Masih ingat Kevin, pria dengan 24 kepribadian di Split? Lanjutan kisahnya akan kembali hadir dalam Glass. Selain menjadi sekuel dari Split, nyatanya film yang disutradarai oleh M. Night Shyamalan ini juga merupakan lanjutan dari Unbreakable yang mana menjadikan ketiga film ini masuk dalam trilogi Eastrail 177.

Supaya pengalaman menontonmu lebih maksimal, baca 5 hal ini sebelum menonton Glass di bioskop!

1. Karakter dari Unbreakable 

Dirilis pada tahun 2000, Unbreakable mengisahkan David Dunn yang menemukan dirinya memiliki kekuatan super sejak dulu usai kecelakaan kereta. Terdapat 4 karakter yang kembali dalam Glass yaitu:

David Dunn (Bruce Willis)

baca 5 hal sebelum nonton glass

David Dunn merupakan karakter utama dalam film Unbreakable. Pria yang bekerja sebagai penjaga keamanan ini adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan maut kereta api yang terjadi pada awal film. Tak hanya selamat, bahkan ia tidak tergores sedikit pun.

Lewat adegan-adegan film, ia menemukan dirinya tidak bisa terluka, memiliki kekuatan fisik luar biasa (dalam salah satu adegan ia mengangkat beban seberat 175kg tanpa kesulitan), memiliki kepekaan terhadap bahaya dan bisa melihat kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang disentuhnya. Walaupun pada awalnya menolak bahwa ada sesuatu yang spesial dalam dirinya, pada akhirnya ia pun menggunakan kekuatannya untuk memberantas kejahatan.

Adapun, dalam film diketahui ia memiliki kelemahan yaitu air. Ketika kecil, ia pernah tenggelam dan masuk rumah sakit selama satu minggu karena pneumonia.

Elijah Price/Mr. Glass (Samuel L. Jackson)

baca 5 hal sebelum nonton glass

Berbanding terbalik dengan David yang memiliki kekuatan dan ketahanan fisik yang luar biasa, Elijah Price terlahir dengan penyakit langka yang menyebabkan tulang-tulangnya sangat rapuh dan mudah patah. Tumbuh dengan obsesi terhadap buku komik, ketika dewasa ia pun membuka galeri seni buku komik yang mana mempertemukannya dengan David.

Ingin menemukan orang yang berbeda dengannya, dengan sengaja Elijah Price merencanakan berbagai kecelakaan termasuk di kereta yang terjadi pada David. Ketika membantu David menemukan tujuan hidupnya, Elijah menemukan bahwa ia harus menjadi karakter musuh dari David. Ia pun menggunakan nama Mr. Glass, yang mana merupakan panggilan dari orang-orang yang menindasnya ketika masih kanak-kanak. Setelah mengungkapkan kebenaran kepada David, ia pun dilaporkan ke polisi dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

Joseph Dunn (Spencer Treat Clark)

baca 5 hal sebelum nonton glass

Putra David yang sejak kecil mempercayai bahwa ayahnya memiliki kekuatan ayahnya dan menganggapnya sebagai pahlawan super di dunia nyata.

Nyonya Price (Charlayne Woodard)

baca 5 hal sebelum nonton glass

Ibu dari Elijah Price yang mengurus putranya dengan penuh kasih sayang. Ia selalu mengingatkan putranya yang menderita penyakit langka bahwa ia spesial terlepas dari apa yang dikatakan oleh orang-orang di sekitarnya.

2. Karakter dari Split

Film kedua trilogi Eastrail 177 yang menceritakan kisah asal usul dari antagonis bernama The Beast. Dua karakter yang akan kembali dari film ini adalah

Kevin Wandell Crumb (James Mc Avoy)

baca 5 hal sebelum nonton glass

Pria dengan gangguan yang menyebabkan ia memiliki 24 kepribadian unik. Kelainan mental tersebut muncul sebagai perlindungan diri dari kekerasan verbal dan fisik yang dilakukan ibunya. Personalitinya pun mulai dari yang baik hingga yang sangat jahat. Kepribadian yang paling kejam dikenal sebagai The Beast yang mana memiliki kekuatan dan ketahanan fisik luar biasa. Personaliti ini bisa memanjat tembok, mematahkan besi hingga membuat fisiknya tumbuh lebih besar. Dalam Split, ia menculik dan menahan tiga gadis remaja. Satu-satunya cara untuk membuat personalitinya kembali normal adalah dengan menyebut nama lengkapnya sebanyak tiga kali.

Pada awalnya, karakter Kevin ditulis untuk film Unbreakable sebelum pada akhirnya dibatalkan karena dirasa akan mengganggu keseimbangan kisah.

Casey (Anya Taylor-Joy)

baca 5 hal sebelum nonton glass

Casey merupakan satu-satunya gadis remaja yang selamat dari penculikan Kevin. Ia hampir terbunuh di akhir film, sebelum The Beast melihat luka pelecehan seksual di sekujur tubuh Casey. The Beast menganggap Casey sebagai seseorang yang ‘murni’ karena sama-sama mengalami penderitaan yang sama dengannya dan meninggalkannya untuk diselamatkan dari kebun binatang Philadelphia, tempat Kevin bekerja.

3. Karakter Baru

Tidak hanya karakter lama yang kembali, beberapa karakter baru juga akan muncul untuk melengkapi kisah Glass. Salah satunya adalah Dr. Ellie Staple yang diperankan oleh Sarah Paulson. Ia merupakan psikiatris yang memiliki spesialisasi untuk mengobati pasien yang yakin bahwa diri mereka adalah manusia super. Ia terlihat mewawancarai, Kevin, Elijah dan David.

4. Jalinan Kisahnya

baca 5 hal sebelum nonton glass

Pada akhir film Split terdapat adegan di mana David Dunn menyaksikan berita tentang aksi The Beast. Tentunya, menjalankan aksinya menumpas kejahatan, The Beast yangberhasil kabur menjadi target selanjutnya dari David. Sedangkan Elijah masih berada di rumah sakit jiwa. Dalam trailer Glass, ketiganya terlihat berada dalam satu fasilitas bersama.

5. Latar Waktu yang Diambil

baca 5 hal sebelum nonton glass

Secara kronologis, Glass akan mengambil latar waktu 19 tahun setelah Unbreakable dan beberapa bulan dari kejadian pada film Split. Adapun, latar tempat yang digunakan sama dengan dua film sebelumnya yaitu di Philadelphia.