Film animasi terbaru dari Illumination Entertainment, The Grinch sukses memuncaki box office Amerika Serikat. Tak memiliki saingan yang cukup berat, The Grinch diperkirakan meraih $66 juta. Selain menjadi film ke-11 di tahun 2018 dengan debut di atas $60 juta, animasi yang diadaptasi dari kisah klasik Dr Seuss ini juga berhasil menjadi film bertema Natal dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa di pekan perdananya. Sebelumnya, posisi tersebut secara kebetulan diisi oleh How the Grinch Stole Christmas (2000) dengan $55 juta.

Untuk film animasi yang dirilis bulan November, The Grinch sendiri sukses menempati posisi ketiga tepat di belakang The Incredibles ($70.4 juta) dan Frozen ($67,39 juta). Sedangkan dari perolehan internasionalnya, The Grinch mengumpulkan total $12,7 juta dari pemutarannya di 23 lokasi. Pendapatan ini pun menjadikan total pendapatan film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch ini telah mengumpulkan $78,7 juta.

Jawara pekan lalu, Bohemian Rhapsody menempati posisi kedua dengan estimasi $30,8 juta. Hanya mengalami penurunan sekitar 39%, film yang dibintangi Rami Malek ini sukses menembus angka $100 juta dari pendapatan domestiknya. Kesuksesan Bohemian Rhapsody juga datang dari peredaran internasionalnya yang pekan ini diperkirakan akan membawa pundi-pundi sebesar $63 juta. Angka ini pun menjadi total pendapatan seluruh dunianya menjadi $285 juta.

Bertolak belakang dengan The Grinch yang sukses mengawali debutnya dengan angka yang cukup tinggi, Overlord tidak mampu menarik pundi-pundi. Di pekan pertamanya, film yang disutradarai Julius Avery ini hanya mengumpulkan $10.1 juta dari pendapatan domestik dan $9 juta dari peredaran internasionalnya di 52 negara termasuk Indonesia.

Bersaing ketat dengan Overlord, The Nutcracker and The Four Realms mengikuti di belakangnya dengan $9.5 juta pendapatan domestik dan $13,5 juta pendapatan internasionalnya. Memasuki pekan keduanya, film Disney ini hampir mengumpulkan total $96 juta dari seluruh dunia.

Menutup posisi lima besar terdapat The Girl in the Spider Web yang hanya mampu mengumpulkan $8 juta di pekan perdananya. Berada di bawah ekspektasi, angka ini tentu cukup mengecewakan untuk Sony yang berharap dapat melanjutkan kisah adaptasi dari novel Stieg Larsson tersebut.

Berikut perkiraan pendapatan box office Amerika (9-11 November), dilansir dari Box Office Mojo:

  1. The Grinch  – $66 juta
  2. Bohemian Rhapsody – $30.8 juta
  3. Overlord  – $10.1 juta
  4. The Nutcracker and The Four Realms  – $9.5 juta
  5.  The Girl in the Spider’s Web – $8 juta
  6. A Star is Born – $8 juta
  7. Nobody’s Fool  – $6.5 juta
  8. Venom – $4.8 juta
  9. Halloween – $3.8 juta
  10. The Hate U Give  – $2.0 juta