Loading...

Pekan ini, perolehan box office dunia didominasi oleh dua film yaitu Pokémon Detective Pikachu dan Avengers: Endgame. Sayangnya, Detective Pikachu gagal melengserkan jawara bertahan dua pekan terakhir pada tangga box office domestik, Avengers: Endgame. Film yang dibintangi Justice Smith dan Ryan Reynolds ini harus puas berada di posisi kedua pada pekan pertama penayangannya ini.

Dilansir dari Box Office Mojo, Avengers: Endgame masih bertahan di puncak box office domestik dengan estimasi $65 juta di pekan ketiga penayangannya ini. Perolehan ini menambah pendapatan domestik Endgame menjadi $723.5 juta dan secara resmi melewati Black Panther ($700 juta) menjadi film dengan pendapatan kotor domestik terbesar sepanjang masa. Posisi ini berada di belakang Star Wars: The Force Awakens ($936.7 juta) dan Avatar ($760.5 juta).

Menempati posisi kedua, Pokémon Detective Pikachu gagal mengalahkan Endgame setelah hanya mengumpulkan estimasi $58 juta di pekan pertamanya ini. Walaupun demikian, film yang disutradarai oleh Rob Letterman ini sukses memecahkan rekor dengan menjadi film adaptasi video game dengan angka pendapatan terbesar di minggu perdana dengan melewati Lara Croft: Tomb Raider ($47.7 juta) yang dirilis pada 2001 silam. Performa yang cukup kuat ini tentunya tidak terlepas karena raihan A- dari CinemaScore dan reaksi awal para kritikus yang positif.

Dari segi pendapatan internasional, Detective Pikachu sukses memimpin dan menang tipis di atas Endgame dengan mengumpulkan $103 juta dari pemutarannya di 62 pasar internasional. Perolehan terbesar diraih dari Tiongkok dengan raihan hampir $41 juta yang kemudian diikuti Inggris ($6.6 juta), Jerman ($5.0 juta), Meksiko ($4.97 juta), Prancis ($4.8m), Australia ($3.5 juta), Korea ($3.2 juta), Italia ($2.8 juta), Spanyol ($2.2 juta) dan Indonesia ($2.14 juta). Dengan demikian, pendapatan global Detective Pikachu di pekan pertamanya ini telah mencapai $170 juta.

Sedangkan, di pekan ketiga penayangannya, Endgame menambah $102.3 juta yang mana membuat pendapatan internasionalnya saat ini berada di angka $1.76 miliar. Setelah menggeser Titanic dan menjadi film dengan pendapatan global terbesar kedua sepanjang masa, pekan ini perolehan pundi-pundi global film yang disutradarai oleh Russo Brothers ini telah mencapai $2.485 miliar. Untuk mampu mengalahkan sang jawara box office global Avatar, paling tidak Endgame masih harus mengumpulkan $302 juta lagi.