Loading...

Avengers: Endgame sukses mendominasi perolehan box office selama dua pekan terakhir. Berbagai rekor pun telah dipecahkannya. Sayangnya, film yang disutradarai Russo Brothers tersebut gagal mengalahkan Star Wars: The Force Awakens menjadi film dengan pendapatan domestik terbesar di pekan kedua.

Dilansir dari data Box Office Mojo, pada minggu kedua penayangannya (3-5 Mei), Avengers: Endgame mengalami penurunan 58% dan mengumpulkan pundi-pundi sebesar $147.3 juta. Walaupun cukup besar, pendapatan ini sayangnya masih kalah tipis dari The Force Awakens yang mengumpulkan $149.2 juta di pekan keduanya. Walaupun demikian, untuk kategori film pahlawan super serta rilisan Marvel Cinematic Universe, Endgame sukses menjadi yang terlaris di pekan keduanya.

Tak hanya itu, tidak banyak film yang mampu menembus angka $100 juta di pekan kedua perilisannya. Selain The Force Awakens dan Endgame, hanya ada empat film lain yang mampu mencapai angka tersebut yaitu Infinity War ($114.7 juta), Black Panther ($ 111.6 juta), Jurassic World ($106.5 juta) dan The Avengers ($103 juta).

avengers: endgame star wars

Hingga hari ini, Avengers: Endgame telah mengumpulkan total pendapatan domestik sebesar $621.2 juta. Perolehan ini membuat Endgame menempati posisi kedelapan film dengan pendapatan domestik terbesar sepanjang masa tepat di belakang The Avengers ($623 juta) yang dirilis pada 2012 silam. Dengan angka yang sebesar ini hanya dalam dua pekan perilisannya, belum diketahui sejauh mana Endgame mampu melaju. Hingga saat ini, jawara pendapatan domestik terbesar, Star Wars: The Force Awakens ($936.3 juta) dan dibelakangnya diikuti Avatar dengan $760 juta dan Black Panther dengan $700 juta

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Ending Film Avengers: Endgame

Dari peredaran internasionalnya, Avengers: Endgame telah mengumpulkan total $1.572 miliar dan menjadi film dengan pendapatan internasional terbesar sepanjang masa mengalahkan Titanic ($1.528 milar). Tak hanya melampaui pendapatan internasionalnya, film ke-22 MCU ini juga telah menggeser film yang disutradarai James Cameron tersebut dari posisi kedua film terlaris sepanjang masa.

Di Indonesia, Endgame telah mengumpulkan $30.4 juta dari dua pekan penayangannya. Perolehan ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah di tanah air dan mengalahkan jawara sebelumnya, Infinity War ($25.2 juta). Tak hanya itu, Indonesia juga sukses menjadi negara Asia Tenggara dengan pendapatan terbesar mengalahkan Filipina ($28.7 juta) dan Thailand ($22.5 juta).