Setiap tahun, ratusan film Hollywood tayang di bioskop. Namun, hingga saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa industri perfilman masih didominasi oleh laki-laki. Walaupun demikian, pencapaian luar biasa berhasil dilakukan oleh Ava DuVernay. Terpilih menggarap A Wrinkle in Time, Ava DuVernay menjadi sutradara perempuan kulit hitam pertama yang mengarahkan film dengan budget di atas $100 juta.

Hal tersebut pun tentunya sangat menggembirakan mengingat belum banyak sutradara perempuan yang diberikan kepercayaan tersebut. Beberapa sutradara perempuan yang pernah menggarap film dengan budget di atas $100 juta adalah Jennifer Lee Yuh yang mengarahkan film Kung Fu Panda 2 ($150 juta) dan Patty Jenkins dengan film superhero DC, Wonder Woman ($149 juta).

Di sisi lain, sutradara laki-laki kulit hitam memiliki sejarah yang lebih baik dalam hal budget film. Setidaknya, telah ada beberapa sutradara pria yang telah mengarahkan film dengan budget di atas 100 juta mulai dari Antoine Fuqua ‘King Arthur’ ($120 juta)  hingga yang teranyar Ryan Coogler yang mengarahkan film superhero Marvel, Black Panther ($200-210 juta). Hingga saat ini, budget terbesar dari film yang diarahkan oleh sutradara kulit hitam adalah $ 250 juta untuk F.Gary Gray lewat Fate of the Furious.

Ava DuVernay memulai debutnya sebagai sutradara lewat film pendek berjudul Saturday Night Life pada tahun 2005. 7 tahun kemudian, lewat ‘Middle of Nowhere’ DuVernay memenangkan penghargaan untuk kategori penyutradaraan pada ajang 2012 Sundance Film Festival. Sepak terjangnya pun berlanjut pada tahun 2014, ia meraih nominasi Golden Globe Awards dan Academy Awards untuk film Selma. Semua pencapaiannya merupakan yang pertama untuk sutradara perempuan kulit hitam.

Saat ini, proyek selanjutnya yang akan disutradarai oleh Ava DuVernay adalah film superhero DC, New Gods. Dengan menyutradarai film tersebut, Duvernay menjadi perempuan kedua yang menyutradarai film superhero setelah Patty Jenkins (Wonder Woman).

Diadaptasi dari komik DC berjudul sama, The New Gods merupakan warga dari planet kembar bernama New Genesis dan Apokolips. New Genesis adalah planet seperti surga yang damai dan dipimpin oleh High Father, sedangkan Apokolips merupakan planet distopia yang dipimpin oleh tiran bernama Darkseid.