjadi terjebak di antara pertarungan antargalaksi antar dua bangsa alien. Selain itu, kisahnya juga akan memperlihatkan masa muda Nick Fury dan Phil Coulson yang baru saja bergabung dengan S.H.I.E.L.D.

3. Karakter MCU yang Hadir

Dengan latar waktu 90-an dan sebagian besar kisahnya mengambil latar luar angkasa, ada empat karakter dari film MCU sebelumnya yang hadir untuk melengkapi kisah Captain Marvel.

Nick Fury (Samuel L. Jackson)

baca sebelum nonton captain marvel

Jauh sebelum menjadi pemimpin S.H.I.E.L.D, Nick Fury juga mengawali karirnya menjadi agen rahasia tersebut dari level rendah. Kali ini, mengambil kisah masa mudanya, Fury tidak akan tampil dengan penutup mata khasnya. Danvers sendiri merupakan pahlawan super pertama yang ditemukan oleh Nick Fury dan membuatnya sadar akan bagaimana pahlawan super dapat berperan penting dalam menjalankan misi S.H.I.E.L.D yang pada akhirnya membuat ide Avengers tercetus. Untuk peran ini, Samuel L. Jackson dibuat lebih muda 25 tahun dengan teknologi digital, yang mana merupakan pertama kalinya dilakukan oleh Marvel untuk keseluruhan film.

Phil Coulson (Clark Gregg)

baca sebelum nonton captain marvelAnggota junior S.H.I.E.L.D. yang kerap bekerja sama dengan Fury. Dalam serial televisi MCU, agen Coulson memiliki hubungan dengan bangsa Kree yaitu darah dari mayat bangsa Kree lah yang menghidupkannya kembali setelah ia tewas dalam Avengers. Sama seperti Samuel L. Jackson, wajah Clark Gregg juga digitalisasi 25 tahun lebih muda.

Ronan the Accuser (Lee Pace)

baca sebelum nonton captain marvelLee Pace kembali memerankan karakter Ronan dalam Captain Marvel. Berbeda dengan karakternya di Guardians of the Galaxy, karakternya belum menjadi radikal dan merupakan petinggi militer bangsa Kree. Ia memiliki tempatnya sendiri di lingkungan sosial Kree yaitu Hala dan perannya di militer Kree kerap menganggu Starforce dengan cara yang menarik.

Korath the Pursuer (Djimon Hounsou)

baca sebelum nonton captain marvel

Satu lagi karakter antagonis dari Guardians of the Galaxy yang hadir yaitu Korath the Pursuer. Walaupun demikian dalam film ini, bawahan Ronan ini merupakan salah satu anggota tim dan rekan Carol Danvers di Starforce.

4. Bangsa Kree dan Skrull

baca sebelum nonton captain marvel

Bangsa Kree merupakan ras alien paling awal yang muncul dalam komik Marvel. Merupakan kaum penjajah yang biasanya tidak bersahabat, Kree memiliki kemampuan militer yang terlatih, kuat, cepat dan memiliki daya penyembuhan yang cepat. Kaum Kree biasanya (tidak selalu) berkulit biru. Semakin berwarna biru, darah Kree semakin murni.

Selain Ronan dan Korath, karakter bangsa Kree yang terkenal adalah Yon-Rogg (Jude Law), komandan Starforce sekaligus mentor Carol dan Minn-Erva (Gemma Chan), sniper Starforce. Bangsa Kree memiliki pemimpin seperti dewa, sebuah kecerdasan artifisial yang memiliki pikiran terbaik Kree dan dikenal dengan sebutan Supreme Intelligence (Annette Bening).

Sedangkan bangsa Skrull merupakan antagonis utama dalam film Captain Marvel. Bangsa ini sendiri adalah musuh bebuyutan bangsa Kree. Ciri-ciri bangsa Skrull adalah berkulit hijau, telinga berujung tajam, dan memiliki kemampuan untuk berubah menjadi siapa saja. Kekuatan ini pun menjadi sangat berguna untuk mengelabui musuhnya. Salah satu karakter Skrull yang akan hadir adalah Talos (Ben Mendelsohn), yang merupakan pemimpin dari serangan bangsa Skrull ke Bumi.

5. Hubungannya dengan Avengers: Endgame

baca sebelum nonton captain marvel

Ketika serangan Thanos berhasil dan memusnahkan separuh populasi alam semesta, Nick Fury menggunakan detik-detik terakhirnya sebelum menjadi debu dengan mengirim pesan kepada Carol Denvers pada penghujung film Avengers: Infinity War. Sebagai karakter terkuat di MCU, tentunya bukan menjadi rahasia bahwa Captain Marvel akan memegang kunci kemenangan melawan Thanos. Namun, tidak diketahui sejauh mana karena kisah Avengers: Endgame masih sangat dirahasiakan dan dari dua trailer yang dirilis Captain Marvel sama sekali tidak terlihat. Menjadi film terakhir sebelum Endgame, tentunya kemungkinan mengenai peran Carol akan dihadirkan pada adegan post-credit khas Marvel.