Loading...

Disclaimer: Artikel di bawah ini mengandung spoiler Avengers: Endgame. Buat kamu yang belum menonton atau tidak mau terkena spoiler, disarankan untuk membaca setelah menyaksikan filmnya.

Avengers: Endgame meninggalkan perasaan campur aduk usai menontonnya. Mulai dari perasaan senang, terkejut hingga sedih. Tak hanya itu, begitu banyak kalimat yang mengena di benak, salah satunya adalah ‘I love you 3000’. Kalimat tersebut diucapkan putri Tony Stark (Robert Downey Jr.), Morgan (Lexi Rabe) ketika mengungkapkan seberapa besar rasa sayangnya kepada sang ayah dan diucapkan kembali oleh Tony lewat pesan hologramnya pada akhir filmnya.

Sejak beredarnya film ini, spekulasi pun mulai beredar mengenai apa arti dari kalimat tersebut. Para penggemar beranggapan pasti ada alasan mengapa kalimat tersebut digunakan. Salah satunya adalah seorang pengguna Twitter @AshBoio, berpikir bahwa angka 3000 tersebut merupakan total durasi dari semua film Marvel Cinematic Universe termasuk Spider-Man: Far From Home yang akan tayang pada Juli mendatang.

Spider-Man: Far From Home sendiri hingga saat ini belum mengumumkan secara resmi berapa durasinya sehingga angka untuk film tersebut adalah estimasi kira-kira. Begitu teori tersebut tersebar, orang-orang pun merasa bahwa hal tersebut cukup masuk akal dan merupakan salah satu homage yang manis.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Ending Film Avengers: Endgame

Walaupun demikian, sayangnya arti sebenarnya dari kalimat tersebut bukanlah itu. Bahkan, lebih sederhana daripada teori yang dibuat oleh para pengguna internet. Dilansir dari Business Insider, dalam acara bincang-bincang di 92Y, New York, kedua penulis naskah Avengers: Endgame, Christopher Markus dan Stephen McFeely mengungkapkan bahwa pada awalnya kalimat tersebut berbeda dengan naskah aslinya.

“Kalimat itu awalnya, ‘I love you tons. I love you tons’. 

Nyatanya, kalimat tersebut ternyata terinspiras dari Robert Downey Jr. langsung. Ketika mengetahui bahwa anak-anak Downey di dunia nyata mengucapkan bahwa mereka mencintai ayahnya 3000, skrip tersebut pun langsung diubah dan menjadi salah satu kalimat paling ikonik dan berkesan dalam Avengers: Endgame.

Walaupun tidak semenarik teori-teori yang diungkapkan di dunia maya, asal usul dari kalimat ini tentunya tidak kalah membuat penonton terenyuh ketika mengetahuinya kan?